Implementasi Model Pembelajaran Active Learning Tipe Pengadilan Majelis Hakim Dalam Pembelajaran PJOK Materi Narkoba dan Pelecehan Seksual Pada Siswa Kelas VI SDN Tanggulangin I
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran PJOK setelah diterapkannya model pembelajaran active learning tipe pengadilan majelis hakim; dan mengetahui aktivitas belajar siswa kelas VI SDN Tanggulangin I Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan diterapkannya model pembelajaran active learning tipe pengadilan majelis hakim. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 (dua) putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Tanggulangin I tahun pelajaran 2015/2016. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, dari siklus I sampai siklus II yaitu: siklus I (77,78%) dan siklus II (94,44%) dengan nilai rata-rata siklus I (79,56) dan siklus II (86,00). Pada akhirnya, model pembelajaran active learning tipe pengadilan majelis hakim dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SDN Tanggulangin I tahun pelajaran 2015/2016, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran mata pelajaran PJOK.
Keywords
Pembelajaran PJOK; Active Learning; Pengadilan Majelis Hakim
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18860/jt.v9i2.4790
Copyright (c) 2017 MADRASAH
INDEXED & SUPPORTED BY:
EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398
Email: madrasah@uin-malang.ac.id
Website:https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah