URGENSI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Manajemen pendidikan diakui sebagai salah satu aspek terpenting dalam pendidikan dewasa ini. Hal demikian karena manajemen pendidikan telah menjadi aktivitas penopang mutu pendidikan, bahkan telah menjadi ciri dan indikasi dari mutu pendidikan itu sendiri. Sekalipun manajemen pendidikan, bukan unsur utama pendidikan, tetapi pendidikan bermutu seringkali diukur dari aktivitas manajemen pendidikan ini. Oleh karena itu, manajemen pendidikan yang baik perlu diupayakan sebagai ikhtiyar mengembangkan mutu pendidikan.
Keberadaan konsep dan praktik manajemen pendidikan dewasa ini dirasakan perlu ada sentuhan baru. Hal demikian karena manajemen pendidikan merupakan ilmu terapan manajemen dalam dunia pendidikan. Sebagai ilmu yang berkembang dari dunia bisnis, norma dan etika keilmuan manajemen tidak dapat dipisahkan dari motif-motif ekonomi, hubungan manusiawi, dan aspek-aspek organisasi. Padahal dirasakan ada hal-hal fundamental pendidikan yang tidak bisa sekedar dengan pendekatan bisnis. Bahkan sebagaimana lazim pada keilmuan barat, persoalan moral dan etika seringkali terlepas dari pengembangan ilmu manajemen itu sendiri.
Tulisan ini lebih menekankan pada upaya menemukan alternatif bagi wajah baru manajemen pendidikan dengan memberi sentuhan nilai dan etika islami untuk mengembangkan lembaga pendidikan IslamFull Text:
PDFReferences
Arismunandar, 2004., Peranan Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Makalah Disajikan dalam Seminar Internasional Manajemen Pendidikan Yang Efektif dalam Mencapai Keunggulan Mutu Pendidikan, ISMaPI, Jakarta, 29-31 Agustus 2004.
Chatib, Munif, 2013, Gurunya Manusia Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara, Bandung: Kaifa Learning, Cet. XI
Dikdasmen, 2001, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Dikdasmen
Furchan, Arief, 2004, Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia Anatomi Keberadaan Madrasah dan PTAI, Yogyakarta: Gama Media
Makmur, Prof, Dr., M.Si., 2008, Filsafat Administrasi, Jakarta: Bumi Aksara
Muhaimin, Prof., Dr., MA., 2003, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan, Bandung: Nuansa
Nawawi Hadari, 1997, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung, Cet. XIV.
Postman, N. & Weingartner, C., 1973, The School Book: For People Who Want to Know What All The Hollering is about., New York: Delacorte Press.
Rosnani Hashim, 2012, Educational Management from Islamic Perspective, dalam Proceeding International Annual Conference on Islamic Educational Management, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Satyagraha, Hadi, 2013, The Case Method: Mendidik Manajer Ala Harvard, Jakarta: Penerbit Erlangga
Silver, H., 1994., Good Schools, Effective Schools: Judgment and Their Histories, London: Cassell.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, 2011, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Tribus, Myron, Total Quality Management in Education, Exergy, inc. Harvard, CA.
Wayson, W.W.. Mitchell, B.M., Pinnel, G.S. & Landis, D., 1988., Up From Exellence: Impact of The Exellence Movement on Schools., Bloomington, Indiana: Phi Delta Kappa Educational Foundation.
DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v1i1.3371
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jmpi@uin-malang.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY: