Improving Student Learning Outcomes Through Problem-Based Learning Model Assisted with Picture Media
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam | Computer Based Information System Journal. CBIS Journal, 3(2), 1–13. Dantes, N., & Gunawan, I. (2012). Metode Penelitian. yogyakarta: Andi. In Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara Jakarta. De Graaf, E., & Kolmos, A. (2003). Characteristics of problem-based learning. International Journal of Engineering Education, 19(5), 657–662. Dewi, N. M. J., Putra, D. B. K. T. N. G. R. S., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). Edora, M. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 1(1), 1. https://doi.org/10.23969/oikos.v1i1.242 emadwiandr. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Gunawan, R. (2011). Pendidikan IPS filosofi, konsep dan aplikasi. Bandung: Alfabeta, 207. Ibda, H. (2019). Development of Plants and Animals Puppet Media Based on Conservation Values in Learning to Write Creative Drama Scripts in Elementary Schools. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(2), 127–146. https://doi.org/10.21093/sajie.v1i2.1564 Intan, N., & R., S. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 143. https://doi.org/10.24036/108275-019883 Jamalia, J. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Media Permainan Ular Tangga pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 104/IX Kedemangan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal PGSD, 11(2), 100–105. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.100-105 Jamra, J., Barasandji, S., & Koida, S. (2014). Penggunaan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa di Kelas III SDN Inpres Tabing Kecamatan Peling Tengah. Jurnal Kreatif Online, 2(3). Kompri, M. P. I. (2017). Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional Edisi Pertama. Kencana. Kusumawat, W. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Pancaran, 4(4), 1–12. Lestariningsih, D., Nurlaela, L., & Mariono, A. (2018). The Impact of Self-Regulated Learning to Wards on The Ability to Understand A Concept of Pratical Chemical Engineering Operation. 173(Icei 2017), 90–92. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.24 Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107 Ngalimun, Suwitri, S., Warsono, H., & Kismartini. (2015). Implementation Policy Integrated Service (OSS) in South Sumatra Province. Asian Journal of Social Sciences & Humanities, 4(4), 78–90. Nizwardi, J., & Ambiyar, A. (2016). Media & Sumber Belajar. Jakarta : Kencana, 1–236. Nurkhasanah, D., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 35(1), 33–41. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p33-41 Permana, E. P. (2015). Penerapan Metode Problem Solving Dengan Media Grafis Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(1), 25–36. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/152 Putri Umbara, I. A. A., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 13. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154 Ramadhani, T., Koryati, D., & . D. (2016). Analisis Model Dan Media Pembelajaran Yang Digunakan Oleh Guru Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Se-Kecamatan Inderalaya. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 34–45. Saputri, M. E., & Emidar, E. A. (2017). Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia dan Respon Siswa dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas IX SMP Negeri 26 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 55–63. Sudiatmaka, K. (2015). Pengembangan Model Pendidikan Multikultur Berbantuan Modul Berbasis Masalah Yang Berorientasi Pada Spiritualisme Dalam Pembelajaran Ips – Sd. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 1(1), 28–39. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i1.4484 Supardi. (2011). Dasar-dasar ilmu sosial. Penerbit Ombak. Widodo, C. S. (n.d.). J.(2008) Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. R.
DOI: https://doi.org/10.18860/mad.v16i1.19180
Copyright (c) 2023 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.