Pengembangan Digital B-OK Bentuk Muka Bumi Malang Raya sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 216–231. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449
Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30.
Anisah, A., & Azizah, E. N. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN BUKU TEKS PELAJARAN DAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS (Eksperimen Kuasi Pada Kelas VII di SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon). Jurnal Logika, 18(3), 1–18.
Aprisiwi, R. C., & Sasongko, H. (2014). Keanekaragaman Sumber Makanan Umbi-Umbian di Pringombo , Gunung Kidul Yogyakarta Sebagai Sumber Belajar Biologi SMA Kelas X Materi Keanekaragaman Hayati. Jupemasi-Pbio, 1(1), 11–15.
Arga, H. S. P., Rahayu, G. D. S., Altaftazani, D. H., & Pratama, D. F. (2019). Sumber Belajar IPS Berbasis Lingkungan (pp. 1–66). UPI Sumedang Press.
Arief, S. (2013). PENGELOLAAN SAMPAH MALANG RAYA MENUJU PENGELOLAAN SAMPAH TERPADU YANG BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT. Jurnal Humanity, 8(2), 195–208.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.
Arikunto, S., & Jabar, C. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan Edisi Kedua. Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. JPPPF -Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3, 57–62.
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur (pp. 1–140). Penerbit Laksita Indonesia.
Dewi, K., Sumarmi, & Putra, A. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM dengan Pendekatan Eco-Spatial Behavior Materi Kependudukan Development of STEM-Based Digital Teaching Materials with an Eco- Spatial Behavior Approach for Population Materials. JPIPS : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 92–102. https://doi.org/10.15548/jpips.v7i2.11960
Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Fuada, S. (2018). Pengembangan Buku Ajar Ips-Sejarah Digital Smp. Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 37–48. https://doi.org/10.15408/jti.v10i1.6969
Hayani, S., & Santoso, A. B. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Outdoor Study Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Lingkungan Hidup Kelas XI-IPS di SMA Negeri Se-Kabupaten Pekalongan. Edu Geography, 3(8), 27–33.
Hendarwati, E. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN I Sribit Delanggu Pada Pelajaran IPS. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 59. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.47
Hendriyani, Y., Jalinus, N., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 2–5.
Herijanto, B. (2012). Pengembangan CD Interaktif Pembelajaran Ips Materi Bencana Alam. JESS (Journal of Educational Social Studies), 1(1). https://doi.org/10.15294/jess.v1i1.73
Ifrianti, S., & Emilia, Y. (2016). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Min 10 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3, 1–2.
Ikhsan, A., Sulaiman, & Ruslan. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Sd Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–11.
Jackson, J. (2016). Myths of Active Learning: Edgar Dale and the Cone of Experience. 20, 51–53.
Kemendikbud. (2018). Permendikbud No.37 Tahun 2018.
Kuncahyono, Suwandayani, B. I., & Muzakki, A. (2020). Aplikasi E-Test “That Quiz” sebagai Digitalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Indonesia Bangkok. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 153–166.
Oktavianto, D. A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Google Earth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemetaan Geologi. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(1), 14–27. https://doi.org/10.18860/jpips.v7i1.10353
Palupi, Y. A. R., & Suprayitno. (2019). Pemanfaatan Kawasan Wisata Pantai Prigi Kabupaten Trenggalek Sumber Belajar Berbasis Geo-Literacy di Sekolah Dasar. Jpgsd, 07(2), 2832–2844.
Piskurich, G. M. (2015). Rapid Instructinal Design: Learn ID fast and right. John Wiley & Son.
Rifandi, M. S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Terpadu Di Mts Negeri 1 Pasuruan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 4(2), 92. https://doi.org/10.18860/jpips.v4i2.7313
Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembaang., 2, 364–370.
Saputra, D. N., Jumadi, Kholil, A., Selegi, S. F., Murjainah, Agus, Setia, A., Sinaga, K., & Farisi, A. (2021). Landasan Pendidikan. Penerbit Media Sains Indonesia.
Sarumaha, Y. A. (2016). Perubahan pembelajaran yang berpusat pada guru ke berpusat pada siswa. Intersections Journal, 1(1), 1–10.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suprayitno, T. (2011). Pedoman Pembuatan Alat Peraga Fisika untuk SMA. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Tay, H. L., & Low, S. W. K. (2017). Digitalization of learning resources in a HEI – a lean management perspective. International Journal of Productivity and Performance Management, 66(5), 680–694. https://doi.org/10.1108/IJPPM-09-2016-0193
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Ika, 11(1), 12–26.
Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran Ips. Satya Widya, 33(1), 29. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36
Yanti, N., & Ampera, D. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK (BUKU DIGITAL) PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT. Jurnal Pesona, 2(1), 19–27.
Yasri, H. L., & Sari, U. A. (2019). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah. JPIPS : JURNAL PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, 5(2), 133–141.
Yusnimar. (2014). E-Book dan Pengguna Perpustakaan Perguruan Tinggi di Jakarta. Al Maktabah, 13(1), 34–39.
DOI: https://doi.org/10.18860/jpips.v8i1.13334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ardhina Nadhianty, Agus Purnomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jpips@uin-malang.ac.id
J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
...............................................................................................................................................................
Indexed by: