Analisis Psikometri Aitem Need of Agression Tes EPPS pada Remaja Akhir
Abstract
Abstrak: Edwards Personal preference Schedule (EPPS) adalah salah satu alat ukur yang cukup popular digunakan dalam dunia psikologi yang digunakan untuk melihat kepribadian individu melalui Teknik non-proyeksi atau inventory. Terdapat 15 kebutuhan (need) pada EPPS, salah satunya adalah need of agression. Pada penelitian ini dilakukan analisis deskriptif terkait analisis psikometri menggunakan model Rasch yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan item, dan Differential Item Functioning (DIF). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa item-item yang mengukur need of aggression memiliki nilai koefisien validitas dan reliabilitas yang baik. Terdapat satu item yang memiliki tingkat kesulitan tinggi dan satu item yang memiliki tingkat kesulitan rendah. Kemudian terdapat dua item yang terdeteksi bias berdasarkan jenis kelamin.
Kata Kunci: Need of Agression; Analisis Psikometri; model Rasch; EPPS; Remaja
Abstract: Edwards Personal Preference Schedule (EPPS) is a measurement tool that is quite popular in psychology, which is used to see individual personalities through non-projection or inventory techniques. There are 15 needs (needs) in the EPPS, one of which is aggression. In this study, a descriptive analysis related to psychometric analysis using the Rasch model was carried out, including validity, reliability, item difficulty level, and Differential Item Functioning (DIF). The results of this study indicate that the items that measure the need for aggression have good validity and reliability coefficients. There is one item with a high difficulty level and one with a low difficulty level. Then two items are detected to be biased by gender.
Keywords: Need of Agression; Psycometric Analysis; Rasch Model; EPPS; Adoloscents
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adisubroto, D., Hadipranata, A. F., & Sudardjo. (1980). Penelitian reliabilitas dan validitas tes EPPS yang di adaptasi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Anastasi, A., & Urbina, S. (2007). (2007). Psychological testing (7th ed.). PT. Indeks. Jakarta: PT. Indeks.
Azwar, S. (2008). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Berk, L. E. (2007). Development through the lifespan 4th edition. Boston: Pearson.
Coccaro, E. F. (2003). aggression: psychiatric assessment and treatment. New York: Marcel Dekker. Inc.
Crick, N. R., & Dodge, K. A. (1994). A review and reformulation of social information-processing mechanisms in children’s social adjustment. Psychological Bulletin, 115, 74 – 101.
Cronbach, L. J. (1990). Essentials of Psychological testing (Fifth Edition). New York: Harper & Row, Publishers.
Diahsari, E. Y. (2016). Tes kepribadian non proyektif: teori, praktik dan aplikasi. Yogyakarta: Semesta Ilmu.
Dwiyono, F. (2008). Kecenderungan perperilaku agresif ditinjau dari identitas gender. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.
Edward, A. L. (1959). Edwards personal preference schedule. Manual Revise. US: University of Washington.
Faizah. (2008). Buku panduan mata kuliah tes inventory. Malang: Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Fisher Jr., W. P. (2007). Rating scale instrument quality criteria. Rasch Measurement Transaction, 21, 1095.
Ghei, S. N. (1963). The reliability and validity of Edwards personal preference schedule: a cross-cultural study. The Journal of Social Psychology, 61:2, 241-246, DOI: 10.1080/00224545.1963.9919481.
Gregory, R. J. (2010). Tes psikologi: sejarah, prinsip dan aplikasi (Edisi Keenam, Jilid 2). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hayani, I. M., & Wulandari, P. Y. (2017). Perbedaan kecenderungan perilaku agresi ditinjau dari harga diri pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, Vol. 6, pp. 32-42.
Kaplan, R. M., & Saccuzzo, D. P. (2005). Psychological Testing Principles, Application and Issue. Sixth Edition. USA: Wadsworth.
Osterlind, S. J. (2010). Modern Measurement: Theory, Principles, and Applications of Mental Appraisal (Second Edition). United States of America: Pearson Education, Inc.
Piedmont, R. L., McCrae, R. R., & Costa, P. T. (1992). An assessment of the Edwards personal preference schedule from the perspective of five-factor model. Journal of Personality Assessment, 58(1), 67-78.
Pratomo, L. B. H. (2005). tingkat social desirability item-item EPPS edwards personal preference schedule (Skripsi). Yogkatarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma
Rosadi, R. S., Widyastuti, & Rifdah, A. (2018). penyusunan norma edward personal preference schedule (EPPS). Makassar: Repository Universitas Negeri Makassar.
Santrock, J. (2011). life span development: perkembangan masa hidup, Jilid 1 (edisi ketigabelas). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Siregar, R. M. (2021). Analisis keberfungsian aitem heteroseksual edwards personal preference schedule (EPPS) pada remaja (Skripsi). Medan: Fakultas Psikologi Universitas Negeri Sumatera Utara.
Soehardi. (2002). Nilai-nilai tradisi lisan dalam budaya jawa. Jurnal Humaniora, Vol. 14, No. 3, hal 1-13. ISSN: 2302-9269
Suhendri, D., & Rahmawati, E. (2014). Analisis karakteristik psikometri edwards personal preference schedule (EPPS) (Skripsi). Medan: Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi model rasch untuk penelitian ilmu-ilmu sosial. Cimahi: TrimKom Publishing house.
Thomas J. Bouchard, J. (1968). Convergent and discriminant validity of the adjective checklist and Edwards personal preference schedule. Educational and Psychological Measurement, 28, 1165-1171.
Yudiati, E. A., & Rahayu, E. (2018). Analisis kebutuhan dan profil kepribadian pada orang-orang pengidap hiv/aids: tinjauan dari edward personality preference schedule. Psikodimensia, Vol. 17, No. 1, ISSN : 1411-6073, 43-53.
DOI: https://doi.org/10.18860/psikoislamika.v18i2.13814
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing By:
------------------------------------------------------------------------------------------
PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.