Pemberdayaan Guru Dalam Mewujudkan Madrasah Aman Bencana Melalui Pelatihan Membuat Media Komik Berbasis Mitigasi Bencana

Ni’matuz Zuhroh, Ahmad Zuhdi, Siti Annijat Maimunah, Ulfi Andrian Sari

Abstract


Develop a pattern of empowerment with a series of systematic activities for class teachers at the Madrasah Ibtidaiyah (MI) level towards Disaster Safe Schools/Madrasah (SMAB) in South Malang Regency with high and very high levels of vulnerability to landslides. This service aims to provide training in the development of comic learning media based on landslide disaster mitigation. The service strategy uses CBR (Community-Based Research) by carrying out two stages, namely FGD and training to make comics using the pixton application. The location of the training is in two schools that are prone to landslides, namely MIN 1 Malang and MIN 3 Malang. The training carried out has been running effectively and efficiently, so that it can develop into a Disaster-Safe School/Madrasah (SMAB).


Full Text:

PDF

References


K. Ummah, Y. S. Hijri, and Z. Achmad, “Penguatan Kapasitas Desa Tangguh Bencana di Kabupaten Malang,” Khadimul Ummah, vol. 3, no. 1, pp. 8–18, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/khadimulummah/article/view/3605.

Q. Umam and F. Rahman, “SENA SAKTI (Sekolah Bencana; Siaga, Aksi dan Mitigasi),” J. Ilm. Ilmu Sos., vol. 4, no. 1, pp. 6–11, 2018, doi: 10.23887/jiis.v4i1.13925.

E. Maulana and T. R. Wulan, “Pemetaan Multi Rawan Kabupaten Malang Bagian Selatan dengan Menggunakan Pendekatan Bentang Alam,” in Prosiding Simposium Nasional Sains Geoinformasi-IV, 2015, pp. 526–534, doi: 10.13140/RG.2.2.33969.79208.

D. L. Setyowati, Pendidikan Kebencanaan. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2019.

B. H. Hayudityas, “Pentingnya Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik,” Edukasi Non Form., vol. 1, no. 2, pp. 94–102, 2020, [Online]. Available: http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/.

E. Maryani, “Model Pembelajaran Mitigasi Bencana Dalam Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama)” J. Pendidik. Geogr., vol. 10, no. 1, pp. 1–17, 2010.

P. E. Suarmika and E. G. Utama, “Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Analisis Etnopedagogi),” JPDI (Jurnal Pendidik. Dasar Indones., vol. 2, no. 2, p. 18, 2017, doi: 10.26737/jpdi.v2i2.327.

F. I. Sukamto, S. Nurhidayat, and M. Verawati, “Pelatihan Siswa Tanggap Bencana sebagai Upaya Mitigasi Bencana di Ponorogo,” Amalee Indones. J. Community Res. Engagem., vol. 2, no. 1, pp. 15–22, 2021, doi: 10.37680/amalee.v2i1.178.

E. Noviana, M. Munjiatun, and N. Afendi, “Media Pembelajaran Komik Sebagai Sarana Literasi Informasi Dalam Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Dasar,” in Prossiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2019, pp. 61–73, doi: http://dx.doi.org/10.33578/psn.v1i1.7781.

I. A. Rasdini, N. M. Wedri, V. E. SP Rahayu, and A. Putri, “Penggunaan Media Komik Efektif Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Tanah Longsor,” J. Smart Keperawatan, vol. 8, no. 2, p. 70, 2021, doi: 10.34310/jskp.v8i2.465.

C. E. Sutrisna and A. Z. Mansoor, “Perancangan Komik Edukasi Bencana Gempa Bumi Untuk Murid SD Umur 9-12 Tahun Di Indonesia,” Vis. Commun. Des., vol. 4, no. 1, 2015.

L. M. Angraini, S. Syamsuddin, R. Wirawan, N. Qomariyah, and B. Sukrisna, “Pendampingan Sekolah Siaga Bencana Sebagai Upaya Mitigasi Bencana di SMK Kehutanan Qomarul Huda Lombok Barat,” J. Pengabdi. Magister Pendidik. IPA, vol. 2, no. 1, 2019, doi: 10.29303/jpmpi.v1i2.263.

R. Mulyasari, H. Hesti, N. Haerudin, and S. Suharno, “Edukasi Mitigasi Bencana Longsor Di Sman 17 Bandar Lampung Untuk Mewujudkan Sekolah Siaga Bencana,” no. 1, 2021, [Online]. Available: http://repository.lppm.unila.ac.id/36777/.

S. Wasliyah, “Komik Bencana Meningkatkan Sikap Kesiapsiagaan Bencana Pada Anak Sekolah Dasar Negeri Bulakan Kecamatan Gunung Kencana Banten Selatan Tahun 2017,” J. Med., vol. 5, no. 1, pp. 30–39, 2018.

H. U. Qismawa, S. Jumini, P. Fisika, and P. Fisika, “Pengembangan komik berbasis mitigasi bencana sebagai sumber belajar ipa untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa,” in PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ 2020, 2020, vol. 2, no. 1, pp. 198–203.

D. H. Kristiyaningrum, “Disabo berbasis komik sebagai media pendidikan kebencanaan di sekolah dasar peningkatan,” Dialekt. J. Pemikir. Dan Penelit. Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 2, pp. 1–11, 2017.

N. Anisah and S. Sumarni, “Model sekolah aman bencana dalam upaya mewujudkan pendidikan karakter di MIN 1 Bantul,” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), vol. 10, no. 1, pp. 9–20, 2019.

B. N. P. Bencana, Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 4 Tahun 2012 tentang Pedoman Penerapan Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana. JAkarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana, 2012.

L. Yuliana and K. Sastiarini, “Jurnal Manajemen Pendidikan Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Program Sekolah Siaga Bencana ( SSB ) di Sekolah Dasar Unggulan “ Aisyiyah Bantul The Principal Role in Implementing the Disaster Preparedness School Program at the Primary School of Aisyi,” J. Ilm. Adm. Manaj. dan Kepemimp. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 131–147, 2020.

S. Zahara, “Peran sekolah dalam pendidikan migitasi bencana di sekolah menengah atas,” J. Pencerahan, vol. 13, no. 2, pp. 144–155, 2019.

A. Novarita, D. Sugandhi, and G. K. Pasya, “Peranan Pembelajaran Geografi Dalam Pembentukan Sikap Peserta Didik Terhadap Mitigasi Bencana Gempa Bumi Dan Longsor Di Kota Padang.,” Gea, J. Pendidik. Geogr., vol. 15, no. 1, pp. 55–63, 2015.




DOI: https://doi.org/10.18860/jrce.v4i2.17687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ni’matuz Zuhroh, Ahmad Zuhdi, Siti Annijat Maimunah, Ulfi Andrian Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.