Hubungan Religiusitas dengan Authentic Happiness

Abdullah Rasyid, Muhammad Fikran Pandya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dengan authentic happiness pada siswa MAN 2 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melihat korelasi antara dua variabel. Skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala religiusitas dan skala authentic happiness. Jumlah responden adalah 275 siswa MAN 2 Pasuruan yang diambil dari kelas X, XI, dan XII secara acak melalui google form. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan menggunakan analisis product moment dengan perolehan koefisien korelasi 0,135, signifikansi 0,025 < 0,05, artinya terdapat hubungan positif antara religiusitas dan authentic happiness pada siswa MAN 2 Pasuruan. Semakin tinggi religiusitas maka semakin tinggi authentic happiness. Pendidikan pada pondok pesatren umumnya menekankan aktivitas ibadah dan belajar agama. Akan tetapi, rasa senang atau bahagia juga perlu diciptakan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang didasari dengan rasa senang atau Bahagia akan menciptakan hasil belajar yang baik dan efektif.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2017). Meningkatkan Kebahagiaan Remaja Panti Asuhan Dengan Sabar. Jurnal Psikologi Integratif Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga, 5(1), 32–46. Arumugham, P. (2018). Religiosity and Happiness among Homeless Men. THE INTERNATIONAL JOURNAL OF HUMANITIES & SOCIAL STUDIES, 6(8), 216–220. Darajat, Z. (2005). Ilmu Jiwa Agama, Jakarta. In Bulan Bintang. Bulan Bintang. Darmayanti, N., & Daulay, N. (2020). Pengaruh Pelatihan Manajemen Stres terhadap Kebahagiaan Santri di Pesantren. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 6(2), 128. https://doi.org/10.22146/gamajpp.55682 Data, J. C. C.-19. (2021). Perubahan Harian. https://www.google.com/search?q=kasus+covid+indonesia&oq=kasus&aqs=chrome.2.69i57j0i3j0i131i433j0i131i433i457j0i402l2j69i60l2.3392j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8 Eriyanda, D., & Khairani, M. (2017). KEBERSYUKURAN DAN KEBAHAGIAAN PADA WANITA YANG BERCERAI DI ACEH | Eriyanda | PSIKODIMENSIA. Psikodimensia: Kajian Ilmiah Psikologi. http://journal.unika.ac.id/index.php/psi/article/view/1269/801 Fitriani, M. (2021). Gambaran Stres Akademik Siswa SMP Saat Pembelajaran Daring (Online) di Kota Padang. Socio Humanus, 3(1), 76–85. http://ejournal.pamaaksara.org/index.php/sohum/article/view/227 Hairina, Y. I. (2019). Semakin Tahu, Semakin Stress Pengetahuan Covid-19 dan Stres pada Remaja. Syiah Kuala University Press. Halimah, L., Fitriyani, C., Nibras, W., Irbah, F., Hanafi, A., Psikologi, F., Bandung, U. I., Happiness, A., Komunitas, A., & Fisabilillah, K. (2019). Sabar Dan Authentic Happiness Pada Anggota Komunitas Khuruj Fisabilillah Di Bandung. Psikologi Islam, 6(2), 15–22. Jatira, Y., & S, N. (2021). Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.187 Kompas.com. (2020). Data Covid-19 di Indonesia. Diakses Dari Https://Www.Kompas.Com/Covid-19 Pada Tanggal 12 Januari 2020 Pukul 17.12 WIB. Li, S., Wang, Y., Xue, J., Zhao, N., & Zhu, T. (2020). The impact of covid-19 epidemic declaration on psychological consequences: A study on active weibo users. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(6). https://doi.org/10.3390/ijerph17062032 Liu, T., Wu, L., Yang, Y., & Jia, Y. (2020). Exploratory analysis of the relationship between happiness and religious participation within China. Religions, 11(8), 1–19. https://doi.org/10.3390/rel11080410 Muhopilah, P., Gamayanti, W., & Kurniadewi, E. (2018). Hubungan Kualitas Puasa dan Kebahagiaan Santri Pondok Pesantren Al-Ihsan. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 1(1), 53–66. https://doi.org/10.15575/jpib.v1i1.2071 Nadhifah, N. U., & Wahyuni, Z. I. (2020). Pengaruh Orientasi Religius, Hardiness, dan Quality of Friendship Terhadap Kebahagiaan Santri. TAZKIYA: Journal of Psychology, 8(1), 9–22. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v8i1.15270 Online, K. (2021). Bahagia. https://kbbi.web.id/bahagia Palupi, T. N. (2020). Tingkat Stres pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19, 9(2), 18–29. Rayan, M. D. N. (2020). Menurunnya Tingkat Kebahagiaan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 4(1), 18–26. https://doi.org/10.31234/osf.io/eyax5 Rezkina Nisaputra. (2020). Tingginya Tingkat Kecemasan Masyarakat Akan Covid-19 | Infobanknews. https://infobanknews.com/topnews/tingginya-tingkat-kecemasan-masyarakat-akan-covid-19/ Robbins, R., Glock, C. Y., & Stark, R. (1966). Religion and Society in Tension. In Sociological Analysis (Vol. 27, Issue 3). Rand McNally. https://doi.org/10.2307/3710391 Seligman, M. E. P. (n.d.). Authentic Happiness ; Using the New Positive Psychology to Realize Your Potential for Lasting Fulfillment. Free Press. Seligman, M. E. P. (2005). Authentic Happiness; Menciptakan Kebahagiaan dengan Psikologi Positif. PT Mizan Pustaka. Sillick, W. J., Stevens, B. A., & Cathcart, S. (2016). Religiosity and happiness: A comparison of the happiness levels between the religious and the nonreligious Dindarlık ve mutluluk: Dindar ve dindar olmayanların mutluluk düzeylerinin karşılaştırılması. The Journal of Happiness & Well-Being, 4(1), 115–127. Sofia, L., Devi, A. J., Wahdaniah, W., & Pertiwi, G. A. (2018). Musik Tingkilan Dalam Emotional Healing Therapy Sebagai Upaya Meningkatkan Authentic Happiness. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 7(1), 1. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v7i1.2388 Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314 Tekke, M., Francis, L. J., & Robbins, M. (2018). Religious affect and personal happiness: A replication among Sunni students in Malaysia. Journal of Muslim Mental Health, 11(2), 3–15. https://doi.org/10.3998/jmmh.10381607.0011.201 Thohir, M. T. (1986). Ilmu Kalam. Widjaya. Trismayanti, S. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2). Wahidin, W. (2017). Spiritualitas Dan Happiness Pada Remaja Akhir Serta. Journal of Innovatife Counseling: Theory , Practice & Research, 1, 57–66. Widiantoro, Purawigena, R. E., & Gamayanti, W. (2017). Hubungan Kontrol Diri dengan Kebahagiaan Santri Penghafal Al-Qur’an. Jurnal Psikologi Integratif, 5(1), 11–18.




DOI: https://doi.org/10.18860/jips.v4i1.20485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing By:

   

 ------------------------------------------------------------------------------------------

 

Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats