Pengembangan Aplikasi Si Calang (Situs Candi di Malang) Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran IPS Kelas VII SMP

Mia Ningsih

Abstract


Abstrak: Pada era digital ini pengenalan situs-situs sejarah seperti candi sudah mulai berinteraksi dengan teknologi salah satunya adalah yang berbasis virtual reality. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi Si Calang (Situs Candi di Malang) berbasis virtual reality sebagai media pembelajaran IPS kelas VII pada jenjang SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan persentase skor total dari validator materi satu sebesar 94,2% dan dari validator materi dua sebesar 90,3%, serta dari validator media satu dan dua mendapatkan total persentase skor yang sama yaitu 95,4%. Sedangkan hasil uji coba terhadap calon pengguna  atu peserta didik kelas VII memperoleh rata-rata skor persentase sebesar 85,3%. Berdasarkan hasil tersebut, aplikasi Si Calang sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS kelas VII pada jenjang SMP/MTs. Rekomendasi tindak lanjut dari penelitian dan pengembangan ini yaitu dengan melakukan kegiatan penelitian eksperimen di kelas yang bertujuan untuk menguji efektivitas dari penggunaan produk pada peserta didik.

Kata Kunci: media pembelajaran, virtual reality, Si Calang.

Abstract: In this digital era, the introduction of historical sites such as temples has begun to interact with technology, one of which is based on virtual reality. Therefore, the aim of this study is to develop Si Calang (Situs Candi di Malang) application which is based on virtual reality as a learning media for VII grade social science class at the level of SMP/MTs. This study used the R&D research method with the ADDIE development model. The results of this research and development show that the percentage of the total score from the material validator one is 94.2% and from the material validator two is 90.3%, and from the media validators one and two get the same total percentage score, which is 95.4%. While the results of the trials on prospective users of VII grade students obtained an average percentage score of 85.3%. Based on these results, Si Calang learning media is very suitable to be used as social science learning media for VII grade of social science class at the level of SMP/MTs. The follow-up recommendation from this research and development is by conducting experimental research activities in class which aim to test the effectiveness of using the product on students.

Keywords: learning media, virtual reality, Si Calang.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anita Azmi, R., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jipp, 4(2), 303–314. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/25840

Anshary, M. A. K., Ramdani, C. M. S., Dewi, E. N. F., Rachman, A. N., & Syahriszani, R. (2023). Penerapan Teknologi Point Tracking Pada Aplikasi Virtual Tour Panorama 360 Derajat Untuk Pengenalan Kampus Universitas Siliwangi. Journal of Computing Engineering, System and Science, 8(January), 12–21. www.jurnal.unimed.ac.id

Ariatama, S., Adha, M. M., Rohman, Hartino, A. T., & Ulpa. (2021). Using virtual reality (VR) Technology As An Efforts To Escalate Interest In Online Learning During Pandemic. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional, 3(1), 1–10.

Arifin, A. A., & Adi, K. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPS ASIAPP (Asean Interaction App) pada Materi Interaksi Antarnegara-Negara ASEAN SMP Kelas VIII. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(3), 951. https://doi.org/10.35931/aq.v16i3.982

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Cooper, G., Park, H., Nasr, Z., Thong, L. P., & Johnson, R. (2019). Using virtual reality in the classroom: preservice teachers’ perceptions of its use as a teaching and learning tool. Educational Media International, 56(1), 1–13. https://doi.org/10.1080/09523987.2019.1583461

Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan virtual reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91–99. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p091

Dewi, R. K. (2020). Pemanafaatan Media 3 Dimensi Berbasis virtual reality Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan, 21(1), 28–37. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.732.2020

Dwiyanti, S., & Tarbiyah, F. (2022). Pemilihan, Pemanfaatan dan Pengguna Media dalam Proses Pembelajaran Linda. 2(2), 570–577.

Ekwandari, Y. S., Perdana, Y., & Lestari, N. I. (2020). Integrasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA YP UNILA. 9(1), 15–31.

Fauziah, I. N. N., Saputri, S. A., & Rustini, T. (2023). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Honoli Journal of Primary Teacher Education, 6(1). https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/honoli/article/view/5756%0Ahttps://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/honoli/article/download/5756/4046

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49–63. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.75

Haryoko, S., Jaya, H., & Ahmar, A. S. (2017). Inovasi Pembelajaran dengan Pendekatan Virtual (Pertama). Fakultas MIPA Universitas Negeri Makasar.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Huda, M., Ronaldo, A. R., Hasanah, L. U., & Tholib, A. (2020). Pengenalan Candi Virtual Nusantara dalam Kolaborasi Kearifan Lokal Indonesia dan Era Digital Berbasis Virtual Reality. 14. https://all3dp.com/2/fused-deposition-modeling-fdm-3d-printing-simply-explained/

Istyadji, M., Yulinda, R., Amalina, D., & Fahmi. (2022). Validity and Practicality of Articulate Storyline Learning Media on Environmental Pollution Materials for Junior High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 2599–2604. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.1639

Kandia, I. W., Suarningsih, N. M., Suwarma, D. M., Pancasila, P., Keguruan, I., Saraswati, P., Bahasa, P., & Dwijendra, U. (2023). The Strategic Role of Learning Media in Optimizing Student Learning Outcomes. Journal of Education Research, 6(1), 508–514.

Kemdikbud. (2018). Permendikbud nomor NOMOR 37 TAHUN 2018 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH. JDIH Kemendikbud, 2025, 1–527.

Kemendikbud. (2021). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. In Kemendikbud. https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-laporan-survei-nasional-tik-di-sektor-pendidikan-tahun-2021/.

Mahendra, A. D. K., Wedi, A., & Husna, A. (2022). Pengembangan Desktop virtual reality Arsitektur Dan Seni Bangunan Peninggalan Hindu-Buddha Di Indonesia. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(4), 412. https://doi.org/10.17977/um038v5i42022p412

Mukasheva, M., Kornilov, I., Beisembayev, G., Soroko, N., Sarsimbayeva, S., & Omirzakova, A. (2023). Contextual structure as an approach to the study of virtual reality learning environment. Cogent Education, 10(1), 2165788. https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2165788

Muslih, M. (2020). Aplikasi Mengenal Candi Pada Pelajaran Sejarah Untuk Sekolah Dasar Kelas Iv Dengan virtual reality. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 204–214. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3941

Musril, H. A., Jasmienti, J., & Hurrahman, M. (2020). Implementasi Teknologi virtual reality Pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 9(1), 83. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23215

Nadhianty, A., & Purnomo, A. (2021). Pengembangan Digital B-OK Bentuk Muka Bumi Malang Raya sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VII. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(1), 43–60. https://doi.org/10.18860/jpips.v8i1.13334

Nisa, A., & Dwiningsih, K. (2021). Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Visualisasi Geometri Molekul Berbasis Mobile virtual reality (MVR). PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 135–142. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.135-142

Permana, P. T. H., & Astawa, N. L. P. N. S. P. (2020). Artificial Intelligence dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 687–692. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Pusdatin. (2021). Kebudayaan 2021-2021. In Kemendikbud. http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_CC4179A6-B4FF-4E0C-809B-5CADD9132AB5_.pdf

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. 7(1), 603–611.

Rahmawati, R. (2020). Modifikasi Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Penguasaan Simple English Vocabulary.

Ramadanti, A., Sejarah, P., & Jambi, U. (2023). Pemanfaatan Museum Perjuangan Rakyat Jambi sebagai Sumber Belajar Bagi Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Jambi. 2(1), 21–32.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924

Redyantanu, B. P., & Damayanti, R. (2021). Studi Sensasi Ruang pada Media Tur Virtual Museum Pendidikan Surabaya. MODUL, 21(202x), 2. https://doi.org/10.14710/mdl.21.2.2021.111-119

Rosyidah, N., Hidayat, J. N., & Azizah, L. F. (2019). Uji Kelayakan Media Uriscrap (Uri Scrapbook) Menggunakan Model Pengembangan 4D. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.43

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109

Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Kontruktivisme Dalam Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(2), 6.

Sefriani, R., Radyuli, P., & Sepriana, R. (2021). Design and Development Based Learning Media Application Using Mobile App Inventor. International Journal of Educational Development and Innovation, 1(1), 2797–7528.

Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Model ADDIE untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D Pageflip. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119.

Sugiani, K. A., & Windayani, N. L. I. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Ict (Information Communication Technologi) Untuk Tutor Di Taman Pintar Yayasan Project Jyoti Bali. Caraka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 189–194. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/caraka/article/view/1931/1495%0Ahttps://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/caraka/article/view/1931

Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459–470. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1534

Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis virtual reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 578–581. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1662

Triatmaja, A. K., Muchlas, M., & Wardana, Y. (2021). Virtual Laboratorium Teknik Digital Berbasis Mobile virtual reality. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.38705

Tsaaqib, A., Buchori, A., & Endahwuri, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran virtual reality (Vr) Pada Materi Trigonometri Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma. JIPMat, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i1.9950

Utari, S. D., Agustin, M. L., Dzikri, A. M., & Ayundasari, L. (2021). Perancangan Aplikasi virtual reality Cagar Budaya untuk Pembelajaran Sejarah Lokal. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 4(2), 103–114. https://doi.org/10.17509/historia.v4i2.25740

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602

Zulherman*, Z., Amirulloh, G., Purnomo, A., Aji, G. B., & Supriansyah, S. (2021). Development of Android-Based Millealab virtual reality Media in Natural Science Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18218




DOI: https://doi.org/10.18860/jpips.v10i2.23061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial)
Mailing Address
Social Studies Department
Faculty Tarbiyah and Teacher Training
Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jpips@uin-malang.ac.id
 


Creative Commons License

J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

...............................................................................................................................................................

Indexed by:

Image result for garuda index