Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Materi Keragaman Budaya Kelas IV Sekolah Dasar

Panni Resnawati, Muh. Husen Arifin, Hendriyana Hendriyana

Abstract


Penelitian ini mengenai desain dan pengembangan media pembelajaran augmented reality untuk mengenalkan keragaman budaya Indonesia khususnya rumah adat dan rumah ibadah. Penelitian ini didasarkan pada kurangnya variasi pendidik dalam mengenalkan keragaman budaya dan kondisi peserta didik yang terbiasa menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran augmented reality pada materi keragaman budaya kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model penelitian Design and Development (D&D), dengan prosedur penelitian Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Validasi media pembelajaran augmented reality ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Uji coba media pembelajaran augmented reality ini dilakukan oleh pendidik dan peserta didik kelas 4 SDIT Al-Fitrah untuk mengetahui respon pengguna. Hasil penilaian dari sudut pandang para ahli mendapatkan nilai dengan kategori “Sangat Baik”, serta penilaian dari sudut pengguna juga mendapatkan nilai dengan kategori”Sangat Baik”. Berdasarkan hal tersebut, media pembelajaran augmented reality keragaman budaya sangat layak digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Augmented Reality; Keragaman Budaya; ADDIE.

Full Text:

PDF

References


Abidin, R. A., & Lestari, P. (2020). Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android untuk Media Pembelajaran Mengenal Rumah Adat Sulawesi Selatan. Jurnal Buletin Sistem Informasi Dan Teknologi Islam, 1(1), 43–50. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.33096/busiti.v1i1.674.

Arifin, M. H. (2020). Efektivitas Peranan Budaya Lokal Dan Penguatan Karakter Sebagai Media Pendidikan Resolusi Konflik Pada Mata Kuliah Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(1), 32. DOI: https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i1.27045.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Branch, M. R. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.

Efendi, M. Y., Lutfi, I., Utami, I. W. P., & Jati, S. S. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Augmented Reality Card (Arc) Candi–Candi Masa Singhasari Berbasis Unity3D pada Pokok Materi Peninggalan Kerajaan Singhasari untuk Peserta Didik Kelas X KPR1 SMK Negeri 11 Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 176–187. DOI: https://doi.org/10.17977/um033v1i22018p176.

Elvina, I., Markamah, S. E., & Hadiyah. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Peninggalan Sejarah melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Word Square pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 6(7), 49–54.

Hamdani, R., & Sondang Sumbawati, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Kuliah Sistem Digital di Jurusan Teknik Informatika UNESA. Jurnal IT-EDU, 04(52), 153–161. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/31700

Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Inayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15–27. DOI: https://doi.org/10.55868/jeid.v2i1.97.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–37. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042.

Johan, V. A., & Syarif, A. C. (2015). Penerapan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Budaya Rumah Adat Sulawesi Selatan. Jurnal Tematika, 3(1), 15–21.

Kurniawan, Y. I., & Kusuma, A. F. S. (2021). Aplikasi Augmented Reality untuk Pembelajaran Salat bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(1), 7. DOI: https://doi.org/10.25126/jtiik.2020712182.

Resnyansky, D., & Ibili, E. (2018). The Potential of Augmented Reality for Computer Science Education. Conference: 2018 IEEE International Conference on Teaching, Assessment, and Learning for Engineering (TALE). DOI: https://doi.org/10.1109/TALE.2018.8615331.

Richey, C. R., & Klein, D. J. (2007). Design and Development Research: Methods, Strategies, and Issues. BJ: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Ridwan. (2015). Problematika Keragaman Kebudayaan dan Alternatif Pemecahan (Perspektif Sosiologi). Jurnal Madaniyah, 5(2), 254–270.

Setyawan, B., Rufi’i, & Fatirul, N. A. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(01), 78–90. DOI: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286.DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892.

Suratno. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Peninggalan Sejarah Hindu di Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial di Kelas V SDN 2 Buga Kabupaten Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 12–24.




DOI: https://doi.org/10.18860/jpips.v10i1.22541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Panni Resnawati, Muh. Husen Arifin, Hendriyana Hendriyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial)
Mailing Address
Social Studies Department
Faculty Tarbiyah and Teacher Training
Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jpips@uin-malang.ac.id
 


Creative Commons License

J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

...............................................................................................................................................................

Indexed by:

Image result for garuda index