Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi Digital Bagi Siswa Penyandang Disabilitas Intelektual

Nadhira Rifqi

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi lapangan dan wawancara yang didukung dengan adanya studi literatur. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana konsep, prinsip, dan strategi pembelajaran serta penerapan pembelajaran PAI berbasis literasi digital bagi siswa penyandang disabilitas intelektual di SLB YPAC Kota Malang. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan studi literatur menunjukkan bahwa (1) Konsep pembelajaran bagi anak disabilitas intelektual harus diperhatikan sesuai dengan kebutuhan anak tersebut, ditunjang dengan perkembangan IPTEK, serta peran aktif dari orang tua dan Masyarakat; (2) Prinsip pembelajarannya menggunakan lifelong learning, didukung dengan prinsip kasih sayang, prinsip keperagaan dan prinsip Habilitasi-Rehabilitasi; (3) Pendekatan yang paling tepat untuk diterapkan di dalam kelas adalah student centered learning, dan menggunakan strategi pembelajaran yang mengusung isu-isu nyata dalam kehidupan dalam pembelajarannya dan dikemas sedemikian rupa untuk memudahkan siswa memahami konsep; (4) Penerapan pembelajaran berbasis literasi digital bagi siswa penyandang disabilitas intelektual menggunakan pendekatan operasional, yaitu menekankan kepada pengembangan keterampilan mengakses dan menggunakan media tertentu. Oleh karena itu, untuk menunjang pendekatan operasional, dibutuhkan media berbasis digital, informasi dan pengetahuan yang didigitalisasi sehingga dapat diakses secara fleksibel.

Keywords


Digital Literacy Based Learning; Islamic Studies; Intelectual Disability Student

Full Text:

PDF

References


Aisah, Anita, dan Dwi Santosa. “Pelatihan Modifikasi Kurikulum Menggunakan Differentiatid Instruction Untuk Siswa disabilitas Intelektual.” Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam 20, no. 1 (2019): 19–35.

———. “Peningkatan Kapasitas Guru PAI Melalui Pelatihan Modifikasi Kurikulum Menggunakan Differentiatid Instruction Untuk Siswa disabilitas Intelektual.” Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam 20, no. 1 (2019): 19–35.

Ariyanto Dedy. “Peran Teknologi Pembelajaran Dalam Mendukung Implementasi Pendidikan Inklusi.” International Conference On Special Education In Southeast Asia Region 7 (2017): 381–84.

Assidik, Gallant Karunia. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Yang Interaktif Dan Kekinian.” Prosiding SAGA 1, no. 1 (2018): 242–46. www.seputarriau.co,.

Hafiz, Abdul. Pembelajaran PAI Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Sefa Bumi Persada. Vol. 1, 2017. https://osf.io/764dc.

Hanifah Salsabila, Unik, Angga Yuniarto, Natyanisa Satriafitri, Diniati Putri Vikasari, dan Diana Hasni Marfu’ah. “OPTIMASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA Angga Yuniarto 2.” At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 06, no. 02 (2022): 173–82.

Nafi’ah Setiani, Nurul, dan Novita Barokah. “Urgensi Literasi Digital dalam Menyongsong Siswa Sekolah Dasar menuju Generasi Emas Tahun 2045.” Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021, 2021, 411–27. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-411-.

Noorzanah. “Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam.” Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan 15, no. 28 (2017): 68–74.

Rahman, Abdul. “Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam - Tinjauan Epistemologi Dan Isi - Materi.” Eksis 8, no. 1 (2012): 2053–59.

Rochyadi, E. “Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita.” In Pengantar Pendidikan Luar Biasa, 2012.

Silalahi, Dumaris E., Eka Aprilya Handayani, Bangun Munthe, Melvin M. Simanjuntak, Sri Wahyuni, Ramlan Mahmud, Jamaludin, et al. Literasi Digital Berbasis Pendidikan, 2022.

Sri Wahyuningsih. “Modul Literasi Digital Di Sekolah Dasar.” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 2021, 1–22.

Suhardi, Didik, Hamid Muhammad, Harris Iskandar, Sumarna Surapranata, Hilmar Farid, Daryanto, dan Totok Suprayitno. “Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional.” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/cover-materi-pendukung-literasi-finansial-gabung.pdf.

Sukiman. “Menumbuhkan Kemandirian pada Anak.” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017, 1–149. http://repositori.kemdikbud.go.id/9762/1/MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK.pdf.

Syarifudin, Sy. “Pembelajaran Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Harapan Bunda Banjarmasin.” Mu’adalah Jurnal Studi Gender Dan Anak IV, no. 1 (2017): 75–92Tia Nurmeliawati, S.Psi. “Modul Guru Pembelajar SLB Tunanetra Kelompok Kompetensi B,” 39–42, 2016. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/9518.




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v10i2.23669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Islamic Education

INDEXING BY

         

 

Journal of Islamic Education (JiE) Journal
Published by:  Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, ISSN  2548-2998 (online)
Contact Us: Jl. Raya Ir. Soekarno No. 34 Dadaprejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Indonesia