Gambaran Signifikansi Mindset dan Fungsionalisasi Jabatan dalam Membentuk Motivasi Kerja dan Minat Studi Lanjut Tenaga Kependidikan
Abstract
A study was conducted with the aim of knowing the effect of mindset, functionalization of positions on work motivation and interest in further studies in education staff at Maulana Malik Ibrahim State Islamic University Malang. This study uses a quantitative approach with a sample of 88 people with ASN status, the lowest graduates are Strata 1 and come from groups II-IV. This research basically wants to predict the effect of variables on variables in the research model that has been developed. The variables used in this study as a whole are latent variables (variables that cannot be measured directly). Based on these considerations, the data analysis in this study used the Structural Equation Model- Partial Least Square (SEM-PLS) approach with the help of the WarpPLS 6.0 program. The results of the study show that all variables have a significant positive effect, both direct and indirect effects. This means that respondents have a good way of thinking in responding to the regulation of functionalization of positions, have good work motivation and are highly willing to carry out further studies.
Keywords: Mindset, Functionalization of Position, Work Motivation and Interest in Further Studies
Abstrak: Sebuah penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pola pikir atau mindset, fungsionalisasi jabatan terhadap motivasi kerja dan minat studi lanjut pada tenaga kependidikan di Universitas Islam Negeri Maulana malik Ibrahim Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 88 orang yang berstatus ASN, lulusan terendah Strata 1 dan berasal dari golongan II-IV. Penelitian ini pada dasarnya ingin memprediksi pengaruh variabel terhadap variabel dalam model penelitian yang telah dikembangkan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini secara keseluruhan merupakan variabel laten (variabel yang tidak dapat diukur secara langsung). Atas dasar pertimbangan tersebut analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Structural Equation Model- Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan program WarpPLS 6.0. Hasil penelitian menyajikan bahwa seluruh variabel berpengaruh positif signifikan, baik pengaruh langsung maupun tidak langsung. Artinya responden memiliki cara berfikir yang bagus dalam menyikapi adanya regulasi fungsionalisasi jabatan, memiliki motivasi kerja yang baik dan berkemauan tinggi untuk melakukan studi lanjut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, W., & Hartono, J. 2015. Partial Least Square (PLS) – Alternatif Stuctural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis (Cetakan 1). Yogyakarta: Andi.
Aberor, A. R. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Atqiya, Muhammad Nafi’. 2017. Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Variabel Kepuasan Kerja Pada PT. PINDAD Malang. E-theses UIN Maliki Malang.
Crow, A dan Crow, L. 1998. Psikologi Belajar. Surabaya: Bima Ilmu.
Dewi, Herlina. 2013. Minat dan Motivasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir. Program Studi Magister Administrasi Publik UT. Jakarta.
Drucker, Peter F. 1999. Management Challenges for the 21st Century, First Edition. Harper Collins Publisher.
Harper Collins Publisher.
Ekawati, Fordiana. 2019. Pengaruh Pola Pikir (Mindset) Karyawan dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas PT. Panarub Industry Tangerang. Universitas Pamulang.
Farinda, I. 2016. Perombakan Birokrasi dan Tingkat Motivasi Kerja Pegawai di Sekretarian Daerah Kota Surakarta. Artikel Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1-9.
Ghozali, I., & Latan, H. 2012. Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit
Hair. 2010. Multivariate Data Analysis: A Global Perspective. London, Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
Hartono, A. 2007. Developing a Global Mindset: Individual and Organizational Level. Jurnal Eksekutif, Volume 4, Nomor 3, Desember.
Hasanah, Y. 2019. Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Pada Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Nusa Tenggara Barat. Skripsi Universitas Muhammadiyah Mataram, 1-91.
Hasibuan, M. 2003. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hudiyah, A. 2019. Analisis Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada Bank BTN Kantor Cabang Syariah. Skripsi Ekonomi Islam. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1-83.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.
Irawan, Anton et al. 2020. Analisa Daya Minat Karyawan Industri Melanjutkan ke Program Magister Teknik: Studi Kasus Industri Manufaktur Cilegon”. Jurnal Tirtayasa Ekonomika, Vol.15.
Kasali, R. 2020. Mindset, Mengubah Pola Berpikir untuk Perubahan Besar dalam Hidup Anda. BACA, Tangerang.
Khodijah. 2006. Pola Pikir dan Motivasi Psikologi. Jakarta: Balai Pustaka.
Mulyadi. 2007. Kekuatan Pola Pikir. Penerbit Gramedia Indonesia. Jakarta.
Pardiman dan Khoirul. 2020. A New Decade For Social Changes. Technium Social Sciences Journal. Vol. 11.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 34 Tahun 2012 tentang Pemberian Izin Belajar Dan Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 48 Tahun 2009 tentang Pedoman Pemberian Tugas Belajar bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional.
Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional PNS.
Pramiudi, udi dan Budi Setiawan. 2018. Penelusuran Persepsi Mahasiswa Atas Program Studi Akuntansi dan Minat studi Lanjut. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi. Vol. 2.
Prasetyo, Bambang. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Rhew E., Jody S. Piro, Pauline G., and Patricia C 2018. The effects of a growth mindset on self-efficacy and motivation. Cogent Education, 18(5): 1-16. https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1492337
Risparyanto, A. 2014. Pengaruh Jabatan Fungsional Terhadap Motivasi Kerja Pustakawan: Studi Kasus di Direktorat Perpustakaan UII. Jurnal Perpustakaan, 5(1): 21-27.
Robbins, P.S, dan Coulter, Mary (2007) Manajemen. Jilid 1 dan 2 Edisi kedelapan.
Senge, P. M. 1999. The Fifth Dicipline: The Art & Practice of The Learning Organization. New York: Currency Doubleday.
Soekarsono, Rame. 2019. Merubah Mindset ASN Menjadi Disruptive Mindset Sebagai Faktor Penentu Suksesnya Implementasi Industri 4.0 di Indonesia. Prosiding Seminar STIAMI. Vol. 6.
Sudrajat, Tedi. 2013. Gagasan Tentang Fungsionalisasi Jabatan Dalam Rangka Reformasi Birokrasi. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS. Vo. 7.
Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.
Sumakta, Ibnu Aji. 2015. Pengaruh Prestasi Belajar, Pendapatan Orang Tua, Ekspektasi Kerja Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke S2 Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY.
Surat Edaran Menteri PAN dan RB No. 04 Tahun 2013 tentang Pemberian Tugas Belajar dan Izin Belajar.
Syarifuddin. .2015. Fungsionalisasi Jabatan Penghulu dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja KUA Kecamatan di Kota Manado. Naskah Publikasi. Institut Agama Islam Negeri Manado, 66-77.
Tohidi, Hamid dan Mohammed Mehdi Jabbari. 2011. The Effect of Motivation in Education. Procedia_Social and Behavioral Sciences. Vol. 31, 820-824.
Undang-Undang Nomor 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi.
Undang-Undang Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yin, Jun. 2021. Mindset and Individual Learning in The Workplace – Asystematic Review and Future Agenda. Hokkaido University Collection of Scholarly and Academic Papers, 6: 8-26.
Yoga. 2008. Menantang Cara Berpikir Anda. Jakarta: Mendali Pratama.
https//:www.Menpan.go.id/ (diakses pada Februari 2021). HUMAS MENPAN-RB. 2019. Langkah Strategis Penyederhanaan Birokrasi.
DOI: https://doi.org/10.18860/iq.v18i2.12957
Editorial Office:
Management Department,
Faculty of Economics,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim
Gajayana Str. No. 50 Phone. 082334248882
E-mail: iqtishoduna@uin-malang.ac.id
E-ISSN 2614-3437
P-ISSN 1829-524X
IQTISHODUNA under CC BY SA 4.0 Internasional.
Indexed by:
Member of: