Penerapan Model Flipped Classroom Dengan Ragam Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Tipe Think Pair Share
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abeysekera, L., & Dawson, P. (2015). Motivation and cognitive load in the flipped classroom: definition, rationale and a call for research. Higher Education Research & Development, 34(1), 1–14. https://doi.org/10.1080/07294360.2014.934336
Abror, S., & ’Azah, N. (2023). Pengaruh Model Blended Learning Tipe Flipped Classroom Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37329/cetta.v6i1.2187
Aqodiah, & Astini, B. I. (2020). Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Mi An-Najah Sesela. IBTIDA’IY: Jurnal Prodi PGMI, 5(1), 41–50. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i1.2628
AR, H. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Ta’dib2, 17(1), 1–21. https://doi.org/https://doi.org/10.37216/tadib.v17i1.198
Astuti, E. I. F. (2018). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS Di MAN 1 Malang. JPIPS : JURNAL PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, 5(1), 64–77. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/jpips.v5i1.7332
Dewi, S., & Harahap, M. S. (2019). Efetivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadapkemampuanpenalaran Matematis Siswa. Mathematic Education Journal)MathEdu, 2(3). http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Elihami, E., Suparman, Busa, Y., & Saharuddin, A. (2018). Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Dalam Dunia IPTEK. Prosiding Seminar Nasional: Buku 1, 70–77. http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/1205
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Hidayatillah, Y., Jamilah, Fitriyah Indraswari, N., Fadlilatin Azizah, L., Suhartatik, Armadi, A., Ike, Y. M. D., Aini, K., Anis, T. Y., & Mafruhah. (2021). Metode Pembelajaran Guru Dan Dosen Kreatif (A. H. Prasetyo, Ed.; 1st ed., Vol. 1, pp. 1–222). CV. Global Aksara Pres. https://repository.stkippgrisumenep.ac.id/833/1/Metode%20Pembelajaran%20-%20Revisi%20-%20Fiks.pdf
Huda. (2012). Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktural dan Model Penerapan.
Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–46. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.641
Li, Q., Li, Z., & Han, J. (2021). A hybrid learning pedagogy for surmounting the challenges of the COVID-19 pandemic in the performing arts education. Education and Information Technologies, 26(6), 7635–7655. https://doi.org/10.1007/S10639-021-10612-1/TABLES/6
Meilantari, N. L. G. (2021). Penerapan Flipped Classroom Pada Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Di Kelas Xii Smk Saraswati 3 Denpasar SMK Saraswati 3 Denpasar. JPBJ, 7(1), 80–89. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpbj.v7i1.31100
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis : a methods sourcebook. SAGE Publications. https://www.google.co.id/books/edition/Qualitative_Data_Analysis/fjh2DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
Mutia, T., Agustina, S., & Akhmad, R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Geografi. Geodika, 4(2), 210–219. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2869
Purnaminingsih, W., & Setiawati, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Paire Share di SMPN 2 Saptosari Gunungkidul. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 397–402. https://doi.org/10.30595/PSSH.V3I.409
Rosita, I., & Leonard. (2013). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Formatif, 3(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i1.108
R.P, K. A., U, A. T., & Rahmawati, S. (2021). Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa V Tahun 2021 HMJ Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa V Tahun 2021, 607–618. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/839
Slavin, E. (2005). Cooperative learning : teori, riset dan praktik (Narulita Yusron, Zubaedi) (Zubaedi, Ed.; 15th ed.). Nusamedia.
Solihatin, E., Rahardjo, & Yustianti, F. (2007). Cooperative learning : analisis model pembelajaran IPS. Bumi Aksara.
Sukmawati, A., Khamalia, N. A. N., & Zuhroh, N. E. (2023). Efektivitas Metode Jigsaw pada Peserta Didik Abad 21. TSAQOFAH, 3(4), 568–576. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i4.1221
Sutikno, M. S. (2019). Metode & Model-Model Pembelajaran “Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan” (P. Hadisaputra, Ed.). http://repository.uinmataram.ac.id/289/4/Text.pdf
Tembang, Y., Purwanty, R., & Hermansyah, A. K. (2020). Implementasi model think pair share berbantuan media Kahoot It meningkatkan keaktifan berdisikusi mahasiswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 22. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5368
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Media Grup.
Utami, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Yeshaswini, B. N., Manasa, H. B., & Kruthi, V. P. (2020). Closure of Educational Institutions due to Covid-19: Study on Higher Education Students. M. S. Ramaiah Management, 11(02), 28–35. https://doi.org/10.52184/MSRMR.V11I02.31
DOI: https://doi.org/10.18860/jpips.v10i1.23711
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Mega Prani Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jpips@uin-malang.ac.id
J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
...............................................................................................................................................................
Indexed by: