Analysis of Science Process Skills towards Teacher Professionalism in Islamic Elementary School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Baharuddin, B. (2018). Konsepsi Penerapan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Sikap Ilmiah Dalam Desain Pengembangan Modul Panduan Eksperimen IPA SD/MI. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11(1), 24–39.
Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 SMA: Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian mata pelajaran kimia. Ditjen Dikdasmen Direktorat Dikmenum.
Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245–252.
Jailani, M. S. (2016). Komitmen Profesionalisme Guru Bersertifikasi dalam Pembelajaran (Studi Kasus Pada Guru Madrasah Kota Jambi). Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 41–56.
Jalil, S., Ali, M. S., & Haris, A. (2018). Development and validation of science process skills instrument in physics. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1), 12203. IOP Publishing.
Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628
Kemendikbud. (2013). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. (2013), 1–135.
Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373–390. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/348
Lepiyanto, A. (2017). Analisis keterampilan proses sains pada pembelajaran berbasis praktikum. Bioedukasi, 5(2), 156–161.
Mahmudah, L. (2017). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran Ipa Di Madrasah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.2047
Misbah, M. (2014). Peningkatan Profesionalisme Guru di Madrasah. Madrasah Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 1–18.
Muamar, M., & Rahmi, R. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan Kognitif Siswa Melalui Metode Praktikum Biologi Pada Sub Materi Schizophyta Dan Thallophyta. Jurnal Pendidikan Almuslim, 5(1), 116954.
Mulyasa, E. (2004). Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Remaja Rosdakarya.
Nursalim. (2017). Profesionalisme Guru Sd / Mi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 250–256. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i10
Opara, J. A. (2011). Some Considerations in Achieving Effective Teaching and Learning in Science Education. Journal of Educational and Social Research, 1(4), 85–89.
Özgelen, S. (2012). Students’ science process skills within a cognitive domain framework. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 8(4), 283–292. https://doi.org/10.12973/eurasia.2012.846a
Rahayu, S. (2015). Meningkatkan profesionalisme guru dalam mewujudkan literasi sains siswa melalui pembelajaran kimia/IPA berkonteks isu-isu sosiosaintifik (socioscientific issues). Semnas Pendidikan Kimia & Sains Kimia Di Fakultas Pendidikan MIPA FKIP Universitas Negeri Cendana.
Rauf, R. A. A., Rasul, M. S., Mansor, A. N., Othman, Z., & Lyndon, N. (2013). Inculcation of science process skills in a science classroom. Asian Social Science, 9(8), 47–57. https://doi.org/10.5539/ass.v9n8p47
Semaranatha, I. M., Mardana, I. B. P., & Rapi, N. K. (2017). Tindak Guru Fisika Dalam Penerapan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Sawan. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 10(1), 49–59.
Senduk, N. &. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Universitas Negeri Malang.
Sukmawati, S. (2016). Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(2), 1665–1677. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i2.17055
Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 14–25. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.555
Wardani, S., Widodo, A. T., & Priyani, N. E. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berorientasi Problem-Based Instruction. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 391–399.
Yunus, M. (2016). Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112.
DOI: https://doi.org/10.18860/mad.v14i1.12022
Copyright (c) 2021 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.