Procrastination: The Role of Self Regulation And Anxiety

Tsafitri Rinti Taddaga, Siti Khorriyatul Khotimah

Abstract


Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengkaji Self Regulation dan kecemasan sebagai prediktor prokrastinasi pada mahasiswa. Penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan sejumlah 100 subjek. Data dikumpulkan dengan menggunakan sekala prokrastinasi, sekala Self Regulation dan sekala kecemasan yang telah terbukti valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukan adanya pengaruh secara parsial antara variabel prokrastinasi dengan Self Regulation, juga adanya pengaruh variabel prokrastinasi dengan kecemasan. Hasil uji secara simultan menujukan bahwa terdapat pengaruh variabel prokrastinasi dengan Self Regulation dan kecemasan. Besar pengaruh secara simultan sebesar 29%. Dengan demikian adanya penilitian ini dapat menanbah informasi mengenai engaruh Self Regulation dan kecemasan terhadap prokrastinasi.  

Keywords


Prokrastinasi, Self Regulation, Kecemasan.

References


Asri, N. D. (2018). Prokrastinasi akademik : Teori dan riset dalam perspektif pembelajaran berbasis proyek dan self-regulated learning (1st ed.). UNIPMA Press.

Bolbolian, M., Asgari, S., Sefidi, F., & Zadeh, A. S. (2021). The relationship between test anxiety and academic procrastination among the dental students. Journal Of Education And Health Promotion. https://doi.org/https://doi.org/10.4103%2Fjehp.jehp_867_20

Cahyaratri, M. T., Saktini, F., Asikin, H. G., & Sumekar, T. A. (2020). The Relationship of Academic Procrastination With Stress, Anxiety, And Depression During Covid-19 Pandemic In Students Of The Medical Study Program, Faculty Of Medicine, UNDIP. JURNAL KEDOKTERAN DIPONEGORO, 11.

Damri, E., & Anwar, F. (2017). Hubungan self-efficacy dan prokrastinasi akademik mahasiswa dalam menyelesaikan tugas perkuliahan. Jurnal Edukasi, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/je.v3i1.1415

Fahmawati, Z. N. (2023). Self-regulated learning to reduce academic procrastination of muhammadiyah boarding school students at smp muhammadiyah 5 reinforcement. Formosa Journal Of Sustainable Research. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i1.2673

Fatmahendra, I., & Nugraha, S. (2018). Hubungan kecemasan dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa universitas islam bandung. Prosiding Psikologi, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11635

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance : Theory, research and treatment. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-0227-6

Jamila. (2020). Konsep prokratinasi akademik mahasiswa. Jurnal Edutech, 6(2). https://doi.org/10.30596/edutech.v6i2.4935

Kim, L. S., Nainee, S., & Soon Aun, T. (2018). The association between self-regulation and procrastination among private university students in malaysia. Jurnal Psikologi Malaysia, 32(1), 12–18. http://spaj.ukm.my/ppppm/jpm/article/view/327.

Mohammadi Bytamar, J., Saed, O., & Khakpoor, S. (2020). Emotion regulation difficulties and academic procrastination. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.524588

Mujirohwati, N., & Khoirunnisa, R. N. (2022). Hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan ppokrastinasi pada mahasiswa. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5), 116–124. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/47488.

Mukholil. (2018). Kecemasan dalam Proses Belajar. Eksponen, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.47637/eksponen.v8i1.135

Mulyana, P., Nurdin, F. S., & Nurfatwa, D. (2022). Prokrastinasi akademik, emotion focused coping dan kecemasan pada mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi. https://doi.org/10.29080/jpp.v13i2.815

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Psikologi abnormal. Erlangga.

Noviyanti, Y., & Utaminingsih, D. (2019). Hubungan self regulated learning dengan prokrastinasi pada mahasiswa. ALIBKIN, 7(4). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/19285

Nugraheni, P. P., & Yudiarso, A. (2021). Mental practice untuk menurunkan kecemasan: Sebuah meta-analisis. Jurnal Studia Insania, 9(1), 69. https://doi.org/10.18592/jsi.v9i1.4469

Oktia, V., Monika, S., & Wijaya, E. (2023). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dan Kecemasan Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(1).

Pradnyaswari, N. M., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Peran self control dan self regulated learning terhadap prokrastinasi akademik siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA ) . Jurnal Psikologi Udayana, 6(3), 32–43. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/download/52406/31013

Ramzi, F., & Saed, O. (2019). The roles of self-regulation and self-control in procrastination. Psychol Behav Sci Int, 13(3). https://doi.org/10.19080/PBSIJ.2019.13.555863

Roidah, S., Wilson, & Achmad, S. S. (2022). Hubungan kecemasan dengan prokrastinasi akademik mahasiswa Prodi Pendidikan Masyarakat dalam melaksanakan PLP FKIP UNRI. JURNAL IDEAS : Pendidikan, Sosial, dan Budaya. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.604

Saman, A. (2017). Analisis prokrastinasi akademik mahasiswa (studi pada mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan). Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 3(2). https://ojs.unm.ac.id/index.php/JPPK

Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2016). Self-regulated learning dan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto. Jurnal Empat, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2016.14946

Saplavska, J., & Jerkunkova, A. (2018, May 23). Academic procrastination and anxiety among students. https://doi.org/10.22616/ERDev2018.17.N357

Saputri, D., Ilyas, A., & Ardi, Z. (2020). The relationship of shelf regulation with academic procrastination of students. Jurnal Neo Konseling, 2(2). https://doi.org/10.24036/00290kons2020

Sari, M. P., & Hazim, H. (2023). The relationship between academic anxiety and academic procrastination in students of the Faculty of Psychology and Education, University of Muhammadiyah Sidoarjo. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 5. https://doi.org/10.21070/jims.v5i0.1581

Sari, N., & S. (2022). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Prokrastinasi Pada Siswa SMA Di Kota Samarinda [Universitas Mulawarman Samarinda]. http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/41375

Sari, N., & Susanti, N. (2017). Anxiety level and academic procrastination among clinical nursing student in the Faculty Of Nursing Of Universitas Indonesia. UI Proc. Health Med, 3. https://doi.org/10.7454/UIPHM.V3I0.205

Senécal, C., Koestner, R., & Vallerand, R. J. (1995). Self-regulation and academic procrastination. The Journal Of Social Psychology, 135(5), 607–619. https://doi.org/10.1080/00224545.1995.9712234

Suhadianto, S., & Pratitis, N. (2020). Eksplorasi faktor penyebab, dampak dan strategi untuk penanganan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 204. https://doi.org/10.24036/rapun.v10i2.106672

Susilo, P. T. E., & Eldawaty. (2021). Tingkat kecemasan mahasiswa dalam penyusunan skripsi di Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling.

Wardhiana, R. A., & Kusdiyati, S. (2018). Hubungan self regulation dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas “X” yang memiliki IPK rendah. Prosiding Psikologi , 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11384

Zimmerman, B. J. (1989). A social cognitive view of self-regulated academic learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329–339. https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.3.329

Zimmerman, B. J. (1990). Self-regulated learning and academic achievement: An overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501_2

Zimmerman, B. J., Bonner, S., & Kovach, R. (1996). Developing self-regulated learners: Beyond achievement to self-efficacy. American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/10213-000





DOI: https://doi.org/10.18860/psikoislamika.v20i2.21171

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing By:

    

 

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.