PENGARUH MODEL SAVI DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP ENERGI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BOGOR KABUPATEN BOGOR

khaidir fadil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pengaruh model SAVI terhadap penguasaan konsep siswa pada materi energi dan keterampilan proses sains. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan teknik purposive sampling. Subyek dalam penbelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Bogor yang berjumlah 149 dan terpilihlah kelas IVD sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan model SAVI dan kelas IVA sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional berupa ceramah dan penugasan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Jenis analsis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji- t dengan bantuan komputer program SPSS versi 23. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model SAVI terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep energi di MIN 2 Bogor Kabupaten Bogor.




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v8i1.6329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal of Islamic Education

INDEXING BY

         

 

Journal of Islamic Education (JiE) Journal
Published by:  Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, ISSN  2548-2998 (online)
Contact Us: Jl. Raya Ir. Soekarno No. 34 Dadaprejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Indonesia