Video Blogging Technology : Pengembangan Media Pembelajaran Urban Farming dengan Contextual Approach

Alfyananda Kurnia Putra, Widyana Pramesti, Budi Handoyo

Abstract


Perkembangan teknologi yang pesat memberikan kesempatan untuk melibatkan teknologi dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Integrasi antara teknologi dan pembelajaran dapat diimplementasikan melalui penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Salah satu kendala pembelajaran geografi adalah sulitnya penyampaian materi ketahanan pangan nasional secara kontekstual, sehingga membutuhkan adanya visualisasi materi nyata yang dikaji berdasarkan kondisi suatu wilayah melalui media VLOG. Pengembangan VLOG diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempelajari kondisi ketahanan pangan di lingkungan sekitar melalui media yang adaptif terhadap perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan VLOG ketahanan pangan berbasis urban farming dengan pendekatan kontekstual yang layak. Metode pada penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Uji validasi ahli menyatakan bahwa media VLOG layak dilanjutkan pada tahap uji coba kelayakan dengan syarat melakukan revisi kecil. Adapun tahap uji coba kelayakan media yang dilakukan oleh guru dan siswa SMAN 1 Geger Madiun menghasilkan nilai kelayakan sebesar 91,7% dan 86,2% yang menunjukkan bahwa media VLOG termasuk kriteria sangat layak dan dapat digunakan pada pembelajaran geografi tanpa revisi

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–58.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Authar, N., & Muflihah, T. (2020). Students’ vlog: Speaking application. Journal of Physics: Conference Series, 1516(1).

Baskoro, B., Soelistijo, D., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan Multimedia Articulate Storyline sebagai Media Pembelajaran Struktur Keruangan dan Interaksi Desa Kota. Jurnal Integrasi Dan Harmoni …, 1(9), 980–987.

BPS Kab. Madiun. (2022). Kabupaten Madiun dalam Angka 2022.

Chaireni, R., Agustanto, D., Wahyu, R. A., & Nainggolan, P. (2020). Ketahanan Pangan Berkelanjutan. Jurnal Kependudukan Dan Pembangunan Lingkungan, 1(2), 70–79.

Damayanti, Y. (2012). Kontribusi Perikanan Tangkap Terhadap Penyediaan Pangan Ikan dalam Mendukung Ketahanan Pangan di Provinsi Jambi. Buletin PSP, 20(1), 81–87.

Dewi, G. P., & Ginting, A. M. (2012). Antisipasi Krisis Pangan Melalui Kebijakan Diversifikasi Pangan. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 3(1).

Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur. (2021). Statistik Produksi Ternak di Kabupaten Madiun Tahun 2017 - 2021. [Online] Diambil dari : http://disnak.jatimprov.go.id/web/data/datastatistik/statistikproduksi

Fahmi, F., Khaerunnisa, E., Atikah, C., & Hilaliyah, T. (2018). Desain Literasi Ketahanan Pangan Melalui Inovasi Pembelajaran Kebutuhan Belajar Siswa Pendikan Sekolah Dasar Kelas Awal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 55.

Fauzi, A. R., Ichniarsyah, A. N., & Agustin, H. (2016). Pertanian Perkotaan : Urgensi, Peranan, dan Praktik Terbaik. Jurnal Agroteknologi, 10(01).

Fauzin, F. (2021). Pengaturan Impor Pangan Negara Indonesia Yang Berbasis Pada Kedaulatan Pangan. Pamator Journal, 14(1), 1–9.

Hapsari, N. I., & Rudiarto, I. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kerawanan dan Ketahanan Pangan dan Implikasi Kebijakannya di Kabupaten Rembang. Jurnal Wilayah Dan Lingkungan, 5(2), 125.

Ilvira, R. F., Ginting, L. N., & Hasibuan, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Konsep Urban Farming Pada Siswa SMA Negeri 1 Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 156–164.

Iswoyo, H., Mantja, K., Widayani, N., & Dermawan, R. (2018). Pemberdayaan Sekolah Dalam Kegiatan Urban Farming Dalam Rangka Mendukung Kemandirian Pangan. Jurnal Dinamika Pengabdian, 4(1), 103–112.

Lancker, K., Fricke, L., & Schmidt, J. O. (2019). Assessing the contribution of artisanal fisheries to food security: A bio-economic modeling approach. Food Policy, 87(August), 101740.

Mulawarman, A., Paddiyatu, N., B, S., & Haupea, R. A. (2020). Daya Dukung Ketersediaan Air dan Pangan di Kecamatan Sukamaju. Jurnal Linears, 2(2), 92–99.

Mulyaningsih, A., & Astuti, A. (2022). Strategi Pemberdayaan Petani Dalam Mendukung Diversifikasi Pangan Lokal Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Agribisnis Terpadu, 15(1), 26.

Munashiroh, A. F., & Santoso, E. B. (2021). Pengembangan Sektor Unggulan Komoditas Kopi di Kabupaten Malang dengan Konsep Agribisnis. Jurnal Teknik ITS, 9(2).

Pharmawati, M., Wirasiti, N. N., Wahyuni, I. G. A. S., & Kawuri, R. (2017). Pelatihan hidroponik di SMAN 1 Denpasar, Bali. Buletin Udayana Mengabdi, 16(2), 82–86.

Putra, A. K., Islam, M. N., & Prasetyo, E. B. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Mobilitas Penduduk dan Ketenagakerjaan Berbasis STEM. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 149–159.

Putra, A. K., Purwanto, Islam, M. N., Hidayat, W. N., & Fahmi, M. R. (2022). Development of Mobile Virtual Field Trips in Ijen Crater Geosites Based on 3600 Auto Stereoscopic and Geospatial Technology As Geography Learning Media. Geojournal of Tourism and Geosites, 41(2), 456–463.

Putra, A. K., Sumarmi, A. S., Fajrilia, A., Islam, M. N., & Yembuu, B. (2021). Effect of Mobile-Augmented Reality (MAR) in Digital Encyclopedia on The Complex Problem Solving and Attitudes of Undergraduate Student. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(7), 119–134.

Rachmat, M. (2014). Tantangan Dan Strategi Percepatan Pencapaian Ketahanan Pangan Yang Mandiri Dan Berdaulat. Memperkuat Swasembada Pangan, 311–326.

Rahayuningsih, Y. (2020). Strategi Pengembangan Porang (Amorphophalus Muelleri) Di Provinsi Banten. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 4(2), 77–92.

Ramadhan, A., Prawita, K., Izzudin, M. A., & Amandha, G. (2021). Analisis strategi dan klasterisasi ketahanan pangan nasional dalam menghadapi pandemi covid-19. Teknologi Pangan : Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 12(1), 110–122.

Rosita, G., Prawesti, L. N., Fadlilah, U., & Nugrahini, Y. L. R. E. (2020). Pengembangan Potensi Ayam Lokal untuk Menunjang Ketahanan Pangan Di Era New Normal Covid-19. Paper presented at the Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNS, 4(1), 452–460.

Sitanggang, J. T. N., & Sembiring, S. A. (2013). Pengembangan Potensi Kopi Sebagai Komoditas Unggulan Kawasan Agropolitan Kabupaten Dairi. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 1(6), 33–48.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sulistiyo, R. H., Soetopo, L., & Damanhuri. (2015). Eksplorasi dan Identifikasi Karakter Morfologi Porang (Amorphophallus Muelleri B.) di Jawa Timur. Jurnal Produksi Tanaman, 3(5), 353–361.

Suryana, A. (2014). Menuju Ketahanan Pangan Indonesia Berkelanjutan 2025: Tantangan dan Penanganannya. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 32(2), 123.

Susanti, E., & Halimah, M. (2018). Desain Video Pembelajaran Yang Efektif Pada Pendidikan Jarak Jauh : Studi Di Universitas Terbuka Effective Learning Video Design in Distance Education : Study At an Open University. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 167–185.

Syofniati, S. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Geografi (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas Xi Ips 4 Sma Negeri 4 Pekanbaru). JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 6(1), 12–20.

Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121–130.

Utami, P., & Budiningsih, S. (2015). Potensi dan Ketersediaan Bahan Pangan Lokal Sumber Karbohidrat Non Beras di Kabupaten Banyumas. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 12(2).

Wibowo, H., Syamsurizal, & Yelianti, U. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI IPA SMA Xaverius I Jambi Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Edu-Sains, 1(2).

Wihartanti, L. V., Styaningrum, F., & Noegraha, G. C. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Produk Kopi Kare Dan Wisata Alam Berbasis Ekowisata Di Desa Kare Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 57.

Yana, Y., Handoyo, B., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan buku ajar digital Geografi SMA berplatform aplikasi 3D Page Flip dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) materi keragaman budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Geografi, 26(2), 92–98.




DOI: https://doi.org/10.18860/jpips.v9i2.18419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Widyana Pramesti, Budi Handoyo, Alfyananda Kurnia Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial)
Mailing Address
Social Studies Department
Faculty Tarbiyah and Teacher Training
Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jpips@uin-malang.ac.id
 


Creative Commons License

J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

...............................................................................................................................................................

Indexed by:

Image result for garuda index