Kediri Earthspace: Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Bentuk Permukaan Bumi Berbasis Spatial Thinking
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad ke-21 mendorong transformasi dalam dunia pendidikan. Keterbatasan dalam penerapan bahan ajar yang mendukung tujuan pembelajaran dan sesuai dengan kebutuhan siswa menjadi tantangan dalam penerapan keterampilan abad ke-21. Dibutuhkan bahan ajar pendamping pada pembelajaran geografi yang bersifat kontekstual, spasial yang mengintegrasikan konteks lokal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar pendamping dalam pembelajaran geografi yaitu Kediri Earthspace dan untuk mengetahui kelayakan serta respon pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, design, development, implementation, and evaluation). Uji coba dilakukan kepada 33 siswa kelas X-12 dan satu orang guru geografi di SMA Negeri 2 Pare. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 86,67%, dan ahli bahan ajar menunjukkan persentase 93,75%. Persentase keduanya menunjukkan kategori Sangat Layak. Sedangkan, respon siswa menunjukkan persentase 85,03% dan respon guru sebesar 93,52%. Maka, dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar Kediri Earthspace memenuhi kategori sangat layak dan dapat diterapkan dalam pembelajaran geografi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, 2(1), 62–65. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Amaluddin, L. O., Rahmat, Surdin, Ramadhan, M. I., Hidayat, D. N., Sejati, A. E., … Fayanto, S. (2019). The effectiveness of outdoor learning in improving spatial intelligence. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 717–730. https://doi.org/10.17478/jegys.613987
Ashari, M. K., Rohmah, A. N., Yudi, U., Learning, J., Interaktif, K., & Aplikasi, B. (2023). Joyful Learning With App-Based Interactive Quizzes in Senior. Jurnal CENDEKIA : Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam, 15(02), 210–228. https://doi.org/https://doi.org/10.37850/cendekia.
Astuti, A. Y., Yudha Irawan, L., Rahmawati Ayuningtyas, A., & Zakariyah, M. (2024). Analisis User Experience terhadap Geo-Vulcan Metaverse sebagai Ruang Kelas Virtual Berbasis Spatial.io. COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(6), 1645–1653. https://doi.org/10.59141/comserva.v4i6.2230
Aulia, H., Kantun, S., & Kurnianto, F. A. (2023). Integrasi Keterampilan Abad 21 dan Keterampilan Berpikir Spasial pada Buku Teks Geografi. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 10(1), 129–141. https://doi.org/10.20527/jpg.v10i1.14528
Azahra, I. A., Karimah, I. S., & Racmadhany, A. (2024). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar pada Mata Kuliah Français de l’Hôtellerie et de la Restauration. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 216–223. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.916
Bachri, S., Sumarmi, Irawan, L. Y., Utaya, S., Wirawan, R., Nurdiansyah, F. D., … Setia, D. (2022). FOSS (Free Open Source Software) Integration to Implement WebGIS-Based Information System of Kelud Volcano. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1066(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/1066/1/012010
Baharuddin, R. A., Rosyida, F., Irawan, L. Y., & Utomo, D. H. (2022). Model pembelajaran self-directed learning berbantuan website notion: meningkatkan kemampuan berpikit kritis siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3), 245–257. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.52017
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (1 ed.). New York: Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Cendrero, A., Remondo, J., Beylich, A. A., Cienciala, P., Forte, L. M., Golosov, V. N., … Płaczkowska, E. (2022). Denudation and geomorphic change in the Anthropocene; a global overview. Earth-Science Reviews. https://doi.org/10.1016/j.earscirev.2022.104186
Dale, E. (1969). Audio-Visual Methods in Teaching (3 ed.; Holt, Reinehart, & Wiston, Ed.). New York: Dryden Press.
Efendi, M., Nugroho, A. R., Nayan, N., Rusdiansyah, R., & Normelani, E. (2022). Development of Adiwiyata-Based Integrated IPS Teaching Materials (Study of Environmental Wetlands and Sustainable Development at SMPN 11 Kota Banjarbaru). J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 9(1), 53–62. https://doi.org/10.18860/jpips.v9i1.18024
Farihah, S. N., Irawan, L. Y., Febrianto, A. D., Utomo, D. S., Tan, I. G.-C., Hawa, N. N., & Begum, R. (2024). Geography teacher profile towards geospatial technology usage for geography learning in senior high school. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 29(2). https://doi.org/10.17977/um017v29i22024p154-168
Feriyanto, F., & Anjariyah, D. (2024). Deep Learning Approach Through Meaningful, Mindful, and Joyful Learning: A Library Research. Electronic Journal of Education, Social Economics and Technology, 5(2), 208–212. https://doi.org/10.33122/ejeset.v5i2.321
Fitri, E. R., & Pahlevi, T. (2021). Pengembangan LKPD Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMKN 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 281–291. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p281-291
Graniczny, M. (2006). Exogenic Geological Processes As a Landform-Shaping Factor. In Geology and Ecosystems (hal. 171–181). Boston, MA: Springer US. https://doi.org/10.1007/0-387-29293-4_14
Handoyo, B., & Purwanto, M. (2018). Developing Geography Learning Model to Strengthen Student Character. Proceedings of the International Conference on Learning Innovation (ICLI 2017), 164(Icli 2017), 192–196. Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icli-17.2018.37
Handoyo, B., & Soekamto, H. (2019). Conceptual Models of Learning Material Development Based on the Spatial Perspective. https://doi.org/10.2991/icskse-18.2019.23
Handoyo, B., & Sukamto, H. (2019). Developing a Model of Geography Instructional Materials Based on the Spatial-Ecological Perspectives. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 338(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/338/1/012043
Irawan, L. Y., Arinta, D., Suprianto, A., & Masruroh, B. (2024). Pengembangan Edukit Fotogrametri Digital sebagai Inovasi Pembelajaran PPG Prajabatan Geogafi dalam Matakuliah Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran. Belantika Pendidikan, 7(2), 92–100. https://doi.org/10.47213/bp.v7i2.370
Irawan, L. Y., Sumarmi, Bachri, S., Sari, A. R. O., Wahyudi, A., Ayuni, I. K., … Dirgantara, S. D. (2019). Constructing Volcanic Hazard Video Toward Student Comprehension of Kelud Volcano Disaster Prone Area and Its Environment Characteristics. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 273(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/273/1/012032
Irawan, L. Y., Sumarmi, S., Febrianto, A. D., Sholeha, A. W., Dirgantara, S. D., Nadhifah, M. R., … Panoto, D. (2022). Local Material in Improving Students’ Knowledge and Comprehension of Natural Hazards. In Exploring New Horizons and Challenges for Social Studies in a New Normal (Vol. 11, hal. 88–93). London: Routledge. https://doi.org/10.1201/9781003290865-17
Isma, A., Isma, A., Isma, A., & Isma, A. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terapan, 01(September), 11–28. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i3.153
Isnaini, N., Sugandi, D., & Yani, Y. (2023). Meta Analisis : Model Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik Di Indonesia. GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 11(2), 275. https://doi.org/10.31764/geography.v11i2.15710
Jo, I., Hong, J. E., & Verma, K. (2016). Facilitating spatial thinking in world geography using Web-based GIS. Journal of Geography in Higher Education, 40(3), 442–459. https://doi.org/10.1080/03098265.2016.1150439
Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185–194. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i2.1360
Khairi, A., Masri, D., Pratama, R., & Situmorang, S. E. Z. (2023). Metode Pembelajaran Di Dalam Q.S An-Nahl Ayat 125 Berrdasarkan Tafsir Al-Misbah. HIBRUL ULAMA, 5(2), 47–58. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v5i1.510
Lapin, P. S. (2021). Modern Geodynsmic Processes, Potential Fields and Coal Content of The Northwestern Part of Salair. Interexpo GEO-Siberia. Diambil dari https://api.semanticscholar.org/CorpusID:244335748
Ledia, S., & Bustam, B. M. R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6 No 1(Pendidikan), 790–806. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.2708
Lee, J., Jo, I., Xuan, X., & Zhou, W. (2018). Geography preservice teachers’ disposition toward teaching spatial thinking through geography: a comparison between China and Korea. International Research in Geographical and Environmental Education, 27(2), 135–148. https://doi.org/10.1080/10382046.2017.1320898
Mahrunnisya, D. (2023). Keterampilan Pembelajar Di Abad Ke-21. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 101–109. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol2.iss1.598
Malikah, S., & Wafroturrohmah. (2022). Konsep Pendidikan Abad 21:untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia SMA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2609–2614. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.730
Mantau, B. A. K., & Talango, S. R. (2023). Pengintegrasian Keterampilan Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran (Literature Review). Irfani: Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 86–107. https://doi.org/10.30603/ir.v19i1.3897
Maslow, A. H. (1954). Motivation and Personality. New York: Harper & Row Publishers.
Melati, I. K., Iswatiningsih, D., & Wurianto, A. B. (2022). Strategi Pembelajaran BIPA dengan Pendekatan Komunikatif-Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal. Basastra, 11(2), 163. https://doi.org/10.24114/bss.v11i2.37351
Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka (1 ed.; A. Ulinnuha, Ed.). Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Muti, S., & Fadel, M. (2024). Eksistensi Teknologi dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 26859–26868. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v8i2.16588
Mutia, T. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Geografi ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Kelas X. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 5(1), 164–173. https://doi.org/10.29408/geodika.v5i1.3482
National Research Council. (2005). Learning To Think Spatially : GIS as a Support System in the K-12 Curriculum (1 ed.). Washington DC: The National Academies Press.
Ningrum, M. V. R., & Saputra, Y. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Developing Geography Teaching Materials based on Character Education Focusing on Disaster Mitigation and Adaption Topic. Geoedusains, 1(2), 84–93.
Nofrion, N. (2018, Oktober 14). Karakteristik Pembelajaran Geografi Abad 21. https://doi.org/10.31227/osf.io/kwzjv
Nugraha, H. A., Khairunnisa, U. Z., & Mukti, H. (2024). Inovasi Pembelajaran Persebaran Flora dan Fauna Endemik Berbasis Geographical Location Menggunakan ArcGIS StoryMaps: Studi Kasus SMAN 07 Surakarta. Edu Geography, 11(3), 1–9. https://doi.org/10.15294/edugeo.v11i2.69710
Permana, G. (2023). Implementasi Konsep Kurikulum Merdeka dan Perangkat Pembelajaran Terbuka dalam Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Peserta Didik. Conference of Elementary School, 292–301.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Prasetyo, E. B., Islam, M. N., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Mobilitas Penduduk dan Ketenagakerjaan Berbasis STEM. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 149–159. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3178
Prasetyo, H. B., Nurzaelani, M. M., & Wiranata, A. A. (2024). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mahfudzot Kelas 1 Kmi ( Kulliyatu-L-Mu ’ Allimin Al-Islamiyah ) Di Pondok Pesantren Modern Darun Na ’ Im Yapia. Jurnal Edukha, 5(1), 43–48.
Purwanto, P., Hidayah, N., & Wagistina, S. (2023). The Effect of Gersmehl’s Spatial Learning on Students’ Disaster Spatial Literacy. International Journal of Educational Methodology, 9(2), 345–354. https://doi.org/10.12973/ijem.9.2.345
Putra, A. K., Purwanto, Islam, M. N., Hidayat, W. N., & Fahmi, M. R. (2022). Development of Mobile Virtual Field Trips in Ijen Crater Geosites Based on 3600 Auto Stereoscopic and Geospatial Technology As Geography Learning Media. Geojournal of Tourism and Geosites , 41(2), 456–463. https://doi.org/10.30892/GTG.41216-850
Putra, N. (2013). Research & Development Penelitian dan Pengembangan : Suatu Pengantar (3 ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rahmawati, D., Irawan, L. Y., & Purwanto, P. (2023). Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Spasial Studi Kasus Gunung Api Semeru pada Materi Vulkanisme sebagai Penunjang Pembelajaran Geografi. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 10(1), 45–64. https://doi.org/10.18860/jpips.v10i1.17438
Ridha, S., Putri, E., Kamil, P. A., Utaya, S., Bachri, S., & Handoyo, B. (2020). The importance of designing GIS learning material based on spatial thinking. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012027
Ruang Kolaborasi Mengajar Merdeka. (2023). Perbedaan Modul Ajar, Bahan Ajar, dan Modul Projek. Diambil 15 Juli 2024, dari pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id website: https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/5010165576089-Perbedaan-Modul-Ajar-Bahan-Ajar-dan-Modul-Projek
Saipani, J., Harahap, R. D., & Chastanti, I. (2024). Analisis Kesesuaian Modul Ajar Biologi Kelas X IPA dengan Standar Kurikulum Merdeka di SMA Swasta Purnayuda. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2419–2432. Diambil dari https://jurnaldidaktika.org
Sarinastiti, R., & Wibowo, Y. A. (2021). Analisis isi buku teks geografi kelas XI SMA kurikulum 2013 (K13) edisi revisi terbitan Mediatama berdasarkan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Geografi, 26(1), 48–60. https://doi.org/10.17977/um017v26i12021p048
Scheffers, A. M., May, S. M., & Kelletat, D. H. (2015). Landforms of the world with google earth: Understanding our environment. In Springer Publisher (Ed.), Springer Dordrecht Heidelberg (1 ed.). Netherlands: Springer Publisher. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9713-9
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective. In P. Smith (Ed.), Pearson Education (6 ed.). Boston, MA: Pearson Education.
Sukmadinata, N. S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (13 ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumarmi, Putra, A. K., Mutia, T., Sahrina, A., & Osman, S. (2024). A Technocreativity Learning Model Based on Environmental Volunteers for Waste Management. Visions For Sustainability, 21, 67–95. https://doi.org/10.13135/2384-8677/9499
Surahman, S. (2016). Determinisme Teknologi Komunikasi dan Globalisasi Media Terhadap Seni Budaya Indonesia. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, dan Animasi, 12(1), 31. https://doi.org/10.24821/rekam.v12i1.1385
Tanjung, A., & Fahmi, M. (2015). Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1). https://doi.org/10.17977/um017v20i12015p024
Trahorsch, P., & Bláha, J. D. (2022). The Influence of Textbook Visual Quality of Geographical Phenomena on Children’s Conceptions. Journal of Geography, 121(3), 100–114. https://doi.org/10.1080/00221341.2022.2088828
Utami, W. S., Widodo, B. S., & Daryono. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Sma Berbasis The Total Learning Experience Model. Jurnal Geografi (Geografi dan Pengajarannya), XVII(1), 19–36.
Utomo, D. H. (2022). Designing Teaching Materials Using ACAR to Inspire Critical and Creative Thinking. KnE Social Sciences, 2022(3rd International Conference on Geography and Education (ICGE)), 477–491. https://doi.org/10.18502/kss.v7i16.12190
Wahyu Yuda Pradana, M. I. P. N. (2023). Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan Tantangan Guru Pada Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 1(2), 774–778. Diambil dari https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3055
Zaccagnino, D., & Doglioni, C. (2022). Earth’s gradients as the engine of plate tectonics and earthquakes. La Rivista del Nuovo Cimento, 45(12), 801–881. https://doi.org/10.1007/s40766-022-00038-x
Zebua, N. (2025). Education Transformation : Implementation of Deep Learning in 21st-Century Learning. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 146–152. https://doi.org/: https://doi.org/10.62383/hardik.v2i2.1405
DOI: https://doi.org/10.18860/jpips.v11i2.32709
Refbacks
Copyright (c) 2025 Yuni Auliafani, Listyo Yudha Irawan, Mohammmad Tahir Mapa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jpips@uin-malang.ac.id
J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
...............................................................................................................................................................
Indexed by:


