Moderasi Islamic Social Reporting pada Ukuran Perusahaan, Kecukupan Modal, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, S. (2019). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengukuran Pengungkapan Corporate Social Responsisbility (CSR) Perbankan Syariah Berdasarkan Indeks Islamic Social Reporting (ISR). Jurnal Akuntansi & Manajemen Akmenika.
Ayu, D. P., & Suarjana, A. A. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Reporting (CSR) sebagai Variabel Mediasi pada Perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Manajemen Unud Vol. 6, No 3, 1248-1277.
Brigham, E., & Houston, J. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan (Edisi 11). Salemba Empat.
Fahmi, I. (2014). Manajemen keuangan perusahaan dan pasar modal. Jakarta: Mitra Wacana Media, 109.
Fajaria, A. Z. (2018). The Effect of Profitability, Liquidity, Leverage and Firm Growth of Firm Value with its Dividend Policy as a Moderating Variable. International Journal of Managerial Studies and Research, 6(10), 55–69. https://doi.org/10.20431/2349-0349.0610005
Fauzi, S., & Indah, Y. (2019). Pengaruh Profitabilitas Dan Kecukupan Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Islamic Social Report (Isr) sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Bank Umum Syariah Indonesia Tahun 2014-2018). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(2), 238–255.
https://doi.org/10.33059/jmk.v8i2.1703
Fitri, P. B. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(1).
Fitriyah, N., Alamsyah, & P., H. (2015). Kinerja Keuangan dalam Kerangka Maqashid Syariah. Jurnal Riset Akuntasi Aksioma, 15(2), 72–95.
Frida, C. V. O. (2020). Manajemen Perbankan. Garudhawaca.
Ghazali, & Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariante dengan Program IMB SPSS 23. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halim, A. (2015). Manajemen Keuangan Bisnis: Konsep dan Aplikasinya (Edisi Pert). Mitra Wacana Media.
Hamid, Rahmad, S., & Anwar, S. M. (2019). Structuural Equation Modeling SEM. Institut Penulis Indonesia.
Haryono, S. (2012). Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS 22.00, LISREL 8.80 dan Smart PLS 3.0 (SSEM method for management research with AMOS 22.00, LISREL 8.80 and Smart PLS 3.0). Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9), 1689–1699.
Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi.Hirdinis, M. (2019). Capital structure and firm size on firm value moderated
by profitability. International Journal of Economics and Business Administration, 7(1), 174–191. https://doi.org/10.35808/ijeba/204
Indah, Y., & Sartikab, F. (2020). Mediating Effect of Islamic Social Reporting on the Relationship between Good Corporate Governance and Company Value: The Case of the State-Owned Enterprises. 8(1), 1–11.
Irianto, M. F. (2020). Kinerja keuangan memoderasi struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Accounting and Management Journal, 4(2), 77–82.
Israel, C., Mangantar, M., & Saerang, I. S. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Institusional Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei.
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1118–1127. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20073
Kadim, A., & Sunardi, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Terhadap Leverage Implikasi Terhadap Nilai Perusahaan Cosmetic and Household yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Articles Information, 3
(1), 22–32.
Kalbarini, R. . (2018). Implementasi Akuntabilitas dalam Sharia Enterprise Theory di Lembaga Bisnis Syariah (Studi Kasus: Swallayan Pamella Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam.
Kasmir. (2018a). Analisis Laporan Keuangan.
Kasmir. (2018b). Pemasaran Bank. Pranada Media.
Kiromah, A. N., & Dewi, H. R. (2019). Disclosure of Islamic Social Reporting a Comparative Study of Indonesia and Malaysia. The International Journal of Business Review (The Jobs Review), 2(1), 39–46.
https://doi.org/10.17509/tjr.v2i1.20335
Lubis, I. L., Sinaga, B. M., & Sasongko, H. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Sruktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 3(3), 458–465.
https://doi.org/10.17358/jabm.3.3.458
Maulina, R., & Iqramuddin. (2019). Pengaruh Likuiditas, Financial Leverage, Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Umum Syariah
Di Indonesia. Jurnal AKBIS, 3(1), 57–72.
Meidiawati, K., & Mildawati, T. (2016). Pengaruh Size, Growth, Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansii: Volume 5, Nomor 2, Februari 1-16.Munthe, I. L. S. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen
Laba Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 2(2), 53–60. https://doi.org/10.31629/jiafi.v2i2.1720
Nohong, M., Sobarsyah, M., Sanusi, A., Sartika Handayani, K., Otoluwa, N. I., & Bon, A. T. (2019). Islamic social reporting disclosure and firm value: Empirical study of firms listed in Jakarta Islamic Index. Proceedings of
the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, July, 2458–2494.
OJK. (2019). Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan, 53(9), 1689–1699.
Prayugi, L. I., Mardani, R. M., & Wahono, B. (2018). Pengaruh Price Earning Ratio, Profitabilitas, dan Keputusan terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Riset Manajemen, 53(9), 1689–1699.
Prihadi, T. (2019). Analisis Laporan Keuangan.
Purwani, T., Nurlaela, & Siti, A. W. (2018). The Influence of Company Size, Profitability, Liquidity, Leverage and Tax Avoidance Disclosure Against the Islamic Social Reporting on Companies Listed On The Indonesian
Stock Index of Sharia. The 2nd International Conference on Technology, Education, and Social Science 2018 (The 2nd ICTESS 2018), 2018, 39–47. Puspha, S., Emrinaldi, Nur, D., & Enni, S. (2017). Pengaruh Pembiayaan, Kas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Islamic Social Reporting (Isr) Dengan
Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. BMC Public Health, 25(1), 1–8. https://ejournl.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.or
g/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P
Putra, R., & Wijayanti, R. R. (2020). Islamic Values in the Annual Reports of the Shariah Bank to Create a Sharia Value-Added. Journal of Accounting and Investment, 21(1). https://doi.org/10.18196/jai.2101139
Rahayu, S. M., & Saifi, M. (2018). The Reciprocal Relationship Between Profitability and Capital Structture and its Impacts on The Corporate Values of Manufacturing Companies in Indonesia. Ratri, R. F., & Dewi, M. (2017). The Effect of Financial Performance and Environmental Performance on Firm Value with Islamic Social Reporting
(ISR) Disclosure as Intervening Variable in Companies Listed at Jakarta Islamic Index (JII). SHS Web of Conferences, 34, 12003.
https://doi.org/10.1051/shsconf/20173412003
Savira, M. N. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Dewan Pengawas Syariah, Crossdirectorship, Kepemilikan Manajerial, dan Kepemilikan Institusional terhadap Pengungkapan
Islamic Social Reporting (ISR). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Sutapa, S., & Laksito, H. (2018). Peran Islamic Social Reporting Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Indonesia, 7(1), 57. https://doi.org/10.30659/jai.7.1.57-68
Tahu, G. P., & Susilo, D. D. B. (2017). Effect of Liquidity , Leverage and Profitability to The Firm Value (Dividend Policy as Moderating Variable) in Manufacturing Company of Indonesia Stock Exchange. Research
Journal of Finance and Accounting, 8(18), 89–98.
Tamrin, M., Mus, H. R., & Arfah, A. (2018). Effect of profitability and dividend policy on corporate governance and firm value: Evidence from the Indonesian manufacturing Sectors. 19(10), 66–74. https://doi.org/10.31219/osf.io/7m9uk
Tandanu, A., & Suryadi, L. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara, 2(1), 108–117. https://journal.untar.ac.id/index.php/jpa/article/download/7138/470
Thaib, I., & Dewantoro, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Transportasi Laut Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Riset Perbankan Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 25–44.http://www.jrpma.spsperbanas.ac.id/index.php/jrpma/article/view/6
Utomo, M. N. (2019). Ramah Lingkungan dan Nilai Perusahaan. Jakarta: Jkad Media Publishing
DOI: https://doi.org/10.18860/iq.v17i2.11615
Editorial Office:
Management Department,
Faculty of Economics,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim
Gajayana Str. No. 50 Phone. 082334248882
E-mail: iqtishoduna@uin-malang.ac.id
E-ISSN 2614-3437
P-ISSN 1829-524X
IQTISHODUNA under CC BY SA 4.0 Internasional.
Indexed by:
Member of: