Perilaku pembelian impulsif remaja pengguna tiktok shop : Ditinjau dari mindfulness

Savira Aprina Hardini, Ritna Sandri, Rinto Wahyu Widodo

Abstract


ABSTRACT : The shopping system has undergone changes and advancements, particularly with online shopping. Online shopping is considered time-saving and more efficient, leading to an increase in online stores offering attractive incentives such as free shipping and discounted prices. One application that can be used for online shopping is TikTok Shop. This study examines the relationship between mindfulness and impulsive buying behavior among adolescent users of TikTok shops in Malang City. The research adopts a quantitative approach. Accidental sampling is employed as the sampling technique, with a sample size of 100 respondents. The results of the study demonstrate the reliability of both variables. Hypothesis testing indicates a significant relationship between mindfulness and impulsive buying behavior among adolescent users of TikTok Shop in Malang City.

KEY WORDS:  impulsive behavior; impulse buying; teenagers; TikTok shop

ABSTRAK : Saat ini, sistem belanja telah mengalami perubahan dan kemajuan terutama dengan munculnya belanja online. Belanja online dianggap dapat menghemat waktu dan lebih efisien, sehingga semakin banyak toko online yang menawarkan penawaran menarik seperti pengiriman gratis dan harga diskon. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk belanja online adalah Tiktok Shop. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara keadaan pikiran sadar (mindfulness) dan pembelian impulsif pada pengguna remaja Tiktok Shop di kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut dapat diandalkan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya hubungan antara keadaan pikiran sadar (mindfulness) dengan pembelian impulsif pada pengguna remaja Tiktok Shop di kota Malang. 

KATA KUNCI : perilaku implusif; pembelian impulsif; remaja; TikTok shop


Copyright ©2023. The Authors. Published by Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam. This is an open access article under the CC BY NO SA. Link: CreativeCommonsAttribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 InternationalCCBY-NC-SA 4.0   



Full Text:

PDF

References


Aliah, S. S. (2022). Survei populix: Tiktok jadi platform social commerce favorit. Retrieved from https://gadget.viva.co.id/ecommerce/427-survei- populix-tiktok-jadi-platform-social-commerce-favorit

Baer, R. A. (2006). Using self-report assessment methods to explore facets of mindfulness. Sage Journal AssesmenT, Vol.13 No.1, 27-45. https://doi.org/10.1177/1073191105283504.

Devita, C. (2015). Pengaruh self monitoring terhadap impulse buying pada remaja perempuan dalam pembelian

Produk tas replika. Jurnal Akuntansi, Manajemen, dan Bisnis, Vol.2 No.2, 43-45. Retrieved from http://jurnal.machung.ac.id/index.php/parsimonia/article/view/19/16.

Dhini, V. A. (2022, Juli). distribusi pengguna tiktok global berdasarkan kelompok usia (2021). Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/20/pengguna-tiktok- mayoritas-berusia-muda-ini-rinciannya

Laily, I. N. (2022, Agustus). Memahami cara mengaktifkan tiktok shop dan panduan penjualan produk. Retrieved Oktober 2022, from https://katadata.co.id/agung/berita/62f1cb6633ce4/memahami-cara- mengaktifkan-tiktok-shop-dan-panduan-penjualan-produk

Miranda, Y. C. (2016, April). Kajian terhadap faktor yang mempengaruhi impulse buying dalam online shopping. Kompetensi, Vol 10 No 1.

Oktariana, Y & Wijaya, E. (2019). Faktor-Faktor yang mempengaruhi impulse buying pada hodshop Bengkulu. Jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol. 7 No.1, 10- 22.

Ratnasari, A.D., et al. (2022). Pengaruh krakteristik produk dan sales promotion terhadap impulse buying pada generasi Z. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 11 No.2.

Rinaldi, & Fidella. (2021). Hubungan Mindfulness dengan impulsive buying pada mahasiwa FIP UNP yang merupakan konsumen produk Miniso Plaza Andalas Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5 No.2, 2645-2651.

Santrock, J. W. (2007). Remaja Edisi Kesebelas. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sunarto dan Hartono, A. (2006). perkembangan peserta didik Jakarta: PT Rineka Cipta.

Supraktiknya, A. (2014). Pengukuran psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Tarigan, M. (2022, Agustus). Pengguna Tiktok di Indonesia kedua di dunia, cocok untuk kampanye marketing. Retrieved Oktober 2022, from https://gaya.tempo.co/read/1620184/pengguna-tiktok-di-indonesia- kedua-di-dunia-cocok-untuk-kampanye- marketing#:~:text=Hampir%20semua%20masyarakat%20yang%20mengg unakan,juta%20orang%20pada%20April%202022.

Verplanken, B. & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency: feeling and no thinking. European Journal of Personality.




DOI: https://doi.org/10.18860/jips.v3i1.21068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing By:

   

 ------------------------------------------------------------------------------------------

 

Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats