Interpretasi Al-Qur’an Di Era Informasi: Dampak Media Sosial Terhadap Pemahaman Ajaran Islam
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pemahaman ajaran Islam, khususnya yang disampaikan melalui Al-Quran, mengalami dinamika yang cukup besar di era informasi yang ditandai dengan pesatnya pertumbuhan media sosial dan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana media sosial mempengaruhi cara orang membaca Al-Qur'an dan bagaimana hal ini mempengaruhi pemahaman mereka terhadap ajaran Islam. Studi ini mengkaji informasi yang dibagikan di situs media sosial dan bagaimana orang bereaksi terhadapnya. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif atau literature review dengan cara membaca, mempelajari, dan menganalisis dari jurnal, buku, artikel, prosiding, dan makalah. Hasil penelitian menyoroti tantangan, seperti risiko disinformasi, dan peluang, seperti globalisasi pemahaman keagamaan. Tapi kemungkinannya Perpecahan pendapat dan kesalahpahaman terus menjadi kekhawatiran yang perlu mendapat perhatian. Kesimpulan penelitian ini menyoroti perlunya umat Islam memiliki literasi media yang kuat untuk memahami informasi dan terlibat dalam wacana produktif tentang cara memahami ajaran Al-Quran. Dengan menggunakan metode ini diyakini ajaran Islam akan lebih dipahami dan relevan dengan dunia modern yang berkembang pesat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
As-Tsauri, M. S., Hafid, H., & Abduh, I. F. (2022). Educational Media Perspectives of the Qur’an and Hadith: Its Development in the Digital Era. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 2(1), 16–36. https://doi.org/10.15575/jipai.v2i1.13226
Athoillah, S., Ashari, M. K., & Alauddin, M. B. (2023). Religious Digital Literacy of Urban Muslim Society in Indonesia: a Systematic Literature Review. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam, 28(2), 141. https://doi.org/10.32332/akademika.v28i2.7088
Basri, H., & Murtadlo, M. (2020). Social Media in Learning of Islamic Religion. https://doi.org/10.4108/eai.8-10-2019.2294524
Dinia, H. R., & Nasrulloh. (2023). Social Media As a Platform of Moderation Preaching the Z Generation Based on Al-Qur’an Perspective. Proceedings of the 3rd International Conference on Social and Islamic Studies, 162–178.
Fakhruroji, M., Rustandi, R., & Busro, B. (2020). Bahasa Agama di Media Sosial: Analisis Framing pada Media Sosial “Islam Populer.” Jurnal Bimas Islam, 13(2), 203–234. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i2.294
Faqihatin, F. (2021). Peran Media Sosial dalam Menunjang Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dan Pembinaan Karakter Mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4254–4262. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.865
Guntoro, H., Rikardo, D., Amirullah, Fahrisani, A., & Suarsana, I. P. (2022). Analisa Hubungan Kebersihan Cargo Bilges dengan Cargo Hold dalam Mendukung Kelancaran Proses Bongkar Muat. E-Journal Marine Inside, 1(2), 1–32. https://doi.org/10.56943/ejmi.v1i2.9
Moefad, A. M., Syaifuddin, S., & Sholichati, I. (2021). Digitizing Religion: Millenial Generation Da’wah Patterns on Social Media. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 15(2), 387–406. https://doi.org/10.15575/idajhs.v15i2.13136
Mubarok, M. F., & Romdhoni, M. F. (2021). Digitalisasi al-Qur’an dan Tafsir Media Sosial di Indonesia. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(1), 110–114. http://doi.org/10.15575/jis.v1i1.11552
Nurdin, R. (2023). TAFSIR AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL (Karakteristik Penafsiran Pada Akun Media Sosial @Quranreview). Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 22(2), 143–156. https://doi.org/10.18592/jiiu.v22i2.11008
Purnomo, I. D., Mangkurat, U. L., Jannah, R., & Mangkurat, U. L. (2024). Dampak Positif Dan Negatif Social Media Pada pendidikan agama islam. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 588–599.
Su’ada, I. Z., & Aini, S. M. Q. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Pemahaman Konsep Pendidikan Agama Islam di Kalangan Generasi Milenial. Sasana …, 2(2), 129–135. https://doi.org/10.56854/sasana.v2i2.318
Sule, M. M. (2020). Muslim scholars and the world of social media: opportunities and challenges. Islamic Communication Journal, 5(2), 223. https://doi.org/10.21580/icj.2020.5.2.6556
Umami, S., & Andayani, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Pemahaman Remaja Tentang Ajaran Agama Islam. Tsaqofah, 3(6), 1373–1379. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i6.2687
Utomo, T. P. (2020). Literasi Informasi Di Era Digital Dalam Perspektif Ajaran Islam. Buletin Perpustakaan, 3(1), 61–82. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15194
Wulandari, A. (n.d.). Johanna Pink : Transf ormasi Digitalisasi Penafsiran Al- Qur ’ an Masa Kini Berbasis Media Sosial Pendahuluan. 19–28.
DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v7i1.29220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 indra wahyuddin
Indexing







