POJOK MODERASI SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN DI ERA 4.0
Abstract
Full Text:
PDFReferences
[1] Ardiyanto, W, Diwawancarai oleh Joko Sahid, Komunikasi Pribadi dengan Ketua KKN KNMB Swakarsa Luar, Jayapura, Juli, 2022.
[2] Astuti, W, S. B., & Asikin, M, “Strategi Pembelajan Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0” Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 469–473, 2019.
[3] Bungin, B, “Analisis data Penelitian kualitatif”. Jakarta, 2015.
[4] Debi, Diwawancarai oleh Joko Sahid, Komunikasi Pribadi dengan orang tua peserta didik TBPM dan KBPM Swakarsa Luar, Jayapura, Juli, 2022.
[5] Dewanti, A. P, Diwawancarai oleh Joko Sahid, Komunikasi Pribadi dengan salah satu guru pengabdian TBPM dan KBPM Swakarsa Luar, Jayapura, Juli, 2022
[6] Fauzi, M, “Strategi Pembelajaran Masa Pandemi COVID-19”. Jurnal Al-Ibrah, 2(2), 120–145, 2020.
[7] Jufri, M. D. Diwawancarai oleh Joko Sahid, Komunikasi Pribadi dengan Peserta didik Swakarsa Luar, Jayapura, Juli, 2022.
[8] Kalida, M, “Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sebagai Bagian Tripusat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara”. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, September, 751–760, 2019.
[9] Lambang, H. A. Diwawancarai oleh Joko Sahid, Komunikasi Pribadi dengan Ketua RW VI Swakarsa Luar, Jayapura, Juli, 2022.
[10] Lukum, A. “Pendidikan 4.0 Di Era Ggenerasi Z: Tantangan Dan Solusinya”. Pros.Semnas KPK, 2, 13, 2019.
[11] Muhsin, H., Ramadhan, & Yurika, rara eka. laporan penelitian. Yogyakarta, 2021.
[12] Nero, P, Diwawancarai oleh Joko Sahid, Komunikasi Pribadi dengan Kepala Lurah Swakarsa Luar, Koya Barat, Jayapura, Juli, 2022.
[13] Novrizaldi, Pendidikan Berperan Penting dalam Menyongsong Smart Society 5.0. In Kemenkopmk.go.id, 2021.
[14] Priatna, T., Baihaqi, W., Rahman, A., & Sunarya, Y, “Reformulasi Tugas dan Fungsi Guru Menghadapi Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0”, Karya Tulis Ilmiah (KTI), 1–13, 2020.
[15] Putriani, J. D., & Hudaidah, H, “Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838, 2021.
[16] Rahman, A.P, “Peranan Taman Baca Kecamatan dalam Melayani Kebutuhan Belajar Masyarakat di Kelurahan Paropo Kecamatan Panakkukang Kota Makassar”, (Skripsi). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017.
[17] Rokhmah, S. & Sahid, J, “Mempertahankan Pola Pendidikan Islam pada Masa Pandemi Covid-19: Best Pactice Pada MI Al-Ikhlas Doyo Baru, Kabupaten Jayapura”, Borneo: Journal of Islamic Studies 2(2), 86-95, 2022.
[18] Saepudin, A., & Mentari, B. N, “Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi”. Jurnal Kwangsan, 4(1), 43, 2016.
[19] Sobur, K, “Logika Dan Penalaran Dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan”. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 14(2), 387–414, 2015.
[20] Suhardi, D., Jenderal, S., Muhammad, H., Dikdasmen, D., & Surapranata, S, Kemendikbud penguatan pendidikan karakter, 2017.
[21] Suharmono, Diwawancarai oleh Joko Sahid (Juli, 2022), Komunikasi Pribadi dengan Ketua RT II Swakarsa Luar, Jayapura, 2022.
[22] Sumartono, & Huda, N, Manajemen Pendidikan Di Indonesia Sebagai Implementasi Triple Helix Untuk Mempersiapkan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Andi Djemma, 3(1), 74–79, 2020.
[23] Taulabi, I., Imron, A., & Khoiruddin, M. A, “Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Di Taman Baca Masyarakat”. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 11(1), 137–158, 2017.
[24] Tiel, Diwawancarai oleh Joko Sahid, Komunikasi Pribadi dengan Peseta didik TBPM dan KBPM Swakarsa Luar, Jayapura, Juli, 2022.
[25] Tobing, D. H., Herdiyanto, Y. K., Astiti, D. P., Rustika, I. M., Indrawati, K. R., & Susilawati, L. K. P. A. “Pendekatan dalam Penelitian Kualitatif”, 156–159, 2017.
[26] Wardhana, A. Mengatasi Kesulitan Belajar DalamPembelajaran Era Society 5.0. January. Bandung, 2022.
[27] Yunitasari, R., & Hanifah, U, “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243, 2020.
DOI: https://doi.org/10.18860/jrce.v5i2.17481
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 jaka sahid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.