KOEFISIEN RELIABILITAS SEBAGAI KARAKTERISTIK SAMPEL: PENGUJIAN DENGAN INSTRUMENT POTRAIT VALUES QUESTIONNARE (PVQ) DARI SCHWARTZ

Moh. Abdul Hakim

Abstract


ABSTRAK Koefisien reliabilitas seringkali disalahpahami oleh peneliti sebagai indicator konsistensi alat ukur. Padahal, sebagaimana dinyatakan Vacha-Haase (1998) dan Thompson (1994), reliabilitas merupakan karakteristik sampel. Koefisien reliabilitas suatu alat ukur akan dipengaruhi oleh karakteristik sampel. Penelitian ini dilakukan untuk membutkikan pernyataan tersebut. Peneliti menggunakan Potrait Values Questionnaire (PVQ) Schwartz   untuk melakukan pengambilan data pada 36 area pengambilan data (jumlah responden sebanyak 1.083). Koefisien reliabilitas PVQ pada masing-masing area dihitung kemudian diregresikan dengan proporsi laki-laki dan perempuan serta tingkat perkembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi perempuan  memiliki sumbangan efektif terhadap koefisien reliabilitas sebesar 34,8% (beta = -0,348). Artinya, semakin besar proporsi responden perempuan maka koefisien reliabilitas PVQ semakin rendah. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa karakteristik sampel yang digunakan mempengaruhi reliabilitas PVQ.

Kata kunci: Koefisien reliabilitas, Skala, Sampel, PVQ


Keywords


Koefisien reliabilitas; Skala; Sampel; PVQ

Full Text:

PDF PS


DOI: https://doi.org/10.18860/psi.v0i0.1550



Indexing By:

    

 

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.