Attachment Anak Usia Dini di Pondok Pesantren

Rika Fuaturosida

Abstract


Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar (0-6 tahun). Oleh karena itu pada usia dini perlu diberi pendidikan, pembiasaan, dan keteladanan yang baik. Pada usia ini anak suka meniru, seluruh aspek kepribadiannya akan tumbuh dan berkembang secara alamiah oleh karena itu perlu rangsangan dari orang tua dan pendidik pada umumnya. Salah satu instansi yang menekankan pembentukan sifat-sifat moral spiritual adalah pesantren. Pesantren mencoba untuk memaknai hakikat pendidikan melalui prespektif islam, yaitu pendidikan harus dapat berfungsi sebagai media rekonstruksi diri dan pengembangan moral terhadap Allah, diri sendiri dan alam keseluruhan. Kelekatan sangat erat kaitannya dengan anak usia dini yang sedang menghadapi kesiapan belajar. Kebutuhan anak akan figur lekat sangat membantu anak dalam menghadapi masalah-masalah baru yang mungkin muncul di lingkungan tempat belajar anak. Ketika anak berada dalam lingkungan yang baru anak akan sangat membutuhkan dorongan dan semangat dalam menghadapi masalah barunya. Apalagi anak yang dikirim ke Pesantren dan harus belajar, anak harus memiliki kesiapan mental dalam menerima hal baru.

Keywords


Attachment; Anak Usia Dini; Pondok Santren

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/psi.v10i2.6366

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing By:

    

 

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.