Pemanfaatan Potensi Lokal Kawasan Karst dan Pesisir Sebagai Laboratorium Outdoor Pembelajaran IPS

Nasobi Niki Suma

Abstract


Permasalahan pembelajaran IPS di sekolah sangat komplek. Permasalahan ini kaitannya dengan sudut pandang siswa, guru dan dukungan sarana prasarana di sekolah. Siswa sering mengeluh jenuh saat pembelajaran IPS. Sementara itu guru dalam penyampaian materi IPS lebih banyak menggunakan metode ceramah dan kurang kontekstual dengan kondisi riil di lingkungan sekitar. Sarana prasarana sekolah yang minim dan sulit menghadirkan kondisi riil materi-materi IPS yang sifatnya abstrak ke sekolah, semakin membuat kondisi pembelajaran IPS tidak diminati siswa. Tujuan penelitian ini ialah (1) mengidentifikasi potensi lokal kawasan sebagai laboratorium outdoor pembelajaran IPS, dan (2) menganalisis langkah-langkah pembelajaran laboratorium outdoor berbasis kawasan lokal dan kesesuainya dengan materi IPS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif di lokasi karst dan pesisir Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 titik lokasi di Kecamatan Puger Kabupaten Jember yang cocok untuk digunakan sebagai laboratorium outdoor yang dapat menjadi rekomendasi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran IPS. Rekomendasi langkah-langkah pembelajaran di laboratorium outdoor untuk pembelajaran IPS meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi.

Keywords


Kawasan Karst dan Pesisir, Pembelajaran Luar Kelas, Laboratorium IPS

Full Text:

PDF

References


Alodia, Illona. 2021. Tujuan Mata Pelajaran IPS di SMP dan MTs. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Bashith, Abdul, Saiful Amin, dan Ramadhani Lausi Mkumbachi. 2022. Development of a Field Laboratory to Social Science Education Pre-Service Teacher. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) 8(2):146–61. doi: 10.18860/jpips.v8i2.15735.

Costa, Tània. 2015. Learning through Experience and Teaching Strategies Outside the Classroom at Design University Studies. Procedia - Social and Behavioral Sciences 196:35–40. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.07.007.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djunaidy, Mahbub. 2007. 26 Ribu Anak Jember Terancam Putus Sekolah. Tempo. Diambil 2 September 2022 (https://nasional.tempo.co/read/102636/26-ribu-anak-jember-terancam-putus-sekolah).

Kurniawan, B., S. M. Towaf, Sukamto, A. Purnomo, dan Idris. 2021. Outdoor learning based on natural laboratory as social studies learning resources for strengthening student’s insights and characters dalam Community Empowerment through Research, Innovation and Open Access. Routledge.

Matthew B. Miles and Huberman. 1994. Qaulitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. London: Sage Publication.

Miftakhuddin, dan Anwar Senen. 2021. Dilema Putus Sekolah Bagi Anak-Anak Masyarakat Tradisional Di Jember, Jawa Timur. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Musliha. 2022. Wawancara Kesulitan Belajar IPS Siswa SMP di Kabupaten Jember. Wawancara pada Tanggal 16 Desember 2022.

Musyarofah, Abdurrahman Ahmad, dan Nasobi Niki Suma. 2021. Konsep Dasar IPS. Sleman: Kemojoyo Press.

Nurmaria. 2017. Gerakan Sosial Politik Masyarakat Blambangan Terhadap Kompeni Di Blambangan Tahun. Jurnal Patanjala 9(2):407–22.

Prasetya, Sukma Perdana, Sarmini, Ita Mardiani Zain, Artono, FX Sri Sadewo, dan Hanifah Mahat. 2021. Identification of ‘Karst Geopark’ Singgahan District, Tuban as Outdoor Learning Laboratory of Social Sciences. Hlm. 232–37 dalam. Atlantis Press.

Prasetya, Sukma Perdana, Nuansa Bayu Segara, dan Ali Imron. 2020. Effectiveness Of Outdoor Learning Optimization Program In Learning Social Studies. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 9(2):314. doi: 10.23887/jpi-undiksha.v9i2.19160.

Ratnawati, Etty. 2016. Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Republik Indonesia. 2018. Permendikbud No. 37. Jakarta: Republik Indonesia

Suma, Nasobi Niki, Achmad Tedy Hariyanto, Achmad Farichin Zuber, Esti Yulia W, Khoirotusaniyah Khoirotusaniyah, Nila Rohmatul Ula, dan Syela Faizah. 2022. Geospatial Celebration of Sidomulyo Village: A Spatial Analysis of Tourist Village Development. Heritage 3(2):191–206. doi: 10.35719/hrtg.v3i2.99.

Utami, Wiwik Sri, Bambang Sigit Widodo, Nugroho Hari Purnomo, Ita Mardiani Zain, Agus Sutedjo, Dr Hendri Prastiyono, dan Dr Ravinesh Rohit Prasad. 2023. Teacher’s Perception of Environment Project-Based Collaborative Learning as Strengthening Implementation Curriculum of Merdeka. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) 9(2):100–114. doi: 10.18860/jpips.v9i2.20490.

Webster, Murray, dan Jane Sell, ed. 2007. Laboratory experiments in the social sciences. Amsterdam ; Boston: Academic Press/Elsevier.

Webster, Murray, dan Jane Sell, ed. 2014. Laboratory experiments in the social sciences (Second Edition). Second edition. London, UK: Elsevier/Academic Press.

Wolff, M., dan R. Litchfield. 2017. Learning Outside the Classroom: Evaluation of Strategies to Influence Student Cultural Competence and Social Justice Attitudes. Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics 117(9):A28. doi: 10.1016/j.jand.2017.06.260.




DOI: https://doi.org/10.18860/jpips.v10i1.23840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial)
Mailing Address
Social Studies Department
Faculty Tarbiyah and Teacher Training
Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jpips@uin-malang.ac.id
 


Creative Commons License

J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

...............................................................................................................................................................

Indexed by:

Image result for garuda index