Manajemen Kurikulum dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief, M., & Rusman, R. (2019). Manajemen kurikulum berbasis pendidikan karakter pada Sekolah Dasar Negeri Ujung Menteng 01 Pagi Jakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 38–54. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20121
Arofah, E. F. (2021). Evaluasi Kurikulum Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 5(2).
Candra, R. M. (2022). Wawancara dengan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum [Personal communication].
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications,.
Daeng Pawero, A. M. V. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889
Diana. (2022). Wawancara dengan Guru Kelas tentang Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Tingkat kelas [Personal communication].
Erdiyanto, Warsah, I., & Asha, L. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri O2 Lebong, Bengkulu. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2).
Hayudiyani, M., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Budaya Lokal. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(1).
Jannah, M., & Hariyati, N. (2016). Manajemen Kurikulum Khas Sekolah Dalam Mewujudkan Visi Dan Misi Sekolah Di Sdit At-Taqwa Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(1).
Kusdiana, Y. (2022a). Pengembangan Kurikulum SMAI Al-Hidayah [Personal communication].
Kusdiana, Y. (2022b). Wawancara dengan Kepala Sekolah mengenai Manajemen Kurikulum SMA Al-Hidayah Cukangkawung [Personal communication].
Masitoh, Setiasih, O., & Mariyana, R. (2015). Landasan Pengembangan Kurikulum. Universitas Pendidikan Indonesia. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEDAGOGIK/196007071986012-OCIH_SETIASIH/Hand_Ot_LANDASAN_PENGKUR_REVISI.pdf
Mubarok, A. H., Sopwandin, I., & Hidayat, A. (2021). Manajemen Pembiayaan Operasional Boarding School Putra Darul Hikam Dago Giri Bandungg. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 204–213. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2. 713
Mustofa, E. (2020). Peningkatan Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Pembiasaan Mencuci Tangan (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok A TK Al- Fidaa Kec. Tambun Selatan Kab. Bekasi, Tahun Ajaran 2015). Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.38153/alm.v3i1.29
Novanda, Y. (2018). Implementation Of Literacy School Movement At The Senior High School In Three Regencies Of Special Region Of Yogyakarta. Jurnal Pend. Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2).
Oman. (2022). Literasi SMA Al-Hidayah Cukangkawung [Personal communication].
Rukhayati, E., & Muflihin, A. (2019). Pengaruh Penerapan Kurikulum Khas Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SDIT Permata Bunda. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 39. https://doi.org/10.30659/jpai.2.2.39-46
Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2). https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619
Sarmadi. (2013). Manajemen Kurikulum [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/27442/2/03._BAB_I-TESIS_SARMADI.pdf
Setiyadi, B., Revyta, & Ayunda, F. (2020). Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum. KHAZANAH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Kependidikan, XIV(1).
Shobri, M. (2017). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Hasan Jufri. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 3(1).
Sopwandin, I. (2021). Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi (1st ed.). Gue Media Group.
Sopwandin, I. (2022). Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan (1st ed.). Deepublish. https://deepublishstore.com/shop/buku-dasar-dasar-3/
Sopwandin, I., & Irawati, D. (2020). Manajemen Partisipatif Dalam Pengembangan Budaya Religius Peserta Didik. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 67–74.
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663
Yusman, R. (2022a). Dokumen Kurikulum Tahun Ajaran 2022/2023. SMA Al-Hidayah Cukangkawung.
Yusman, R. (2022b). Hasil Studi Dokumentasi tentang Kurikulum Khas SMA Islam Al-Hidayah Cukangkawung. SMA Al-Hidayah Cukangkawung.DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v8i1.19210
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jmpi@uin-malang.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY: