Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan Islam
Abstract
Guru menjadi sasaran utama saat lembaga pendidikan Islam mengalami rendahnya hasil prestasi belajar para peserta didik, dengan perkiraan bahwa guru tidak kompeten, tidak kreatif, dan juga monoton. Sehingga banyaknya asumsi bahwa lembaga pendidikan Islam membutuhkan sumber daya manusia yang lebih professional untuk menghadapi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literature. Adapum tujuan dari penelitian ini untuk menguraikan dasar-dasar, tujuan, tahapan dan betapa pentingnya pengembangan dan pelatihan dalam lembaga pendidikan Islam untuk dilaksanakan. Pelatihan dapat menjadikan sumber daya manusia lembaga pendidikan Islam akan semakin kompeten dan professional sedangkan pengembangan bertujuan untuk memicu sumber daya manusia untuk menyalurkan inovasi dan kreatifitasnya. Dengan melalui tahapan perencanaan, desain pelatihan dan pengembangan serta evaluasi, serta pengembangan dan pelatihan memiliki peranan penting dalam membantu untuk menjadi lebih bijak, mampu menyelesaikan masalah, menumbuhkan semangat, mengurangi stress dan frustasi, meningkatkan kepuasan kerja, menjadi lebih mandiri serta pekerja keras serta menjadikan lebih percaya diri menghadapi tantangan zaman. Sehingga ketika lembaga pendidikan Islam melakukan pengembangan dan pelatihan dengan baik akan menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang baik pula.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adamy, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Praktik Dan Penelitian. Unimal Press. Https://Id1lib.Org/Book/11032863/592e16
Afiyanti, Y. (2014). Penggunaan Literatur Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1). Https://Doi.Org/10.7454/Jki.V9i1.157
Akilah, F. (2018). Penerapan Fungsi Staffing Dalam Lembaga Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 657–674. Https://Doi.Org/10.35673/Ajmpi.V7i1.311
Basith, A. (2020). Kontribusi Kinerja Komite Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Sarana Prasarana Pendidikan. 5(1), 12.
Choir, A. (2016). Urgensi Manajemen Pendidikan Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. J-Mpi (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 1(1). Https://Doi.Org/10.18860/Jmpi.V1i1.3371
Fawaid, M. M. (2017). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 9. Https://Doi.Org/10.22219/Jch.V2i1.9899
Haholongan, R., Maronrong, R., Effendi, S., & Krisnando, K. (2019). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Integrated Bisnis Simulator (IBS) Pada Guru SMK Di Jakarta. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 5(1). Https://Doi.Org/10.21107/Pangabdhi.V5i1.5158
Hambali, M. (2016). Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru Pai. J-Mpi (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 1(1). Https://Doi.Org/10.18860/Jmpi.V1i1.3229
Henri Purba, J. (2018). Perencanaan Strategi Sumberdaya Manusia Dan Prestasi Kerja Karyawan. Jurnal Mejemen, 4(1), 9.
Indayati, R. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Sekolah Dasar Islam Di Tulungagung. J-Mpi (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 2(1). Https://Doi.Org/10.18860/Jmpi.V2i1.4361
Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish.
Manshur, U. (2015). Manajemen Program Pelatihan Dan Pengembangan Bahasa Arab. 03(01), 15.
Mardiyanto. (2020). Desain Pelatihan: Sebuah Alterntif Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Tarbiyah, 29, 11.
Masram, & Mu’ah. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Zifatama, 229.
Nurmadiah, N. (2016). Hubungan Pendidikan, Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 3(2). Https://Doi.Org/10.28944/Afkar.V3i2.102
Poltak Sinambela, L. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Kerja Yang Solid Untuk Meningkatkan Kinerja. Bumi Aksara. Https://Id1lib.Org/Book/6106110/62a59f
Priyatna, M. (2017). Manajemen Pengembangan Sdm Pada Lembaga Pendidikan Islam. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 21. Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V5i09.87
Pujiharti, E. S. (2017). Tembang “Lir-Ilir” Bagi Guru Guna Menumbuhkan Motivasi Belajar Di Pendidikan Formal (Studi Kasus Di Tk Wahid Hasyim Dinoyo Malang). J-Mpi (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 1(2). Https://Doi.Org/10.18860/Jmpi.V1i2.3963
Rahmi, S. (N.D.). Perencanaan SDM Melalui Manajemen Strategik Di Lembaga Pendidikan. 18.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic And Extrinsic Motivations: Classic Definitions And New Directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67. Https://Doi.Org/10.1006/Ceps.1999.1020
Sinaga, R. (N.D.). Peran Penting Pelatihan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 9.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Dunia Publishing.
Soliha, E. (2006). Perencanaan Sumber Daya Manusia Yang Efektif. Fokus Ekonomi, 5(3), 15.
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Supratman, M. A., Sujono, G., & Usman, F. (2020). Strategi Manajemen Pelatihan Dan Pengembangan Serta Pribadi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 5(2), 160–174. Https://Doi.Org/10.18860/Jmpi.V5i2.10301
Suwartono. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Andi Offset.
Syaifuddin. (2018). Pendidikan Dan Pelatihan Sebagai Basis Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. At-Ta’lim, 17(2), 10.
Umar, H. (2014). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan Pada Penerbangan Low Cost Carrier. 01(02), 12.
Warisno, A. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Lulusan Pada Lembaga Pendidikan Islam Di Kabupaten Lampung Selatan. Ri’ayah, 03(02), 15.
Wiliandari, Y. (2014). Rancangan Pelatihan Dan Pengembangan Sdm Yang Efektif. Society: Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, 12, 18.
Winarni, S. (2014). Pengaruh Perhatian Guru, Motivasi Belajar, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Bantul. JURNAL BIOEDUKATIKA, 2(1), 42–45. Https://Doi.Org/10.26555/Bioedukatika.V2i1.4111
DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v7i1.13981
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jmpi@uin-malang.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY: