Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Siswa Kelas IV SDN Bringin
Abstract
Model pembelajaran Treffinger pada mata pelajaran PKn diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa SD. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) mengetahui penerapan model pembelajaran Treffinger pada mata pelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan? (b) mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Bringin tahun pelajaran 2014/2015? (c) mengetahui aktifitas dan minat belajar siswa kelas IV SDN Bringin tahun pelajaran 2014/2015 terhadap pelajaran PKn dengan diterapkannya model pembelajaran Treffinger? Penelitian ini menggunakan desain penelitian yang digunakan adalah One Group pretest-Posttest desaign dan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SDN Bringin tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata peningkatan prestasi belajar siswa mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini ditunjukan oleh nilai rata-rata gain skor yang dinormalisasi siklus I sebesar 0,35 dengan kriteria sedang dan siklus I sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi
Keywords
Pembelajaran PKn; Model Pembelajaran Treffinger; Prestasi Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18860/jt.v9i2.4791
Copyright (c) 2017 MADRASAH