Efektivitas Parameter Algoritma Cheapest Insertion Heuristic (CIH) dalam Menentukan Rute Terpendek Bus Sekolah Gratis Kota Malang

Vivi Dayanti, Mohammad Nafie Jauhari

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pengubahan parameter-parameter terkait nilai awal untuk mengoptimalkan rute menggunakan Algoritma Cheapest Insertion Heuristic (CIH), dengan tujuan memperoleh solusi yang lebih efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data jarak antar lokasi sekolah dari sumber resmi Dinas Perhubungan dan Pemerintah Kota Malang untuk mengukur efektivitas algoritma CIH dalam menentukan rute terpendek bus sekolah. Penelitian ini dimulai dengan memilih dua titik awal dengan menggunakan algoritma CIH untuk menentukan rute yang optimal. Algoritma CIH dikatakan efektif jika panjang rute terpendek yang dihasilkan dari dua titik awal dicari korelasinya dengan beberapa faktor. Seluruh kemungkinan pasangan titik awal akan dicoba, kemudian diidentifikasi antara panjang rute terpendek yang dihasilkan dengan faktor-faktor yang dipertimbangkan, seperti jarak antara dua titik awal, eksentrisitas, betweenness centrality, eigenvector centrality, dan closeness centrality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menentukan rute terpendek bus sekolah gratis Kota Malang lebih efektif dengan mempertimbangkan faktor eigenvector centrality.

 

Kata kunci: Algoritma Cheapest Insertion Heuristic (CIH); Rute Terpendek; Pengoptimalan Parameter; Korelasi.


References


[1] Salaki, D. T. (n.d.). Fakultas Lain Di Unsrat Manado Menggunakan Algoritma Djikstra

[2] Dharoko, A. (2018). Perancangan Perpustakaan Kota Malang Dengan Pendekatan Arsitektur Organik Oktiannisa. Journal of Sociological Research.

[3] Mutakhiroh, I., Saptono, F., Hasanah, N., Wiryadinata, R., Masalah, R., & Penelitian, T. (2007). Pemanfaatan Metode Heuristic Dalam Pencarian Jalur. 2007(Snati)

[4] Pratama, R., Aisyah, S. A., Sirodj, R. A., Afgan, M. W., Islam, U., Raden, N., Palembang, F., Info, A., & History, A. (2023). Correlational Research. 6, 1754–1759.




DOI: https://doi.org/10.18860/jrmm.v4i1.28244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.