STRATEGI TRANSFORMASI DAN TRADISI PEMBELAJARAN DALAM MODEL INTEGRASI MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI SMA AR-ROHMAH DAU MALANG)

Heri Khairiansyah

Abstract


Salah satu fenomena yang menjadi perhatian besar saat ini yaitu adanya dikotomi pendidikan di Indonesia yang ditandai adanya lembaga pendidikan jenis pesantren, madrasah dan sekolah yang memiliki corak dan sistem yang berbeda. Pesantren fokus pada kajian agama, sementara sekolah hanya mengkaji  pendidikan umum. Oleh karena itu lembaga pendidikan kita saat ini membutuhkan sebuah gagasan model dan manajemen kurikulum yang sekiranya dapat menambah wawasan pengetahun siswanya secara lengkap baik dari segi agama maupun ilmu pengetahaun. Salah satunya yaitu melalui model kurikulum Integrasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: pertama, Untuk Mengetahui Bagaimana Bentuk Strategi Transformasi Lembaga dalam Proses Pembelajaran di SMA Ar-Rohmah Malang. Kedua, Untuk mengetahui Bagaimana Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam dalam Pembentukan Tradisi Pembelajaran di SMA Ar-Rohmah Malang. Ketiga, Untuk Mengetahui Bagaimana Kurikulum Berbasis Integrasi dapat Mengakar bagi Pembentukan  Tradisi Pembelajaran di SMA Ar-Rohmah Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, coding data, lalu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian  di SMA Ar-Rohmah Malang ini adalah: 1) Strategi transformasi SMA Ar-Rohmah terdiri dari: a) Membentuk tim  pengembang; b) Menyusun Renstra; c) Orientasi masa depan; d) Punya nilai jual; e) Mendapatkan kepercayaan masyarakat; f) Pelayanan prima. 2) Manajemen kurikulum Pendidikan Islam SMA Ar-Rohmah Malang yaitu: a) Perencanaan, yang terdiri dari membentuk tim pengembang kurikulum, sosialisasi visi-misi dan target output lembaga; b) Pelaksanaan, yang terdiri dari menanamkan nilai adab, pembagian kurikulum, mengintegrasikan ilmu Al-Quran dan ilmu umum, monitoring dan supervisi. 3) Model kurikulum integrasi di SMA Ar-Rohmah Malang, terdapat dua aspek, yaitu: a) Siswa, yang terdiri dari mengutamakan adab, penanaman nilai-nilai spiritual, Dalil Al-Quran dan Hadist di setiap materi pelajaran, Menyeimbangkan ilmu dunia dan ilmu akhirat. b) Guru, yang terdiri dari Memahamkan visi-misi dan target output lembaga, sosialisasi terus-menerus. Monitoring dan supervisi. Evaluasi dan Reward.




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v7i1.10952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal of Islamic Education

INDEXING BY

         

 

Journal of Islamic Education (JiE) Journal
Published by:  Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, ISSN  2548-2998 (online)
Contact Us: Jl. Raya Ir. Soekarno No. 34 Dadaprejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Indonesia