TEOSOFI FALSAFI SEBAGAI PANDUAN ETIKA DALAM INTERAKSI SOSIAL SEHARI-HARI
Abstract
Penelitian ini berfokus pada penggunaan teosofi falsafi sebagai panduan etika dalam interaksi sosial sehari-hari. Dalam penelitian ini, penulis mempelajari bagaimana teosofi falsafi dapat membantu individu dalam mengembangkan etika yang lebih baik dalam berinteraksi dengan orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teosofi falsafi dapat menjadi panduan yang efektif dalam mengembangkan etika sosial yang lebih baik, terutama dalam situasi-situasi yang kompleks dan ambigu. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa teosofi falsafi dapat membantu individu dalam mengembangkan kesadaran diri dan meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan orang lain secara lebih efektif. Dengan demikian, penelitian ini berharap dapat memberikan kontribusi pada pengembangan etika sosial yang lebih baik melalui penggunaan teosofi falsafi sebagai panduan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Benny Prasetiya, Bahar Agus Setiawan, and Sofyan Rofi, “Implementasi Tasawuf Dalam Pendidikan Agama Islam: Independensi, Dialog Dan Integrasi,” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 5, no. 1 (2019): 64, https://doi.org/10.24014/potensia.v5i1.6553.
Ida Munfarida, Nilai – Nilai Tasawuf Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Etika Lingkungan Hidup, Tesis, 2017.
https://www.researchgate.net/publication/38 1086005_Pendidikan_Tasawuf_Falsafi_seba gai_Landasan_Etika_dalam_Pendidikan_Isl am?_share=1
https://id.wikipedia.org/wiki/Teosofi
https://www.academia.edu/92910080/TASA WUF_FALSAFI_DAN_IMPLIKASINYA_ DALAM_PENDIDIKAN_ISLAM_
Marlena, Y., Nurwahidin, M., & Sudjarwo,
S. (2022). PERAN FILSAFAT TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK DALAM PERSEPEKTIF ISLAM. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(7), 2643-2652.
Ummah, E. O. S. S. (2018). Tarekat, kesalehan ritual, spiritual dan sosial: Praktik pengamalan tarekat syadziliyah di Banten. Al-A'raf: Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat, 15(2), 315-334.
DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v7i1.27808
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Journal of Islamic Education
INDEXING BY