Pengaruh pola asuh dan kepribadian terhadap online resilience pada pelajar dalam menghadapi pembelajaran daring

Isnaini Kumala Firdaus, Fathul Lubabin Nuqul

Abstract


ABSTRACT

The world is in a difficult time, with the corona virus (Covid-19) which has changed all the lives of the world's people, this pandemic has resulted in all activities having to be carried out at home or online, including learning activities. The study reveals that there is a difference between authoritarian parenting, democratic foster behaviors, permissiveness, exclusion of individuality, openness personality, aggressiveness, and the neoritousness of the online resilience. The research is three variables: the big five's personality, the online resilience. Online resilience as Variable, parenting and personality as independent varabel. The method used in this study is a quantitative method using the scale of the foster pattern in which each foster pattern has as many as 10 items, a big five 20 item personality scale and an online scale of 20 items, so the total scale used is 70 items. The population includes students in the capital district as many as 100 respondents. The data analysis used was regression. The analysis of the data shows that democratic upbringing and extra-version personalities have value at 0,000 > 0.05 indicates that there is an influence between democratic parenting and extra-version personalities on the online agenda. And the results in authoritarian foster patterns, permisif parenting patterns, ferociousness personalities, openness personalities, aggressive personalities, and neoritqualities have a significant > 0.05. With r square 0.315 therefore then the effect of parenting and personality simultaneously on online resilience is 31.5%. The study's hypotheses on the study argue that there is an influence in parenting and personality on the online basis and that there is a difference between authoritarian foster patterns, Democrats, permissiveness, exclusion of individuality, openness personality, aggressive personality, and neoritzation on the average online resilience.

KEYWORDS:

parenting; personality; online resilience; online learning; Covid-19

 

ABSTRAK

Dunia sedang berada pada masa yang sulit, dengan adanya virus corona (Covid-19) yang merubah semua kehidupan masyarakat dunia, pandemi ini mengakibatkan semua kegiatan harus dilaksanakan di rumah atau online, termasuk kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh antara pola asuh otoriter, pola asuh demokratif, pola asuh permisif, kepribadian ekstraversion, kepribadian conscientiousness, kepribadian openness, kepribadian agreeableness, dan kepribadian neoriticism terhadap rata-rata online resilience. Penelitian ini ada 3 variabel yaitu Pola asuh, Kepribadian Big Five dan Online resilience. Online resilience sebagai variable dependen, Pola asuh dan Kepribadian sebagai varabel Independen.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan skala Pola asuh yang masing-masing pola asuh memiliki sebanyak 10 item, skala kepribadian big five 20 item dan skala online resilience sebanyak 20 item, jadi total skala yang digunakan yaitu ada 70 item. Populasi mencakup pelajar di Kabupaten Pasuruan sebanyak 100 responden. Analisa data yang digunakan adalah regresi berganda. Dari hasil analisa data yang ada menunujukkan bahwa pola asuh demokratis dan Kepribadian Ekstraversion memiliki nilai 0.000 > 0.05 maka dinyatakan ada pengaruh antara pola asuh demokratis dan kepribadian ekstraversion terhadap online resilience. hasil pada pola asuh otoriter, pola asuh permisif, kepribadian conscientiousness, kepribadian openness, kepribadian agreeableness, dan kepribadian neoriticism memiliki nilai signifikansi > 0.05. dengan R Square 0,315 maka pengaruh pola asuh dan kepribadian secara simultan terhadap online resilience adalah sebesar 31,5%. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan bahwa Ada pengaruh Pola Asuh dan Kepribadian Terhadap online resilience dan ada perbedaan pengaruh antara pola asuh otoriter, pola asuh demokratif, pola asuh permisif, kepribadian ekstraversion, kepribadian conscientiousness, kepribadian openness, kepribadian agreeableness, dan kepribadian neoriticism terhadap rata-rata online resilience diterima.

 KATA KUNCI

pola asuh; kepribadian; online resiliensi; daring; Covid-19


Full Text:

PDF

References


Admin Sevima. (2020). 6 Metode pembelajaran paling efektif di masa pandemi menurut para pakar. Sevima.Com, July, 1–8.

Akhtar, H., & Azwar, S. (2019). Indonesian adaptation and psychometric properties evaluation of the big five personality inventory: IPIP-BFM-50. Jurnal Psikologi, 46(1), 32.

Anisah. (2011). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70–84.

Ashton, M. C., & Lee, K. (2007). Empirical, theoretical, and practical advantages of the HEXACO model of personality structure. Personality and Social Psychology Review, 11(2), 150–166.

Atmaji, A. D. (2014). Pengaruh motivasi, intensitas, dan minat penggunaan komputer sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas x kompetensi keahlian multimedia pada mata pelajaran produktif multimedia di SK Negeri 1 Wonosari. Skripsi, 1–200.

Azwar, S. (2011). Metode penelitian. Pustaka Pelajar.

Azzahra, S. (2018). Pengaruh kepribadian hexaco, self regulation dan variabel demografis terhadap academic cyberloafing pada Mahasiswa.

Balgies, S. (2018). Pengaruh kepribadian big 5 terhadap motivasi berprestasi siswa MTSN. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 15(2), 34.

Farikha, R. (2011). Pengaruh tipe kepribadian big five dan kecerdasan emosi terhadap perilaku proposial satuan polisi pamong Praja Kota Tangerang. 1–133.

Fimansyah, W. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak di era globalisasi. Primarry Education Journal Silampar, 1(1), 1–6.

Firdaus, I. K., & Kelly, E. (2019). Pengaruh pola asuh terhadap online resilience. Jurnal Psikologi, 6(1), 20–38.

Hendriani, W. (2018). Resiliensi psikologis. Edisi Pertama. Prenamedia Group.

Ismawati, P., Maulida, S., & Maysaroh, U. (2021). Efektivitas pembelajaran daring terhadap perkembangan fisik motorik anak Di RA Nurul Hikmah Ketemas Dungus Puri Mojokerto. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 20–33.

Manuela, Victorb, C., Hammondc, C., Ecclesd, A., Richinsa, M. T., Qualterd, P., & Artikel, I. (2020). Machine translated by google perbedaan kepribadian dan individu. 113(April), 115–119.

Meliana, D., Tanudjaja, B. B., & Kurniawan, D. (2020). Perancangan komik digital tentang insecurity pada kehidupan sosial kepribadian introvert bagi remaja usia 15-21 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 2(17), 1–9.

Nandwijiwa, V., & Aulia, P. (2020). Perkembangan sosial anak usia dini pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3145–3151.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276.

Nurlaela, L. S., Pratomo, H. W., & Araniri, N. (2020). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak pada siswa kelas III Mandrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Asasul Huda Ranjikulon Kecamatan Kasokandel Kabupaten Majalengka. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 226–241.

Pervin, A. L., Cervone, D., & John, O. P. (2010). Psikologi kepribadian : Teori dan penelitian. Edisi kesembilan. Kencana.

Riati, I. K. (2016). Pengaruh pola asuh orangtua terhadap karakter anak usia dini. Infantia, 4(2), 8.

Rizqon H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di indonesia: sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5).

Sadikin, A. dkk, & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224.

Satrio, D., Budiharjo, A., & Prasetyani, D. (2020). Hubungan religiusitas dan kepribadian terhadap perilaku prososial pada perawat. Jurmal PENA, 34(1), 77–85.

Torres, T. (2017). Big Five Personality Traits Dan Perilaku Sehat Pada Mahasiswa. Sunda Pangolin National Conservation Strategy and Action Plan

Widyahastuti, R. (2016). Pengaruh kepribadian (big five personality) Terhadap Multitasking. 1–66.




DOI: https://doi.org/10.18860/jips.v3i2.16406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing By:

  

 

 

 ------------------------------------------------------------------------------------------

 

Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats