BENTUK SAJIAN DAN FUNGSI LAGU ANAK DALAM PROSES TERAPI WICARA DI YAYASAN LOMBOK CARE
Yuga Anggana Sosani
Abstract
Tulisan ini membahas tentang bentuk sajian dan fungsi lagu anak dalam proses terapi wicara pada anak penyandang Cerebral Palsy di Yayasan Lombokcare. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, untuk mengetahui bagaimana bentuk sajian lagu anak untuk keperluan terapi wicara pada anak penyandang Cerebral Palsy, serta apa fungsi lagu anak pada proses rehabilitasi anak penyandang disabilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi dokumen berupa rekaman audio dan pengambilan video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu anak yang digunakan untuk terapi anak penyandang disabilitas memiliki karakter melodi lagu yang sederhana, singkat, dan mudah diingat oleh anak-anak, tema lagu bercerita tentang hal-hal yang terdapat dalam keseharian anak. Secara umum teks lagu mengandung nilai pendidikan sebagai sarana mempermudah anak untuk belajar, irama lagu mengajak anak untuk aktif bergerak, melodi lagu menggunakan rentang nada tidak lebih dari satu oktaf agar memudahkan anak menjangkau jarak suara. Lagu anak berfungsi sebagai penghibur bagi anak, juga sebagai stimulus reaksi jasmani dalam proses terapi, sebagai media pendukung pembelajaran dalam terapi wicara dan berfungsi untuk membangun suasana yang kondusif dalam proses terapi wicara.
Keywords
Cerebral Palsy, Disabilitas, Lagu Anak, Terapi Wicara
Editorial Office: Gedung Perpustakaan Lt.1 Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jl. Gajayana No. 50 Malang. Telp. (0341) 551354, Fax. 572533 Email: egalita@uin-malang.ac.id