Resiliensi pada Keluarga Buruh dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid 19 di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan resiliensi pada keluarga buruh dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 di MI Muhammadiyah Beji kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data yang valid digunakan triangulasi sumber data. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para orang tua yang bekerja sebagai buruh mengupayakan berbagai cara untuk tetap bertahan dalam setiap permasalahan yang dihadapi saat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Upaya tersebut didukung oleh adanya dukungan sosial dari pihak madrasah dan pemerintah baik secara materi maupun non materi. Dengan upaya dan dukungan tersebut setiap masalah yang dialami oleh keluarga buruh dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh bisa teratasi dan mereka bisa tetap mendidik anak-anaknya dengan baik pada masa pandemi covid 19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Arif, M., Munfa’ati, K., & Kalimatusyaroh, M. (2021). Homeroom Teacher Strategy in Improving Learning Media Literacy during Covid-19 Pandemic. Madrasah, 13(2), 126–141. https://doi.org/10.18860/mad.v13i2.11804
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 07 No. 04, 281–288.
Chasanah, U., & Prastowo, A. (2021). Study the ICT-Based Tutorial Model for Upper-Class of Elementary School in the Perspective of Constructivist Approach. Madrasah, 13(2), 142–156. https://doi.org/10.18860/mad.v13i2.11297
Dina, L. N. A. B. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 02 No. 01, 161.
Dwivedi, Y. K., Hughes, D. L., Coombs, C., Constantiou, I., Duan, Y., Edwards, J. S., Gupta, B., Lal, B., Misra, S., Prashant, P., Raman, R., Rana, N. P., Sharma, S. K., & Upadhyay, N. (2020). Impact of COVID-19 pandemic on information management research and practice: Transforming education, work and life. Impact of COVID-19 Pandemic on Information Management Research and Practice: Editorial Perspectives, 55, 102211. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102211
Https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03. (2020). Pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19.
Jailani, M. S. (2020). Pemberdayaan Pendidikan di Madrasah (Studi kasus Pada Madrasah Ibtidaiyah Nelayan Suku Laut Kuata Tungkal. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 12 No. 2 J, 155.
Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI DAMPAK COVID-19 DI SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1). https://doi.org/10.30595/.v1i1.7927
Marcus, C. (2014). Strategies for improving the quality of verbal patient and family education: A review of the literature and creation of the EDUCATE model. Health Psychology and Behavioral Medicine, 2(1), 482–495. https://doi.org/10.1080/21642850.2014.900450
Melinda, V. A., Sambung, D., Ningrum, D. E. A. F., Erfantinni, I. H., & Febriani, R. O. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Materi Pokok Sistem Tata Surya Untuk Siswa Kelas VI SD. Madrasah, 11(1), 40. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i1.6113
Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Method Source Book (3rd ed.). Sage.
Nugraha, I., Baihaqi, A., Iman, M. S., & Tohirin. (2021). Analysis of Science Process Skills towards Teacher Professionalism in Islamic Elementary School. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 14(1), 11–19.
Pradana, H. D. (2021). Interactive Multimedia Based on Mobile Device for Primary School Students. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 14(1), 71–78.
Prasetyo, A. R., Nurtjahjanti, H., & Ardhiani, L. N. (2021). Impact of Changes in Teaching Methods During the COVID-19 Pandemic: The Effect of Integrative E- Learning on Readiness for Change and Interest in Learning Among Indonesian University Students. International Review of Research in Open and Distributed Learning (IRRODL), 22 No. 2 M, 88.
Prastowo, A. (2020). Profil Guru Pembelajar Di Indonesia Dalam Merespon Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Madrasah, 12(2), 88–105. https://doi.org/10.18860/mad.v12i2.9061
Pratiwi, H. (2018). Redefinisi Peran Orang Tua Dalam Pendidikan; Penanaman Sikap Anti Radikalisme Sejak Usia Dini. Madrasah, 10(2), 96. https://doi.org/10.18860/madrasah.v10i2.5111
Rifai. (2019). Kualitatif:Teori, Praktik dan Riset Penelitian Kualitatif Teologi. Yoyo Topten Exacta.
Riyanto, M., Jamaluddin, U., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Video Scribe Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Madrasah, 11(2), 53–63. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Sufiyanto, M. I., Jamilah, J., & Hikmawati, N. (2021). Relationship Pattern among Scientific Literacy, Thematic, and Scientific Materials in Online Learning. Madrasah, 13(2), 157–172. https://doi.org/10.18860/mad.v13i2.12020
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharti, Muslim, A., & Sriyanto. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Daerah Binaan 1 Sumbang Banyumas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 13 No. 1, 52.
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Thoifah, I. (2021). The Role of WhatsApp for Madrasah Ibtidaiyah Teachers in Online Learning during the Covid-19 Pandemic. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.18860/mad.v14i1.13145
Utomo, R. A. S., & Mahmudah, F. N. (2021). The Implementation of Distance Learning during the Covid-19 Pandemic. Madrasah, 13(2), 114–125. https://doi.org/10.18860/mad.v13i2.11330
Wahyuni, E. N., Aziz, R., Wargadinata, W., & Efiyanti, A. Y. (2021). Investigation of Primary School Teacher Readiness in Online Learning during the Covid-19 Pandemic. Madrasah, 13(2), 97–113. https://doi.org/10.18860/mad.v13i2.11343
Williams, A. L., & Merten, M. J. (2011). iFamily: Internet and Social Media Technology in the Family Context: IFAMILY. Family and Consumer Sciences Research Journal, 40(2), 150–170. https://doi.org/10.1111/j.1552-3934.2011.02101.x
Wiyani, N. A. (2017). Perencanaan Program Kegiatan PAUD Responsif Gender. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 12 No. 02.
Wiyani, N. A. (2019). Epistemologi Pendidikan Anak bagi Ayah Menurut Luqman, Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak. Studi Islam, Gender Dan Anak, 14 No 02,.
Wiyani, N. A., & Barnawi. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Ar-Ruzz Media.
Wiyani, N. A., Nurprastika, I., & Sahnan, A. (2020). Aktualisasi Kecerdasan Interpersonal Kepala Sekolah dalam Pengembangan Mutu Pendidikan. DIDAKTIKA Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 03 No. 02, 114.
DOI: https://doi.org/10.18860/mad.v14i2.13172
Copyright (c) 2022 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.