The Influence of the Probing Prompting Model and Parental Attention on Improving Learning Outcomes of Madrasah Ibtidaiyah Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahda, S. A. (2021). Pengaruh Metode Probing Prompting dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas IV Tema VI Sub Tema V di Sekolah MINU Jatirejoyoso Kepanjen Kabupaten Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Alhafid, A. F., & Nora, D. (2020). Kontribusi Dukungan Sosial Orang Tua dan Peran Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 284–300. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i4.53
Andi, P. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Lencana.
Bomantara, G., & Zulherman, Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-prompting terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3105–3112. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1227
Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 468–470. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Dh, S., Hafid, A., Adnan, K., & Djauhar, S. (2022). The Role of Parents at Home in Online Learning in Elementary Schools. International Journal of Artificial Intelligence Research Vol 6, No 1.1, June 2022 ISSN, 6(1).
Emelia Ema, Nury Yuniasih, dan A. D. Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tematik. Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(5), 1–7.
Fembriani, F., & Gewahi, M. (2021). Pengaruh Model Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 61–68. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.398
Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568
Karwati, N. P. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 105. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15386
Lailatuz Zuhro, D. (2021). Pengaruh Layanan Home Visit dan Partisipasi Orang Tua. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 154–165.
Marlina, L., & Solehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 66–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/download/952/582
Masrohah, K., Wiarsih, C., & Irawan, D. (2019). Penerapan Metode Permainan Bingo untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11(2), 64–74. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.7113
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 659–663.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Novena, V. V., & Kriswandani, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Self-Efficacy. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 189–196. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p189-196
Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Suandana, I. W. (2018). Memberdayakan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1), 64–76. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISH/article/view/13049/9454
Paramansyah, A., Irvi, A., & Husna, N. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII : SMP Islam Nurul Falah Cibalongsari Karawang. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3, 81–101. https://doi.org/10.47476/reslaj.v3i1.288
Perrianty, F., Hardeli, Mawardi, Zainul, R., Julita, R., & Yenti, R. (2019). Improving Critical Thinking Skills through Module Solubility and Solubility Results Based on Discovery Learning with Probing Prompting Techniques at SMAN 1 Pariaman. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 16(1), 246–250.
Rochmawati, N. (2018). Peran Guru Dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3203
Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 201–212. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/607
Sari, R. D., Ismaya, E. A., & Masfuah, S. (2021). Pentingnya Ikut Serta Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 378–387.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanti, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Xi.Ipa Man 1 Kota Bengkulu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Suyono. (2013). Belajar dan Pembelajaran (Cetakan V). PT Remaja Rosdakarya.
Wiyani, N. A., Makhmudah, N. R., & Sahnan, A. (2022). Resiliensi pada Keluarga Buruh dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid 19 di Madrasah Ibtidaiyah Novan. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 14(2), 98–110.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Yudha, redi indra. (2020). Pengaruh Dukungan Orang Tua, Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.30653/003.202061.105
Zahra, L., Anggoro, B. S., Wijaya, T. T., & Widyawati, S. (2021). The influence of probing-prompting learning model toward students’ mathematical reflective thinking skills. Journal of Advanced Sciences and Mathematics Education, 1(2), 65–71. https://doi.org/10.58524/jasme.v1i2.58DOI: https://doi.org/10.18860/mad.v16i1.17697
Copyright (c) 2023 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.