PENERAPAN PANCA KARAKTER SEBAGAI PROGRAM PENGUATAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus di SD Anak Saleh Malang)

Binti Saniatul Munawaroh

Abstract


Abstrak

 

Karakter adalah segala sesuatu yang telah terukir pada diri manusia yang dilahirkan melalui sikap ataupun sifat tanpa adanya suatu perencanaan (kesengajaan) yang dapat dilihat oleh orang lain secara langsung, atau bahkan hubungan dengan Tuhannya ada yang kalanya  karakter positif maupun karakter negatif. Dan yang pasti karakter positiflah yang harus ditanamkan dan dikembangkan pada diri seseorang menyangkut dalam tingkat sebagai anak bangsa atau warga negara, yang dijadikan cermin dari kesejahteraan sebuah bangsa itu sendiri. Sehingga dari sinilah muncul adanya konsep pendidikan karakter.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Penerapan Panca Karakter Sebagai Program Penguatan Karakter Siswa (Studi Kasus di SD Anak Saleh Malang), dengan sub fokus mencakup: (1) pengembangan dan pembentukan panca karakter, (2) implementasi panca karakter, dan (3) dampak panca karakter.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara kreadibility dan konfirmability.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada pengembangan dan pembentukan pelaksanaan panca karakter dimulai pada tahun 2005, faktor dan motivasi sehingga terlaksananya panca karakter, kurikulum yang digunakan sesuai dengan program pemerintah, serta panca karakter merupakan karakter utama dalam pelaksanaan program penguatan karakter; (2) implementasi panca karakter sebagai program penguatan karakter siswa dimulai dari proses perencanaan, proses pelaksanaan, dan proses evaluasi. Penguatan karakter berdasarkan dari 18 karakter yang ada ternyata nilai karakter kesalehan personal, sosial, kebangsaan, kecendekiaan, dan kelamiahan mencapai hasil yang relatif tinggi; dan (3) dampak bagi sekolah dalam penerapan panca karakter sebagai program penguatan karakter siswa terdiri dari hasil, implikasi, faktor pendukung dan harapan kedepan dengan penerapan panca karakter. Sedangkan dampak bagi orang tua siswa bahwa masing-masing orang tua siswa merasa terbantu dengan adanya panca karakter sebagai  program penguatan karakter pada anak-anaknya.

 

Kata Kunci: Panca Karakter, Program Penguatan Karakter

References


Baharuddin. 2010. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif:Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Public Dan Ilmu Social Lainnya. Jakarta: Kencana.

Eveline Siregar dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Goble, Frank G. 1991. Mazhab Ketiga: Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Kanisius.

Kesuma, Dharma. dkk. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Paulo Freire dan Ira Shor. 2001. Menjadi Guru Merdeka (Petikan Pengalaman). Yogyakarta :LKIS.

Sa’ud, Udin Syaefuddin. 2011. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudrajat, Ajad. 2016. Mengapa Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY.

Sugiono.Cara mudah…,hlm. 24

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v7i1.6192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Post Graduate Program,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang
Soekarno Street 1, Malang-East Java, Indonesia 65321
Phone (+62) 341 531133, Facsimile (+62) 341 531133
e-mail: jie@uin-malang.ac.id

P-ISSN 2086-5902
E-ISSN 2548-2998