Peran Ilmu Aswat dalam Pembelajaran Maharah Istima’ pada Kurikulum Bahasa Arab di Indonesia

Nurmala - Fitria

Abstract


Artikel ini berusaha untuk mengetahui peran ilmu aswat dalam pembelajaran maharah istima’ pada kurikulum bahasa Arab di Indonesia. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini ialah untuk mengetahui serta memaparkan peran ilmu aswat dalam pembelajaran maharah istima’ pada kurikulum bahasa Arab yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan karena pentingnya ilmu aswat dalam pembelajaran bahasa Arab yang dalam hal ini dikhususkan pada maharah istima’. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa ilmu aswat sangat berperan penting dalam pembelajaran bahasa Arab terutama maharah istima’. Karena dengan mempelajari ilmu aswat maka akan dapat mempermudah siswa ataupun peserta didik dalam memahami kosa kata bahasa Arab yang didengarnya. Sejalan dengan hal tersebut juga bahwa kurikulum bahasa Arab di Indonesia bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik agar berkemampuan dan terampil dalam menggunakan bahasa Arab.


Keywords


Ilmu Aswat, Maharah Istima’, Kurikulum Bahasa Arab

References


Abdul Wahab Rosyidi, 2009, Media Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: UIN-MALIKI Press,).

Drs. H Tayar dan Drs. Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama Dan Bahasa Arab (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).

Hamadah Ibrahim, 1987, Al-ittijahat al-Mu’ashirah fi tadris al-Lughah al- ’Arabiyyah wa al- Lughah al-Hayyah al-Ukhra Lighairi Natiqina biha, (Dar al-fikri, Kairo)

KBBI Daring, di akses 9 Mei 2022, pukul 15:40

Lina Marlina, 2019, Pengantar Ilmu Aswat, (Bandung : Fajar Media).

M. Nur Sholihin, Peran Ilmu Al-Ashwat dalam Pelafalan Huruf Hijaiyah (KajianTeoritik Linguistik Terapan), SALIHA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Maksudin dan Qoim Nurani, 2018, Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab “Teori dan Praktik”. (Yogyakarta: Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga,).

Muhajir, Arah Baru 2017, Pengajaran Bahasa Arab Filsafat Bahasa, Metode dan Pengenbangan Kurikulum. (Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga,).

Muhammad, Metode Penelitian Bahasa, 2016, ( Yogyakarta : Ar-Ruzz Media),

Nasarudin Idrus Jauhar, 2014, Ilmu Ashwat, (Sidoarjo: Lisan Arabi).

Nuril Mufidah, Imam Zainudin, Metode Pembelajaran Ilmu Al-Ashwat, al Mahara : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol.4, No.2, Desember, 2018.

Tarigan, Hendri Guntur. 1994. Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa.( Bandung: Angkasa).




DOI: https://doi.org/10.18860/lg.v6i1.17515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Indexex By ;

     

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lugawiyyat
Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Gedung C (Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo., M.Si.) Lt. 1
Jl. Gajayana No 50 Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia, Kode Pos 65144,
Telp/Fax: (0341) 570872. Email: lugawiyyat@uin-malang.ac.id

Lisensi Creative Commons
Lugawiyyat Journal is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .