Pengaruh religiusitas dan kematangan emosi terhadap kedisiplinan santri di pesantren pada masa pandemi Covid-19

Misbachul Hudha, Reza Wasilul Umam

Abstract


ABSTRACT

Covid 19 has brought many changes in all aspects, the education sector has become one of the aspects that are of concern. Since the beginning of covid in Indonesia, a learning system has emerged that has been carried out boldly (in the network) in both formal and Islamic education for about two years or until 2022. Where courageous learning for two years has had a significant impact, one of which is decreased discipline among Islamic boarding school students. Whereas disciplined behavior is the most important thing in life. The purpose of this study was to analyze the influence of religiosity, and emotional maturity on the discipline of Islamic boarding school students of Arrahman Malang students during the Covid-19 pandemic. This research method used a quantitative approach, the sampling technique was purposive sampling, using a sample of 36 Islamic boarding school students Arrahman Malang students.The data was analysis technique that is using multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that the religiosity variable does not affect the discipline of students with a value coefficient of -0.011. In the emotional maturity variable, a coefficient value of 0.357 is obtained, meaning that there is a significant influence between the emotional maturity and the discipline of the students, meaning that the better the emotional maturity of the students, the better the discipline of the students, and vice versa if the emotional maturity of the students is low, the discipline of the students is also low.

KEY WORDS:

religiosity; emotional maturity; discipline; covid-19; islamic boarding schools

ABSTRAK

Covid 19 membawa banyak perubahan dalam segala aspek, sektor pendidikanpun menjadi salah satu aspek yang menjadi perhatian. Sejak awal covid di Indonesia muncul sistem pembelajaran dilakukan dengan daring (dalam jaringan) baik pendidikan formal maupun pesantren selama kurang lebih dua tahun atau hingga tahun 2022. Dimana pembelajaran daring selama dua tahun membawa dampak yang signifikan salah satunya kedisiplinan yang menurun di kalangan santri pesantren. Padahal perilaku disiplin merupakan hal terpenting dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh religiusitas, kematangan emosi terhadap kedisiplinan santri pesantren mahasiswa Arrahman Malang pada masa pandemi covid 19. Metode penelitian ini ialah dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengambilan sampel yaitu purpisive sampling, digunakan sampel sebanyak 36 santri pesantren mahasiswa Arrahman Malang, teknik analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel religiusitas tidak berpengaruh terhadap kedisiplinan santri dengan diperoleh nilai koefisien sebesar -0.011. Pada variabel kematangan emosi mendapatkan nilai koefisien sebesar 0.357, berarti ada pengaruh yang signifikan antara kematangan emosi dengan kedisiplinan santri, artinya semakin baik kematangan emosi santri maka semakin baik pula kedisilinan santri, begitu pula sebaliknya jika kematangan emosi santri rendah maka kedisiplinan santri juga rendah.

KATA KUNCI

 religiusitas; kematangan emosi; disiplin; Covid-19; pesantren

 

Copyright ©2022. The Authors. Published by Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS). This is an open access article under the CC BY NO SA. link: Creative Commons — Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International — CC BY-NC-SA 4.0

Full Text:

PDF

References


Ali, Mukti. (1990). Memahami beberapa aspek ajaran Islam. Mizan. adhim, f. (2009). pengaruh religiusitas terhadap prestasi kerja pegawai alumni dan bukan alumni pesantren (studi pada kantor depag kabupaten bangkalan). jurnal ekonomi modernisasi, 5(2), 127–154. adila, d. r., & kurniawan, a. (2020). proses kematangan emosi pada individu dewasa awal yang dibesarkan dengan pola asuh orang tua permisif. insan jurnal psikologi dan kesehatan mental, 5(1). https://doi.org/10.20473/jpkm.v5i12020.21-34 ali, a., & ikrimah aziz zamakhsyari, n. (2018). model pendidikan kedisiplinan pesantren modern ummul quro al – islami. al-mubin; islamic scientific journal, 1(1). https://doi.org/10.51192/almubin.v1i1.82 anshari, h. (1991). dasar-dasar ilmu jiwa agama. usaha nasional. arikunto. s. (2002). prosedur penelitian : suatu pendekatan praktek. ed. revisi v. rineka cipta. dakhi sukses agustin. (2020). kiat sukses meningkatkan disiplin siswa. cv budi utama. fellasari, f., & lestari, y. i. (2017). hubungan antara pola asuh orangtua dengan kematangan emosi remaja. jurnal psikologi, 12(2). https://doi.org/10.24014/jp.v12i2.3234 fitria, e. (2016). hubungan konsep diri dan religiusitas dengan disiplin siswa madrasah aliyah swasta lab ikip al washliyah medan tahun ajaran 2013-2014. jurnal-lp2m.umnaw.ac.id, 2(1). hotejah, s. (2020). pengaruh kematangan emosi terhadap kedisiplinan santri mengikuti kegiatan pesantren sabilurrosyad. in uin maulana malik irahim malang. inayati, i. n., albar, m., suwargianto, w., & astuti, l. y. (2020). pengaruh lingkungan pesantren terhadap kedisiplinan siswa kelas xii madrasah aliyah mifatahul huda. tarbiyatuna : kajian pendidikan islam, 4(1). https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v4i1.304 istiono, a. (2021). kematangan emosi dan prososial pada relawan desa lawan. psyche 165 journal, 14(1). istiqomah, a. (2018). hubungan antara tingkat religiusitas dengan kedisiplinan pada santri pesantren al hidayah purwojati banyumas. institut agama islam negeri purwokerto. skripsi.http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3427/ khasanah, s. n., & arifin, z. (2017). kepemimpinan siswi dalam penerapan nilai-nilai religiusitas di madrasah mu’allimaat muhammadiyah yogyakarta. manageria: jurnal manajemen pendidikan islam, 2(1). https://doi.org/10.14421/manageria.2017.21-01 maryam, s., & fatmawati, f. (2018). kematangan emosi remaja pelaku bullying. jurnal kajian bimbingan dan konseling, 3(2). https://doi.org/10.17977/um001v3i22018p069 octaviani, e. d., rustam, a., & rohmatun, -. (2011). religiusitas dan kedisiplinan pada anggota polri. proyeksi, 6(2). https://doi.org/10.30659/p.6.2.58-67 puteri, g. a. (2018). pengaruh kematangan emosi terhadap kepercayaan diri pada remaja perempuan. universitas muhamadiyah malang. putri, e. r., & sofia, l. (2021). kematangan emosi dan religiusitas terhadap keharmonisan keluarga pada dewasa awal. psikoborneo: jurnal ilmiah psikologi, 9(2). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5983 sari, d. p., & murniyetti, m. (2021). implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas. an-nuha, 1(4). https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.104 sigalingging, s. (2014). hubungan kematangan emosi dan iklim sekolah dengan disiplin belajar siswa di smp negeri 8 pematang siantar. universitas medan area. tesis. siti nurjanah. (2014). pengaruh tingkat religiusitas terhadap perilaku disiplin remaja di man sawit boyolali (penelitian tindakan kelas di man sawit boyolali). in uin jakarta (vol. 39, issue 1). surahman, e., santaria, r., & setiawan, e. i. (2020). tantangan pembelajaran daring di indonesia. kelola: journal of islamic education management, 5(2). utari, u. (2015). hubungan perilaku mengemudi agresif dan kematangan emosi dengan disiplin berlalu lintas. psikoborneo: jurnal ilmiah psikologi, 3(4). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i4.3884 waslah, w., & afifudin, q. (2021). hubungan tingkat kecerdasan spiritual dengan kedisiplinan santri dalam menjalankan peraturan pesantren al-Masruriyyah Tebuireng diwek jombang. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 6(1). https://doi.org/10.32764/dinamika.v6i1.1314 Z Darajad. (1997). Ilmu Jiwa Agama. Rajawali Press.




DOI: https://doi.org/10.18860/jips.v3i2.18266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing By:

  

 

 

 ------------------------------------------------------------------------------------------

 

Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats