IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERMUATAN STEAM DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL VI BIRING ROMANG

A Auliah Rahma, Sitti Nurhidayah Ilyas, Muhammad Akil Musi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pembelajaran bermuatan STEAM dalam mengembangkan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI Biring Romang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran bermuatan STEAM mampu mendorong anak dalam mengembangkan kemampuan literasi. Kemampuan literasi mencakup kemampuan memiliki minat dalam kegiatan menggunakan buku cerita bergambar, anak mengenali gambar dan menyebutkan simbol tulisan, anak mampu menyebutkan huruf awal dari nama benda, anak dapat menulis namanya, serta anak mampu menceritakan cerita yang telah di dengar atau dibaca. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan guru untuk memfasilitasi anak, memberikan pertanyaan dan memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi semaksimal mungkin.


Keywords


Pembelajaran STEAM; Literasi; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v4i2.21300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool