Kinerja Pengawas Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 dan Dampaknya pada Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru

Ambar Maolana, Ase Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkap tata kelola manajemen dalam pelaksanaan pengawasan di sekoklah dasar pada Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya. Fokus masalah yang dibahas yaitu: Bagaimana kinerja pengawas pada masa pandemi covid dampaknya terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Metode penulisan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui studi dokumen dan wawancara. Sumber data terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi reduksi data, paparan data dan verivikasi serta triangulasi. Hasil Penelitian  menunjukan bahwa pada masa pandemi covid-19 tugas kepengawasan menggunakan dua metode yaitu metode direct dan indirect. Untuk menjaga dan mengembangakan mutu, kepala sekolah dan guru megitu bimtek online, pelatihan online, workshop online. Pengawasan online mampu memberikan layanan kepada kepala sekolah, guru kapanpun dan dimanapun serta dapat mengembangakan skil kepala seloalah dalam memanaj dan guru dalam mengajar. Dukungan dari pemerintah melalui kemendikbud serta Pengawas kepala sekolah dan guru bersama-sama melaksanakan tugasnya dengan baik degan kejasama yang baik pula.


Keywords


Kinerja Pengawas Sekolah, Covid 19, Mutu Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

David DeMatthews, David Knight2, Pedro Reyes, A. B. (2020). From the Field: Education Research During a Pandemic. Educational Researcher, XX(X), 1–5. https://doi.org/10.3102/0013189X20938761

Fathurrohman, M. (2015). Sukses Menjadi Pengawas Sekolah Ideal. Ar-Ruzz Media.

Ganti, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Kepala Sekolah Dalam Penyusunan Program Supervisi Melalui Pembinaan Berkelanjutan. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(2), 63–76. https://doi.org/10.17977/um025v3i22019p069

Gusmadi, G. (2014). Pelaksanaan Manajemen Pengawasan Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri Di Kabupaten Tanah Datar. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 133. https://doi.org/10.31958/jaf.v2i2.378

Hakiim, S., Sadiyah, H., Mutmainah, L., A’mal, M. I., & Arfinanti, N. (2021). Peningkatan mutu pendidikan di kelas IX pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 11–19. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.37922

Leniawati, Y. A. (2017). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, 2(1), Januari-Juni.

Maisyarah, Nasir Usman, N. (2017). Evektifitas Pelaksanaan Tugas Pengawas dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar Lingkungan UPTD Suku I Disdikpora Kota Banda Aceh. Jurnal Pendikakan, 2(10), 154–159.

Mangkunegara. (2010). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Refika Aditama.

Maulid, A. (2016). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Pengembangan Tenaga Pendidik Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Swasta Di Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 1(2 Juli-Desember), 89–98.

Muslim. (2017). Peran Supervisi Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Kabupaten Tasikmalaya. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(1), 55.

Muspawi, M. (2020). Realisasi Kinerja Pengawas Dalam Membina Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1). https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v1i1.70

Mustafidah, I. D., Mutohar, P. M., & Tanzeh, A. (2022). Prestasi Belajar Siswa di Era Covid 19 : Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring , Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar di MI Se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 355–363.

Nurmala, Muniarti, B. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Oleh Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Ipa Pada Smp Negeri 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 7(1 Februari), 26–34.

Roida Pakpahan, Y. F. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh, 4(2), 30–36.

Subandiyo. (2016). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Proses Belajar Mengajar Melalui Supervisi Kelompok. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(1 November), 42–51.

Sudjana, N. (2012). Supervisi Pendidikan : Konsep Dan plikasinya Bagi Pengawas Sekolah. Binamitra Publishing.

Surahman, E., Kurniawan, C., & Pratama, U. N. (2021). The Appropriate Remote Learning Methods During the Covid-19 Pandemic in Rural Schools in Indonesia. Atlantis Press, 609(Icite), 120–127.

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/28847

Syamsu, Y. (2018). Mutu Kinerja Pengawas Sekolah Menengah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 31–40. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11569

Tabita Evadyanti Maru’ao, Y. W. dan Z. M. (2016). Kinerja Pengawas Sekolah Dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik Di Smk Negeri Kota Gunungsitoli. Jurnal Pendidikan Dan Kepengawasan, 3(2), 47.

Wibowo, D. I. & U. B. (2016). Peran Pengawas Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Smp Di Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidkan, 9(2 September), 179–195.

Zahira Aini Qolby. (2021). Konflik Dan Stres Dalam Organisasi Lembaga Pendidikan Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Dan Penyelesaiannya, 4(5), 1–9. www.clpna.com




DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v7i1.16540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 
Mailing Address
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    Email: jmpi@uin-malang.ac.id  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEXED BY: