HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KABUPATEN JEMBRANA BALI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan supervisi kepala sekolah dan lingkunga kerja terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja di madrasah ibtidaiyah negeri kabupaten Jembrana Bali. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner atau angket. Populasi berjumlah 130 orang, sampel 97 responden. Teknik analisis data meliputi Outer Model dan Inner Model serta Bootstrapping. Hasil analisis data dalam penelitian ini (1) Ada hubungan yang positif signifikan dari supervisi kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru dengan nilai hubungan F2 0,451 ini menyatakan bahwa supervisi kepala sekolah yang ada MIN di Kabupaten Jembrana Bali cukup baik sehingga mampu meningkatkan motivasi kerja gurunya, (2) Ada hubungan yang positif signifikan dari lingkungan kerja terhadap kinerja guru dengan nilai hubungan F2 0,386 ini menyatakan bahwa lingkungan kerja yang ada di MIN Kabupaten Jembrana Bali cukup baik sehingga mampu meningkatkan kinerjanya. (3) Ada hubungan positif signifikan dari supervisi kepala sekolah dan lingkungan kerja yang dimediasi oleh moivasi kerja guru terhadap kinerja guru MIN di Kabupaten Jembrana Bali dengan nilai hubungan F2 0,925, ini menunjukkan bahwa motivasi kerja mampu menjadi mediasi antara supervisi kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru sehingga dengan ini kinerja guru yang ada di MIN di Kabupaten Jembrana Bali cukup baik.
DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v7i2.10950
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Journal of Islamic Education
INDEXING BY