KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL MENCARI PEREMPUAN YANG HILANG (KAJIAN PSIKOANALISIS CARL GUSTAV JUNG)

Tri Septiarini, Renni Handayani Sembiring

Abstract


Dewasa ini, psikoanalisis yang lazim digunakan sebagai pendekatan penelitian adalah aspek kaidah-kaidah psikologi yang terdapat dalam karya sastra khususnya karakter tokoh-tokoh utama. Novel Mencari Perempuan yang Hilang karya DR. Imad Zaki, alih bahasa oleh Dr. Zuriyati menceritakan kisah pilu seorang wanita yang menghilang dari peradaban karena berat untuk menanggung beban kejahatan ayahnya yang merugikan orang banyak. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui bagaimana deskripsi tokoh-tokoh utama dalam novel yaitu Dokter Ahlam, Dokter Sholeh dan Abdul Ghani Zahabi; (b) mengetahui bagaimana tingkat kepribadian pada masing-masing tokoh utama; dan (c) mengetahui tipe kepribadian tokoh-tokoh utama dalam novel. Penelitian ini menerapkan analisis isi dengan  pendekatan kualitatif. Dokter Sholeh dan dokter Ahlam mempunyai karakter yang positif. Abdul Ghani Zahabi mempunyai karakter kejam. Dokter Sholeh cenderung memiliki tingkatan kepribadian kesadaran dan ketidaksadaran kolektif (persona). Dokter Ahlam cenderung memiliki tingkatan kepribadian kesadaran dan ketidaksadaran kolektif (animus). Dan Abdul Ghani Zahabi cenderung memiliki tingkatan kepribadian ketidaksadaran personal dan ketidaksadaran kolektif (persona, bayangan, dan anima). Dokter Sholeh cenderung termasuk kedalam tipe kepribadian ekstroversi (pemikir, perasa dan intuitif). Dokter Ahlam cenderung termasuk pada tipe kepribadian introversi (perasa dan intuitif). Dan Abdul Ghani Zahabi cenderung termasuk kedalam tipe kepribadian ekstroversi (pemikir dan perasa) dan introversi (pemikir dan intuitif).

Keywords


Novel Mencari Perempuan yang Hilang; Psikoanalisis Carl Gustav Jung; Kepribadian Tokoh Utama

Full Text:

PDF

References


Feist, Jess dan Gregorry J. Feist. (2006).Theories of Personality. New York: McGraw-Hill.

Firdaus, Pilda Nugraha. (2016). Gangguan Kepribadian Tokoh dalam Novel Mencari Perempuan yang Hilang Karya Dr. Imam Zaki: Kajian Psikologi Sastra. Diakses pada https://surauwongkulon.blogspot.co.id/2017/02/gangguan-kepribadian-tokoh-dalam-novel.html (tanggal 26 Oktober 2017).

Howard, S Friedman dan Miriam, W Schustack. (2008). Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga.

Jaenudin, Ujam. (2012). Psikologi Kepribadian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Matthew, H Olson. (2013). Pengantar Teori-teori Kepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pangtoro, Pratiwi Nadya. (2014). Kepribadian Tokoh Utama dalam Novek Madogiwa no Totto Chan Karya Tetsuko Kuroyanagi berdasarkan Tinjauan Psikoanalisis Carl Gustav Jung. Jakarta: Pascasarjana UNJ.

Schultz, D., & Schultz, S. (2005). Theories of Personality, (8th ed). Belmont, CA: Thomson Wadsworth.




DOI: https://doi.org/10.18860/ling.v12i2.4279



Copyright (c) 2017 LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra



Member of:

Crossref

Indexed by:

Dimension Google Scolar  Sinta Sinta   Journal TOCS     

Editorial Office:
Laboratory of Information and Publication, Faculty of Humanities
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur, Indonesia 65144
Email: jurnallingua@gmail.com
Phone: +62 (0)341 570872


Creative Commons License
LiNGUA by Laboratory of Information and Publication, Faculty of Humanities is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/humbud/index.