Pengaruh Pembelajaran Integratif Dan Lingkungan Belajar Dalam Membentuk Karakter Religiusitas-Kebangsaan Pada Santri SMP Islam Bani Hasyim Malang
Abstract
Kegagalan pendidikan dalam mencetak manusia berkarakter religius berkebangsaan dilatar belakangi oleh pola pendidikan dikotomi. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan data pengaruh pembelajaran integratif dan lingkungan belajar terhadap pembentukan karakter religius bekebangsaan pada santri SMP Bani Hasyim Malang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah metode kuantitatif deskriptif. Hasil menujukan bahwa pembelajaran integratif dan lingkungan belajar memiliki pengaruh terhadad pembentukan karakter santri yang religius berkebangsaan. Variable Pembelajaran Integritas dan Lingkungan Belajar secara simultan dan parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Pembentukan Karakter Religiusitas-Kebangsaan pada Santri SMP Islam Bani Hasyim Malang.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18860/jie.v9i2.23098
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal of Islamic Education
INDEXING BY
Journal of Islamic Education (JiE) Journal
Published by: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, ISSN 2548-2998 (online)
Contact Us: Jl. Raya Ir. Soekarno No. 34 Dadaprejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Indonesia
Email: jie@uin-malang.ac.id