PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PJBL- STEAM PADA GURU BAHASA ARAB DI KOTA MALANG

Lailatul Mauludiyah, Murdiono Murdiono

Abstract


Masa pandemi yang tidak bisa dipredeksi sampai kapan menuntut para guru untuk terus berinovasi dalam pembelajaran shingga tercapai tujuan yang digunakan. Permasalahan ini juga terjadi pada guru bahasa Arab di Kota Malang, pembeljaran bahas Arab selama pandemic ini dinilai kurang menarik perhatian siswa karena menggunakan metode pembelajaran yang monoton bahkan terkadang membuat siswa bingung dalam memahami materi. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut adalah adanya pendampingan pembelajaran bahasa Arab berbasis Project Based Learning (PJBL). Dipilihnya model pembelajaran ini karena memounyai nilai lebih dalam pembeljaran, yakni slain materi tersampaikan dengan model pembeljaran ini para siswa juga akan mempunyai tambahan kompetensi yaitu komunikasi, berfikir kritis dan kerjasama. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) palnning lesson dengan kegiatan webinar tentang PJBL, workshop penyususnan RPP satu lembar, workshop penyusunan assesmen pembelajaran, dan analisis materi, luaran pada tahap ini luaran yang dihasilkan adalah modul PJBL, RPP satu lembar, dan daftar materi yang cocok untuk PJBL,  (2) impelementation, dalam kegiatan ini akan dilakkukan pendampingan secara intens terkait pelaksaan PJBL di sekolah-sekolah luaran dari kegiatan ini adalah produk pembelajaran. (3) evaluation, pada tahap ini dilakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan dan penyusunan luaran berupa naskah publikasi ilmiah.

Full Text:

PDF

References


A. R. Fakhruddin, “Permasalahan dan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19,” Nov. 2020.

K. H. L. G. M. Z. Atsani, “Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19,” Al-Hikmah J. Stud. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 82–93, 2020.

D. H. Oktawirawan, “Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 20, no. 2, pp. 541–544, 2020, doi: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932.

I. K. Suardana, “Implementasi Model Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Aktivitas, Hasil, dan Kemandirian Belajar Mahasiswa.,” J. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 45, no. 1, 2012, doi: http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i1.1785.

F. Musa, N. Mufti, R. A. Latiff, and M. M. Amin, “Project-based learning (PjBL): inculcating soft skills in 21st century workplace,” Procedia-Social Behav. Sci., vol. 59, pp. 565–573, 2012.

M. P. Simanjuntak, N. Bukit, Y. D. A. Sagala, R. K. Putri, Z. L. Utami, and M. Motlan, “Desain Pembelajaran berbasis Proyek Terhadap 4c,” INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 3, 2019.

R. Wahyu, “Implementasi model project based learning (pjbl) ditinjau dari penerapan kurikulum 2013,” J. Tecnoscienza, vol. 1, no. 1, pp. 49–62, 2017.

F. Eliza, S. Suriyadi, and D. T. P. Yanto, “Peningkatan Kompetensi Psikomotor Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SMKN 5 Padang,” INVOTEK J. Inov. Vokasional Dan Teknol., vol. 19, no. 2, pp. 57–66, 2019.

N. Sa’ida, “Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring,” J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. Dan Has. Penelit., vol. 7, no. 2, pp. 123–128, 2021.




DOI: https://doi.org/10.18860/jrce.v5i1.18443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lailatul Mauludiyah, Murdiono Murdiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.