Gambaran motivasi berprestasi pada mahasiswa setelah mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)
Abstract
The Student Exchange Program influences student achievement motivation. The article explains that after participating in the program it brings achievement motivation to students. The participants in this study were four students. This study uses the phenomenological method. This data collection uses four steps: interview transcripts, koding, categorization, and sub-theme conclusions. The results of this study found that, First, how the experience can encourage various aspects such as reinforcement and self-confidence in achievement motivation. Second, these things become achievement motivation that shape the process of self-development in students to develop talents. Third, how the program becomes a motivating factor for students to achieve achievements by having high responsibility, taking risks, and existence in life
KEY WORDS:
Achievement motivation; reinforcements; develop talent
ABSTRAK
Program Pertukaran Mahasiswa mempengaruhi motivasi berprestasi mahasiswa. Dari artikel menjelaskan kalau setelah mengikuti program tersebut membawa motivasi berprestasi pada mahasiswa. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah empat mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi. Pengumpulan data ini menggunakan empat langkah: transkrip wawancara, koding, kategorisasi, dan kesimpulan sub-tema. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa, Pertama, bagaimana pengalaman tersebut dapat mendorong berbagai aspek seperti reinforcement dan kemampuan percaya diri dalam motivasi berprestasi. Kedua, hal-hal tersebut menjadi motivasi berprestasi yang membentuk proses pengembangan diri pada mahasiswa untuk mengembangkan bakat. Ketiga, bagaimana program tersebut menjadi faktor pendorong bagi mahasiswa untuk meraih prestasi dengan memiliki tanggung jawab yang tinggi, megambil risiko, dan eksistensi hidup
KATA KUNCI
motivasi berprestasi; penguatan; mengembangkan bakat
Copyright ©2024. The Authors. Published by Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS). This is an open access article under the CC BY NO SA. link: CreativeCommons — Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International — CCBY-NC-SA 4.0
Full Text:
PDFReferences
A. Bangki Ade Putri Hummaerah, Aminuddin Bakry, & Ridwan Daud Mahande. (2023). Efektivitas penggunaan spada dikti dalam mendukung proses pembelajaran daring pertukaran mahasiswa merdeka. Information Technology Education Journal. https://doi.org/10.59562/intec.v2i1.257 Al Anshori, F., Jurnal, B., & Biologi, P. (2021). Persepsi mahasiswa pendidikan biologi terhadap merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Biogenerasi, 6(2), 147–153. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v6i2.1387 Anggara, K., Yuliandari, E., & Muchtarom, M. (2023). Penguatan nilai toleransi mahasiswa melalui kegiatan modul nusantara program pertukaran mahasiswa merdeka. Journal of Civic Education. https://doi.org/10.24036/jce.v6i1.871 Anwar, R. N. (2022). Peran mata kuliah modul nusantara dalam peningkatan sikap toleransi mahasiswa program pertukaran mahasiswa merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 646–655. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.471 Apa itu Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka? (2022). Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. Aulia, F., Lasmawan, I. W., & Sudiarta, I. G. P. (2023). Analisis program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) sebagai implementasi kurikulum merdeka terhadap self awarness mahasiswa Universitas Hamzanwadi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1400 Febriani, A. F., Ikbal, M., & Erfina, E. (2023). Pengembangan skill mahasiswa melalui program pertukaran mahasiswa merdeka di Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. https://doi.org/10.38043/jids.v7i1.3995 Gulo, G. I., Sianipar, P., Gulo, R. M., & Sitorus, P. (2023). Analisis kepuasan kegiatan mahasiswa pada program pertukaran mahasiswa merdeka 2. Community Development Journal. Kristina Pae, Hendra Wijaya, & Jati, I. R. A. P. (2022). Evaluasi ketercapaian tujuan dan dampak pelaksanaan program pertukaran mahasiswa merdeka di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33830/jp.v23i1.2595.2022 Mufidah, V. N., & Fadilah, N. N. (2022). Penyesuaian diri terhadap fenomena culture shock mahasiswa program pertukaran mahasiswa merdeka. Muqoddima Jurnal Pemikiran Dan Riset Sosiologi. https://doi.org/10.47776/10.47776/mjprs.003.01.05 Ndoen, C. F., Hana, F. T., & Nara, M. Y. (2023). PEngalaman komunikasi antar budaya peserta program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM). Deliberatio: Jurnal Mahasiswa Komunikasi. https://doi.org/10.59895/deliberatio.v3i1.106 Safinah, F. W., Arifin, M. Z., Rosyidi, R. M. A., & Rahmawati, Z. E. (2023). Motivasi belajar, pemicu respon mahasiswa dalam menggapai prestasi. Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS), 3(1), 321–339. https://doi.org/10.18860/jips.v3i1.18790 Salamor, J. M. (2017). Hubungan antara pemberian reward dari guru dengan motivasi berprestasi siswa di SMA Kristen Halmahera Utara. Hibualamo: Seri Ilmu-Ilmu Sosial Dan Kependidikan, 1(1), 21–29. Sharma, G., & Sharma, A. (2017). Achievement motivation among executives and technocrats. Global Journal of Human-Social Science: A Arts & Humanities - Psychology, 17(7), 1–4. Simanjuntak, J. P., Philia, I. T., Sembiring, G. P., Wuwu, A. F., & Ivanna, J. (2024). Analisis perspektif Mahasiswa PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) terhadap dinasti politik dalam pemilu 2024 di Universitas Negeri Medan. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1621 Singh, K., & Yu, X. (2010). Psychometric evaluation of the Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) in a sample of Indian Students. Journal of Psychology, 1(1), 23–30. https://doi.org/10.1080/09764224.2010.11885442 Sitorus, P. J., Wulan, E. P. S., Marpaung, S., & ... (2023). Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Penanaman 1000 Bibit Mangrove Di Pantai Labuhan Kabupaten Bangkalan. Innovative: Journal Of …. Tonis, L. P. A., & Wicaksono, D. A. (2022). Hubungan Experiential learning activities terhadap self-perceived employability pada mahasiswa merdeka belajar kampus merdeka. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM). https://doi.org/10.20473/brpkm.v2i2.36571 Trimailani, Y., & Purba, P. S. (2023). Meningkatkan nilai toleransi budaya melalui pertukaran mahasiswa merdeka. In PKM Maju UDA. Yusanto, Y. (2020). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
DOI: https://doi.org/10.18860/jips.v4i1.22749
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
------------------------------------------------------------------------------------------
Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats