Manajemen Kesesuaian Indikator Pencapaian Kompetensi dengan Kompetensi Dasar pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab Permendikbud 37

Ahmad Dzulfikar Al Farobi, Moh. Ainin, Muassomah Muassomah, Eko Bowo Wicaksono

Abstract


Abstrak

Hadirnya Permendikbud 2018 membawa banyak perubahan khususnya pada penerapannya di 2021/2022. Menyikapi hal ini sekolah dan khususnya para pendidik perlu menyikapi dengan menyesuaikan dalam penyusunan perangkat pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menganalisis Indek Pencapaian Kompetensi (IPK) menggunakan lembar analisis berbentuk checklist dengan kriteria sesuai (S) dan tidak sesuai (TS). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persentase kesesuaian IPK dengan Kompetensi Dasar (KD) secara keseluruhan yaitu 87%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa IPK yang disusun oleh guru sudah sesuai KD.

Kata kunci: Indikator Pencapaian Kompetensi, Kompetensi Dasar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Bariyah, L.. “Analisis Kesesuaian RPP Dan Pelaksanaan Pembelajaran Guru SMPN di Kabupaten Mojokerto pada Sub Materi Fotosintesis dengan Kurikulum 2013”. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol. 3(3), pp: 453-460. 2014.

Dina Insani, Farah. “Sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini,” As-Salam I, Vol. VIII No.1, Th. 2019.

Gunawan. Imam, Retno Palupi. Anggarini, “Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian” Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Vol 2, No 02, 2012.

Haqiqi, Arghob Khofya. “Telaah Implementasi Kurikulum 2013: Tinjauan Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.” Journal of Natural Science and Integration. Vol. 2, No. 1, April 2019.

Indaryanti, Susanti, E., Aisyah, N., dan Seristia. “Analisis Kesesuaian Indikator terhadap Kompetensi Dasar pada Pelajaran Matematika oleh Guru Sekolah Menengah Palembang,” Jurnal Gantang, Vol. 4(2), pp: 103-109, 2018.

Indriawati, S., Sunardi, & Kurniati, D. “Pengembangan Indikator 4 C’s yang Selaras dengan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Kelas IX Semester 1,” KadikmA, Vol. 8(2), pp: 176-188, 2017.

Indriawati, S., Sunardi, dan Kurniati, D. “Pengembangan Indikator 4 C’s yang Selaras dengan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Kelas IX Semester 1.” KadikmA, Vol. 8(2), pp: 176-188, 2017.

Kunandar. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2011.

Luh Gede E. S., Ni. “Analisis Unsur-Unsur Pendidikan Masa Lalu Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pembelajaran Pada Era Globalisasi,” Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, Vol. 4, No. 1, Juni 2018.

M. Thaib, Rizali dan Siswanto, Irman “Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan (Suatu Analisis Implementatif),” Jurnal Edukasi UIN Ar-Raniry, Vol 1, Nomor 2, July 2015.

Mauliandri. R, Maimunah dan Roza, Y. “Kesesuaian Alat Evaluasi Dengan Indikator Pencapaian Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Pada RPP Matematika,” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 05, No. 01, Maret 2021.

Mauliandri. R, Maimunah, Roza, Y. “Kesesuaian Alat Evaluasi Dengan Indikator Pencapaian Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Pada RPP Matematika,” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 05, No. 01, Maret 2021.

Mulatsih, Bekti. “Penerapan Taksonomi Bloom Revisi pada Pengembangan Soal Kimia Ranah Pengetahuan,” Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol.6, No.1, Januari 2021.

Muzamiroh, M. L.. Kupas Tuntas Kurikulum. Jakarta: Kata Pena, 2013.

Purnamasari, V eryliana dan Nur Wangid, Muhammad, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Untuk Membangun Karakter Kepedulian Dan Kedisiplinan” Jurnal Pendidikan Karakter, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VI, Nomor 2, Oktober 2016.

Purnamasari, Veryliana dan Nur Wangid, Muhammad. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Untuk Membangun Karakter Kepedulian Dan Kedisiplinan,” Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VI, Nomor 2, Oktober 2016.

Putra, Amali. “Pencapaian Kompetensi Siswa Dalam Pelajaran Fisika Ditinjau Dari Kompleksitas Konten Dan Tingkatan Proses Kognitif Pada Sma Negeri Di Kota Padang”. Eksakta, Vol. 1 Tahun XVI Februari 2015.

Ruwaida, Hikmatu. “Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi : Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih Di Mi Miftahul Anwar Desa Banua Lawas,” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol. 4, No. 1, Juli-Desember 2019.

Zani, Syarifman, “Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Pendampingan (Coaching) Di Sdn 016 Tambusai Utara Kab. Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2018/2019, SDN Negeri 016 Tambusai Utara,”. Jurnal Edu Sains, Vol. 2 No.1 Januari 2019.




DOI: https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i3.16479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Dzulfikar Al Farobi, Moh. Ainin, Muassomah Muassomah, Eko Bowo Wicaksono

AR-ROSIKHUN: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 
Mailing Address
Pascasarjana Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jl. Raya Ir. Soekarno No.34 Dadaprejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur
                                                                                                                      

INDEXED BY