Identitas sosial dan perilaku prososial pada anggota fandom K-Pop

Indah Hasanah Putri Muslimah, Adelisa Rosalina, Alyazzahra Khairani, Mountania Desiderawi, Lola Loviona, Liliyana Sari

Abstract


K-Pop fandom members participate in various pro-social activities, including donations, campaigns, and volunteering. Any form of pro-social behavior performed by the K-Pop fandom is related to its social identity as part of the fandom. This study aimed to analyze the correlation between K-Pop fan social identity and pro-social behavior. The study involved 145 individuals recruited through purposive sampling with the criteria such as aged 18–40 years and members of at least one K-Pop fandom. The data analysis revealed that social identity had a significant positive correlation with pro-social behavior and the direction of the relationship between the two variables was moderately strong. In other words, higher levels of social identity within the K-Pop fandom were associated with increased engagement in pro-social behaviors. Meanwhile, lower levels of social identity corresponded to reduced pro-social behavior.

KATA KUNCI:

Anggota fandom K-Pop; K Pop; perilaku prososial; identitas sosial

ABSTRAK

Anggota fandom K-Pop berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pro-sosial, termasuk donasi, kampanye, dan menjadi sukarelawan. Segala bentuk perilaku prososial yang dilakukan oleh fandom K-Pop berkaitan dengan identitas sosialnya sebagai bagian dari fandom . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara identitas sosial penggemar K-Pop dan perilaku prososial. Penelitian ini melibatkan 145 orang yang direkrut menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu berusia 18-40 tahun dan merupakan anggota dari setidaknya satu fandomK Pop. Hasil analisis menunjukkan bahwa identitas sebagai memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan perilaku prososial dan hubungan kedua variabel yang relatif kuat. Dengan demikian, tingkat identitas sosial yang lebih tinggi dalam fandom K-Pop berkaitan dengan peningkatan keterlibatan dalam perilaku prososial. Sebaliknya, tingkat identitas sosial yang lebih rendah berhubungan dengan berkurangnya perilaku pro-sosial.

KATA KUNCI

anggota fandom K-Pop ; K-Pop ; perilaku prososial; identitas sosial

 

Hak Cipta ©2023. Para Penulis. Diterbitkan oleh Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam. Ini adalah artikel akses terbuka di bawah CC BY NO SA. Tautan: Creative Commons Atribusi - NonKomersial - BerbagiSerupa 4.0 Internasional CC BY - NC - SA 4.0   


Full Text:

PDF

References


Abd-Rahim, A. (2019). Online fandom: Social identity and social hierarchy of hallyu fans. Journal for Undergraduate Ethnography, 9(1), 65–81. https://doi.org/10.15273/jue.v9i1.8885

Aprilia, S. A. (2015). Perilaku prososial mahasiswa etnis jawa terhadap sesama etnis dan etnis tionghoa ditinjau dari identitas sosial. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Bagaimana fan K-Pop menggalang gerakan protes di media sosial. (2022). Tirto.Id. https://tirto.id/bagaimana-fan-k-pop-menggalang-gerakan-protes-di-media-sosial-f6cJ.

Baron, R., & Byrne, D. (2009). Psikologi sosial. Jilid, 2.

Brewer, M. B. (1998). Ingroup bias in the minimal intergroup situation: a cognitive- motivational analysis. Psychological Bulletin, 86, 307–324.

Bruner, M., Boardley, I., & Cote, J. (2014). Social identity and prosocial and antisocial behavior in youth sport. Psychology of Sport and Exercise, 15(1), 56–64. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2013.09.003

ButarButar, E. E. (2015). Hubungan antara identitas etnis batak dengan perilaku prososial pada mahasiswa etnis batak di universitas kristen satya wacana (Issue 1).

Dayakini, T., & Hudaniah. (2009). Psikologi sosial. Edisi evisi. UMM Press. Malang.

Eisenberg, N., & Mussen, P. H. (1989). The roots of prosocial behavior in children. Cambridge University Press. UK.

Feitosa, J., Salazar, M., & Salas, E. (2012). Social identity: Clarifying its dimensions across cultures. Psychological Topics, 21(3), 527–548.

Gumelar, S. A., Almaida, R., & Laksmiwati, A. (2021). Dinamika psikologis fangirl K-Pop. Cognicia, 9(1), 17–24. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.15059

Hawkins, C., & Brian, A. N. (2012). When Ingroup aren’t “In”: Perceived political belief similiraty moderates religiuos ingroup favoritism. Plos One, 7(12).

Indonesia Jadi Negara dengan K-Poper Terbesar di Twitter. (2022). CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20220126202028-227-751687/indonesia-jadi-negara-dengan-k-poper-terbesar-di-twitter.

Jenkins, H. (2006). When fandom goes mainstream. Confessions of an Aca-Fan, 30.

Jung, S. (2012). Fan activism, cybervigilantism, and othering mechanisms in K-Pop Fandom. https://journal.transformativeworks.org/index.php/

Kaparang, O. M. (2013). Analisa gaya hidup remaja dalam mengimitasi budaya pop Korea melalui televisi. Acta Diurna Komunikasi, 2(2).

Kanozia, R., & Ganghariya, G. (2021). More than K-Pop Fans: BTS fandom and activism amid COVID-19 Outbreak. Media Asia, 48(4), 338–345. https://doi.org/10.1080/01296612.2021.1944542

Kligler-Vilenchik, N., McVeigh-Schultz, J., Weitbrecht, C., & Tokuhama, C. (2012). Experiencing fan activism: Understanding the power of fan activist organizations through members’ narratives. Transformative Works and Cultures, 10.

Laffan, D. A. (2021). Positive psychosocial outcomes and fanship in K-pop fans: A social identity theory perspective. Psychological Reports, 124(5), 2272-2285.

Lee, J. Y. (2019). BTS, Art Revolution: BTS Meets Deleuze. Parrhesia Publishers.

Schroy, C., Plante, C. N., Reysen, S., Roberts, S. E., & Gerbasi, K. C. (2016). Different motivations as predictors of psychological connection to fan interest and fan groups in anime, furry, and fantasy sport fandoms. The Phoenix Papers, 2, 148–167.

Agatha, D. (2022). Selain ARMY, Ini Sederet Fandom K-Pop yang galang dana untuk korban tragedi Kanjuruhan. Diakses dari: https://www.liputan6.com/health/read/5091113/selain-army-ini-sederet-fandom-kpop-yang-galang-dana-untuk-korban-tragedi-kanjuruhan.

Setiawan, A., Priyatama, A., & Hakim, M. (2022). Hubungan antara identitas sosial dengan perilaku prososial pada aktivitas komunitas info cegatan Jogja (ICJ. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 7(1), 16–31.




DOI: https://doi.org/10.18860/jips.v3i1.21061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing By:

   

 ------------------------------------------------------------------------------------------

 

Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats