Pengelolaan Kepramukaan dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa di SMA Negeri 1 Bireuen Provinsi Aceh
Miftahul Jannah, Sitti Fathir Rahmah, Mukhairir Fikri Ihsan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis proses pengelolaan kepramukaan pada SMA Negeri 1 Bireuen Provinsi Aceh yang menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menginformasikan bahwa: 1. Pelaksanaan kepramukaan dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa di SMA Negeri 1 Bireuen yang kemudian oleh pihak sekolah memberi kepercayaan kepada Pembina pramuka yang meliputi bidang kegiatan dan operasional, bidang teknik kepramukaan dan bidang pengabdian masyarakat; 2. Upaya pembinaan pramuka dalam pembentukan karakter kepemimpinan siswa SMA Negeri 1 Bireuen yaitu dengan membangun dan mengembangkan anggotnya untuk memiliki kepribadian yang baik dan mandiri sehingga memiliki sikap kepemimpinan dan sosial kemasyarakatan; 3. Factor pendukung yang harus dimanfaatkan dan factor penghambat yang harus diminimalisirkan dengan penuh kebijaksanaan. Pengelolaan kepramukaan di SMA Negeri 1 Bireuen sudah unggul di Kab. Bireuen dibuktikan dengan perolehan juara terbaik 1 pada tahun 2018 dan tahun 2019 tingkat Kab/Kota. Denga demikian pada sisi kelebihan patut diberi apresiasi atas keunggulannya dan sebaliknya pada sisi kelemahan hendaklah diberi solusi dan dukungan dalam kegiatan pramuka secara bersama-sama untuk mencapai tujuan pramuka dalam rangka pengkaderisasian generasi berkarakter kepemimpinan siswa yang baik.
References
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, T. P. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Hasibuan, M. S. (2014). Manajemen, Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara. Indonesia, P. R. (2010). Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa, Tahun 2010-2025. Muflihin, M. H. (2019). Mengajar dan Membina Pramuka. Bandung: Rosdakarya. Muhaimin, d. (2015). Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah). Jakarta: Prenamedia Group. Nawawi, H. (1989). Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: Tema Baru. Nazir, M. (1985). Metode Penelitian . Jakarta : Ghalia Indonesia . Saragih, N. K. (2014). Pengaruh Kegiatan Ektrakurikuler Kepraukaan Terhadap Perilaku Prososial Remaja Di SMP Santa Ursula Jakarta. Persona: Jurnal Psikology Indonesia , 259-60. Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung : Alfabeta. Sujak, Z. A. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya. Widodo, A. (2003). Ramuan Lengkap Bagi Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pembina Pramuka. Yogyakakarta: Kwartir Daerah XII DIY.
DOI:
https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i2.14216
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Miftahul Jannah
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY
AR-ROSIKHUN: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Mailing Address
Pascasarjana Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jl. Raya Ir. Soekarno No.34 Dadaprejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur