Konsepsi Penerapan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Sikap Ilmiah Dalam Desain Pengembangan Modul Panduan Eksperimen Ipa SD/MI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aktamis, Hilal dan Omer Ergin, (2008). The Effect of Scientific Process Skills Education on Students’ Scientific Creatifity, Science Attitude and Academic Achievements. Asia Pacific Forum on Science Learning and Teaching, Volume 9, Issues 1, Article 4.
Borg & Gall, (1983), Education research: An Introduction, Longman Edisi 2, McKay University of Wisconsin-Madison, New York.
Carin, Artur A & Robert B. Sund (1989). Teaching science through discovery. Sixth edition. Columbus. Charles E. Merrill Publishing Company
Depdiknas. (2007). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Puskur, Balitbang Depdiknas
Dirman dan Cicih Juarsih, (2014). Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik, Jakarta: Rineka Cipta.
Karhami, K. A. (2000). Sikap Ilmiah Sebagai Wahana Pengembangan Unsur Budi Pekerti (kajian melalui sudut pandang pengajaran IPA). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No.027, Tahun ke-6, November.
Koballa & Chiapetta. (2010). Science Instruction in the Middle and Secondary School Pearson: USA
Moedjiono dan Dimyati, (1992). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Dipartemen Pendidikan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan
Nath, Streetanuka dan Sybil Thomas. (2012). Enhancing Science Process Skills and Scientific Attitute and Analysing their Interactions: An Intervention through Inquiry Learning Approach. Internatuonal Journal of Scientific Reasearch, ISSN No. 2277-8179. Volume 1, Issues 1, June, h. 37-42
Novitasari, (2014). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Mengoptimalkan Praktikum Virtual Laboratory Materi Induksi Elektromagnetik”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2014: Di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tanggal 11 September 2014).
Prastowo, Andi. (2014), Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Jakarta: Kencana.
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Sabri, Ahmad, (2005), Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Ciputat: Ciputat Press
Samatowa, Usman. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Nasional
Sari, Prima Mutia, (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Praktikum terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Iilmiah dan Penguasaan Konsep Sistem Regulasi. Thesis Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Suamntri, M dan Permana, J. (2001) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Maulana.
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sujiono, Eko Hadi dan Khaeruddin. (2005). Modul Fisika SMA pada Pendidikan & Latihan Profesi Guru. Penyelenggara Sertifikasi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar
Sukiman. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Sukmadinata, Nana Syaohdih, (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
Trianto, (2013). Model Pembelajaran Terpadu, Surabaya: Bumi Aksara.
Winataputra, Udin.S. (1992). Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati, (2014). Metodologi Pembelajaran IPA, Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i1.5801
Copyright (c) 2018 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.