Pengaruh Pembelajaran Integratif Dan Lingkungan Belajar Dalam Membentuk Karakter Religiusitas-Kebangsaan Pada Santri SMP Islam Bani Hasyim Malang

Hendra Jaya, Munirul Abidin

Abstract


Kegagalan pendidikan dalam mencetak manusia berkarakter religius berkebangsaan dilatar belakangi oleh pola pendidikan dikotomi. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan data pengaruh pembelajaran integratif dan lingkungan belajar terhadap pembentukan karakter religius bekebangsaan pada santri SMP Bani Hasyim Malang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah metode kuantitatif deskriptif. Hasil menujukan bahwa pembelajaran integratif dan lingkungan belajar memiliki pengaruh terhadad pembentukan karakter santri yang religius berkebangsaan. Variable Pembelajaran Integritas dan Lingkungan Belajar secara simultan dan parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Pembentukan Karakter Religiusitas-Kebangsaan pada Santri SMP Islam Bani Hasyim Malang.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v9i2.23098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Post Graduate Program,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang
Soekarno Street 1, Malang-East Java, Indonesia 65321
Phone (+62) 341 531133, Facsimile (+62) 341 531133
e-mail: jie@uin-malang.ac.id

P-ISSN 2086-5902
E-ISSN 2548-2998


Indexed by: