Aplikasi Teori Fonologi pada Penanganan Anak Berkesulitas Membaca
Abstract
Kesulitan membaca atau sering di sebut disleksia merupakan salah satu kesulitan belajar khusus dalam membaca. Membaca merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki anak dalam menempuh pendidikan. Mengingat pentingnya kemampuan membaca bagi semua orang maka pemahaman kesulitan membaca dan intervensinya melalui berbagai macam pendekatan sangat penting. Tulisan berikut ini akan mendiskusikan pentingnya penanganan kesulitan membaca pada anak berdasarkan pendekatan teori fonologi. Penanganan anak berkesulitan membaca membutuhkan pelayanan yang kompleks, demikian pula pelatihan kesadaran fonologi sebagai salah satu model pengembangan teori defisit fonologi akan lebih efektif bila dikombinasikan dengan pelatihan yang lain, antara lain fonologi dengan ketrampilan bunyi bahasa, ketrampilan huruf dan visual taktil-auditori sensori motorik.
Keywords
Kesulitan membaca; anak; teori fonologi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18860/psi.v10i2.6371
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing By:
------------------------------------------------------------------------------------------
PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.